slide
slide
Prev
Next

Author Archive

Executive Series: “Leadership: Execution Matters!”

Written by Hendra Budiarto on . Posted in News

WhatsApp Image 2022-10-06 at 14.16.10 (1)

Kegiatan Executive Series kembali diselenggarakan dan dihadiri 600 partisipan dari kalangan mahasiswa, alumni dan umum. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui platform Zoom dan streaming via Youtube pada Rabu (5/10/22). Executive Series kali ini mengangkat tema “Leadership: Execution Matters.”

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. Eduardus Tandelilin, M.B.A. selaku Direktur Program Studi MM FEB UGM Kampus Jakarta. Prof. Tandelilin mengatakan dengan adanya Executive Series ini menjadikan kesempatan yang bagus bagi para partisipan untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan secara langsung dari pelaku utama bisnis. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pembicara secara virtual oleh Amin Wibowo, Ph.D. selaku Direktur Program Studi MM FEB UGM Kampus Yogyakarta.

Executive Series kali ini dipandu oleh moderator dari FEB UGM yaitu Sari Sitalaksmi, Ph.D. dan Pembicara oleh Ir. Zulkifli Zaini, M.B.A. selaku Komisaris Utama PT Perkebunan
Nusantara III. Pada pemaparan materinya Zulkifli menjelaskan tentang materi Leadership dimana di dalamnya terkandung tentang Strategi dan Konsep Leadership. Sehingga seseorang mampu mengelola networking, time management, meeting management untuk menjadi leader yang efektif dan bisa mencapai efektifitas dalam bekerja.

Dengan diadakannya Executive Series ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan pemahaman tentang leadership sehingga bisa menjadi leader yang baik serta memberikan kontribusi yang efektif untuk organisasi. (Humas: Arum/Foto: IT)

WhatsApp Image 2022-10-06 at 14.16.10 (1)

WhatsApp Image 2022-10-06 at 14.16.09

WhatsApp Image 2022-10-06 at 14.16.10

WhatsApp Image 2022-10-06 at 14.16.10 (3)

WhatsApp Image 2022-10-06 at 14.16.10 (2)

KULIAH TAMU DOSEN LUAR NEGERI: “THE MODERN WORLD OF FINANCE”

Written by Hendra Budiarto on . Posted in News

IMG_4485

Kamis, 8 September 2022 Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) Kampus Jakarta mengadakan kegiatan rutin pada setiap periode semester yaitu Guest Lecture bersama Professor Andrea Lu dari Fakultas Bisnis dan Ekonomi The University of Melbourne. Kegiatan ini diadakan secara luring di Ruang Auditorium lt. 9 UGM Kampus Jakarta yang dihadiri 1.000 mahasiswa. Adapun Guest Lecture tersebut dilaksanakan secara daring, melalui Zoom Meeting, dan Youtube streaming dengan tema “The Modern World of Finance.”

Acara dibuka dengan pengantar dari Maxensius Tri Sambodo, Ph.D sebagai moderator pada Guest Lecture kali ini. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dan sharing session yang diberikan oleh Professor Andrea Lu. Dalam pemaparannya, Prof. Andrea Lu memberikan beberapa contoh dan konsep tentang apa itu Finance dan bagaiman cara kerja Finance yang sebenarnya. Prof. Andrea Lu juga menjelaskan tentang pentingnya belajar Finance untuk menciptakan financial market dan memungkinkan adanya perdagangan pada instrument pasar uang. Prof. Andrea Lu menarangkan bahwa setiap individu memiliki tingkat prefensi tingkat yang berbeda untuk setiap pemilihan financial instruments. Prof. Andrea Lu memberikan contoh tentang Modern World of Finance seperti Bitcoin, Crowdfunding, Blockchain-based Stock Exchanges, dan Pay later Mobile Apps sebagai improvisasi dibidang finance. Prof. Andrea Lu juga memberikan pesan bahwa dalam melakukan trading harus dipenuhi kepercayaan dan keamanan.

Di akhir acara, dibuka sesi tanya jawab bersama Prof. Andrea Lu dan peserta baik secara luring maupun daring. Kemudian kegiatan di tutup dengan berfoto bersama Prof. Andrea Lu dan para peserta yang hadir dalam kegiatan Guest Lecture 2022.

 

IMG_4485

IMG_4447

IMG_4468

IMG_4481

IMG_4461

IMG_4445

Business Fun Games Mahasiswa Baru MM FEB UGM Kampus Jakarta

Written by Hendra Budiarto on . Posted in News

10

Orientasi hari kedua dilakukan di Ruang Auditorium Lantai 9 MM FEB UGM Kampus Jakarta, pada Minggu, 14 Agustus 2022. Orientasi hari kedua ini diisi oleh Business Fun Games (BFG) yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru MM FEB UGM Kampus Jakarta. BFG merupakan kegiatan yang wajib diikuti dengan tujuan untuk membentuk karakter dan jiwa pemimpin yang kreatif serta inovatif.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur MM FEB UGM Kampus Jakarta, Prof. Dr. Eduardus Tandelilin, M.B.A. dengan memberikan beberapa sambutan dan dilanjutkan berfoto bersama. Selama kegiatan BFG ini, mahasiswa didampingi oleh tim yang sudah profesional dibidangnya yaitu Prof. Djamaludin Ancok, M.A., Ph.D., Rr. Tur Nastiti, Ph.D., Drs. Haryanto, M.Si., Indrianingsih, S.Psi. Acara dimulai dengan permainan balon atau disebut dengan Baloon Game. Game ini merupakan permainan dimana mahasiswa dibagi kedalam kelompok dan setiap kelompok mencari satu pasangan. Permainan ini bertujuan untuk mengenali visi, misi dan tata nilai di dalam perusahaan. Serta menggali potensi antar mitra dan membangun strategi yang baik.

Selain permainan balon, mahasiswa juga diajak untuk bermain Birthday line. Permainan ini juga tidak kalah menarik dengan permainan balon. Setelah mengikuti permainan, mahasiswa mendengarkan penyampaian materi oleh Djamaludin Ancok tentang maksud dan tujuan dari permainan tentang makna leadership serta kerjasama tim. Kemudian terakhir mahasiswa diajak bermain games ringan bersama Drs. Haryanto, M.Si. untuk mengakhiri acara Business Fun Games.

10

14

6

12

9

 

[Arum/Fian]

Orientasi Mahasiswa Baru MM FEB UGM Kampus Jakarta Periode Agustus 2022-Januari 2023

Written by Hendra Budiarto on . Posted in News

DB736D92-279E-41D9-8F0B-64EE7B0DD84A

Ruang Auditorium Lantai 9 MM FEB UGM Kampus Jakarta, menjadi tempat digelarnya rangkaian kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru Program MBA FEB UGM periode Agustus 2022– Januari 2023 secara luring. Meskipun diselenggarakan secara luring namun para peserta dan panitia tetap mematuhi protokol kesehatan. Orientasi hari pertama dilakukan pada hari Sabtu, 13 Agustus 2022. Pada periode kali ini orientasi dihadari sebanyak 216 mahasiswa baru yang dimana termasuk tiga mahasiswa asing dari Kazakhstan, Cina dan Australia.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG(K)., Ph.D. secara virtual. Beliau memberikan selamat kepada para mahasiswa baru yang telah terpilih menjadi mahasiswa baru di MM FEB UGM Kampus Jakarta. Beliau juga mengatakan bahwa para mahasiswa harus selalu berpegang teguh dan mengingat lima jati diri UGM sebagai karakter yang harus dimiliki. Setelah dibuka oleh Rektor UGM, selanjutnya sambutan dilanjutkan oleh Dekan dari FEB UGM yaitu Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt. Secara virtual. Beliau juga menyambut dan memberikan selamat kepada mahasiswa baru atas bergabungnya di MM FEB UGM Kampus Jakarta.

Selanjutnya, sesi pertama dari acara Orientasi Mahasiswa Baru oleh Board of Director (BOD) dari MM UGM Kampus Jakarta yaitu Prof. Dr. Eduardus Tandelilin, M.B.A. dan Deputy Direktur bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Bowo Setiyono, M.Com., Ph.D.

Pada sesi ini dijelaskan tentang sistem perkuliahan di MM FEB UGM Kampus Jakarta dimana menerapkan kerangka dasar kurikulum yaitu Being, Knowing, and Doing. Dalam kurikulum ini diharapkan para mahasiswa baru dapat mengenali apa yang menjadi tujuan mereka dan bisa mengaplikasikannya ke dalam pekerjaan mereka. Selain kurikulum, dijelaskan juga tentang etika dalam pembelajaran yang mana harus dipatuhi oleh para mahasiswa.

Sesi kedua diisi oleh Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmestha,MBA. yang diawali dengan perkenalan yang santai dan menyenangkan. Kemudian dilanjutkan dengan materi tentang Learning Strategy, dimana mahasiswa diharapkan bisa mengembangkan diri dan menempatkan diri. Selain memberikan materi tentang Learning Strategy, Beliau juga menjelaskan tentang Values and Philosophy of UGM yang berisi tentang sejarah berdirinya UGM, nilai-nilai ke UGM an, filosofi UGM yang berasal dari ajaran Gadjah Mada, makna lambang UGM, dan terakhir tentang harapan UGM yang ingin menjadi Universitas Kerakyatan. Orientasi hari pertama diakhiri dengan sesi pertanyaan dan doorprize yang diberikan kepada para mahasiswa baru.

DB736D92-279E-41D9-8F0B-64EE7B0DD84A

5665C779-34DB-4D20-9E10-1FE3C16EE4CD

1F26139D-FD21-4112-87DB-1B5D0E809BDE

E1812612-BE9F-4F20-8374-BEB2BD247123

0ACB598B-1A3C-4600-AB6D-8172ADA7A47E

 

[Arum/Fian]

Penutupan Matrikulasi Officer Development Program Bank BNI Batch 21 dan Pembukaan CFP ARM Batch 8 (BEI)

Written by Hendra Budiarto on . Posted in News

WhatsApp Image 2022-01-21 at 13.10.12
Matrikulasi Officer Development Program (MODP) angkatan 21 Bank BNI telah selesai, setelah kurang lebih 30 hari para peserta menempuh pelatihan di MMUGM Kampus Jakarta secara daring. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara MM UGM dengan PT Bank BNI.
Dalam penutupan ini diumumkan peserta terbaik dalam pelatihan Analisis Laporan Keuangan, peserta terbaik pelatihan General Banking, dan kelompok terbaik MODP Bank BNI – MM UGM, serta peserta terbaik MODP Bank BNI – MM UGM yang disampaikan oleh I Wayan Nuka Lantara, Ph.D.
Acara ini diakhiri dengan kesan dan pesan dari peserta terbaik MODP 21 yaitu Syahnya Alifia Nurhabibah, yang dilanjutkan oleh penayangan video snapshoot, doa bersama, kemudian foto.
Harapannya semoga para peserta dapat meningkatkan ilmu yang telah di dapat, baik untuk diri sendiri maupun untuk kemajuan perkembangan Bank BNI.

Menyusul kegiatan MODP Bank BNI, Bursa Efek Indonesia turut menunjukkan geliat ekonomi industry keuangan menyambut new normal Indonesia. Sebanyak 15 pegawai BEI mendapat kesempatan untuk menempuh program sertifikasi Financial Planner CFP MMUGM yang dimulai pada tanggal 8 Januari sampai dengan 13 Maret 2022. Secara resmi CFP BEI ini dibuka pada tanggal 8 Januari 2022 yang disambut oleh Prof Eduardus Tandelilin PhD dan Ibu Ni Wayan Yadnya Wati selaku Kepala Divisi SDM BEI. Harapannya, peserta dapat memberikan arahan strategi investasi, rencana investasi, pajak, dan waris yang membantu peserta untuk mencapai tujuan keuangan serta dalam rangka upskill kompetensi diri.

WhatsApp Image 2022-01-21 at 13.11.28

WhatsApp Image 2022-01-21 at 13.11.29

WhatsApp Image 2022-01-21 at 13.11.29 (1)

WhatsApp Image 2022-01-21 at 13.10.12

WhatsApp Image 2022-01-21 at 13.10.11

 

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962 | 0811-283-7919
Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388


JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan
Hotline: 0813-1686-0011
Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 |