slide
slide
Prev
Next

QS Global MBA Ranking 2023: MM FEB UGM Buktikan Eksistensinya

Written by Radiani Kusuma on . Posted in News

KC302136

Untuk ketiga kalinya, Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM UGM) menorehkan prestasinya untuk masuk dalam jajaran QS Global MBA Ranking 2023. Ini merupakan tahun ketiga bagi MM UGM menjadi salah satu sekolah bisnis yang masuk perankingan yang diselenggarakan oleh lembaga perankingan dunia Quacquarelli Symonds (QS). Kompetisi semakin ketat dengan naiknya jumlah program MBA yang teranking, yakni dari 286 program pada tahun 2021 menjadi 300 program pada tahun 2022. Terdapat lima aspek penilaian yang menjadi metode dalam QS Global MBA Ranking: (1) Employability, (2) Return on Investment, (3) Entrepreneurship & Alumni Outcomes, (4) Thought Leadership, (5) Class & Faculty Diversity.

Hasil QS Global MBA Ranking 2023 menunjukkan bahwa MM UGM mampu memperbaiki posisinya menjadi peringkat 72 dunia dalam aspek Entrepreneurship & Alumni Outcomes dibandingkan dengan peringkat 74 pada tahun sebelumnya. Sementara itu, MM UGM menduduki peringkat 151-200 untuk aspek Class & Faculty Diversity dan Thought Leadership. Secara agregat, MM UGM berada pada peringkat 40 di Asia dan 201-250 di dunia.

MM UGM secara konsisten melakukan inovasi dan memperluas engagement dengan para pemangku kepentingan di dalam dan luar negeri baik alumni dan mitra industri. Dengan lebih dari 39 universitas mitra luar negeri, MM UGM yang memiliki misi untuk mengembangkan pemimpin bisnis strategis yang berintegritas, terus memperluas dan memperdalam kolaborasi internasionalnya. Salah satunya, MM UGM menjadi pionir dalam mengembangkan program ASEAN Master in Sustainability Management yang kini telah memasuki batch ke-2 dengan 18 mahasiswa dari berbagai negara di ASEAN dan 11 mahasiswa Eropa. Program ini didanai sepenuhnya pemerintah Norwegia dan bekerja sama dengan ASEAN University Network (AUN) dan University of Agder, Norwegia.

Engagement dengan lebih dari 14.000 alumni yang tergabung dalam Kafegama MM juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari pendidikan di MM UGM melalui kerja sama di program immersionguest lecture dan sertifikasi. “Perankingan dunia bukanlah tujuan utama namun merupakan cermin dan pemacu bagi kami untuk bekerja lebih keras dan berkolaborasi,” ungkap Prof. Eduardus Tandelilin, Direktur MM UGM Kampus Jakarta didampingi Amin Wibowo, Ph.D, Direktur MM UGM Kampus Yogyakarta. (Tim Humas MM UGM)

qs 72 bright-01

qs 72

Executive Series Mirae Asset Sekuritas: Leadership in Competitive Financial Industry

Written by Radiani Kusuma on . Posted in News

IMG_2468

Pelaksanaan kegiatan Executive Series yang sebelumnya dilakukan online, saat ini telah dilaksanakan secara bauran di Auditorium Sukadji Ranuwihardjo, MM FEB UGM Kampus Yogyakarta pada Jumat pagi (23/09/22). Executive Series kali ini berkolaborasi dengan salah satu perusahaan keuangan global asal Korea yaitu Mirae Asset Sekuritas. Presiden Direktur Shim Tae Yong dan juga Head of Fund Service hadir secara langsung sebagai pembicara pada Executive Series ini.

Ketua Program Studi MM FEB UGM Kampus Yogyakarta, Amin Wibowo, Ph.D., memberikan sambutannya. “Ini adalah pertama kalinya kita menggunakan kembali auditorium ini untuk menyelenggarakan Executive Series setelah 2,5 tahun tidak digunakan. Melalui Executive Series, program MBA UGM mendorong untuk belajar dari pengalaman, profesi, dan juga keterampilan manajemen mahasiswa dan ini adalah program wajib bagi semua mahasiswa MBA. Pendekatannya tidak hanya tentang keterampilan konseptual, tetapi juga menggunakan banyak kasus untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana menerapkan keterampilan konseptual tersebut. Belajar dari buku tentunya berbeda dengan belajar langsung, sehingga ini adalah kesempatan yang baik bagi kalian sebagai mahasiswa program MBA UGM”.

Untuk moderator pada diskusi Executive Series kali ini yaitu Sekretaris Program Studi MM FEB UGM Yogyakarta, Rocky Adiguna, Ph.D. Pembicara pertama yakni Francisca Gerungan sebagai Head of Fund Service memulai dengan pemaparan materi. Lebih lanjut Francisca menjelaskan mengenai pengertian reksadana, visi misi Mirae Asset, dan produk Mirae Asset.

Pembicara selanjutnya yaitu Shim Tae Yong yang menjabat sebagai Presiden Direktur Mirae Asset Sekuritas sejak tahun 2020. “Kami, mudah-mudahan, memicu ide-ide baru tentang bagaimana Anda melakukan bisnis dan menghasilkan ide-ide Anda, terutama tentang kolaborasi lintas merek antara 2 hal atau produk”. Shim menjelaskan bagaimana brand-brand terkenal berkolaborasi satu sama lain yang membuat produk mereka berbeda dan unik. Produk yang berkolaborasi pun ada yang tidak berkaitan untuk menaikan nilai dan eksklusifitas. Manfaat pada kolaborasi lintas merk membawa dampak yang baru termasuk pada audiens yang lebih luas, loyalitas pada brand tersebut, eksklusifitas, dan lain-lain.

Dengan diadakannya Executive Series ini, mahasiswa diharapkan dapat menambah wawasan dan pemahaman dalam dunia bisnis yang semakin beragam. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri berfoto bersama dengan semua audiens yang hadir. (Humas: Radiani/Foto: Wira).

IMG_2454

IMG_2468

IMG_2493

IMG_2527

1

Executive Series X Bank Indonesia Mengajar 2022: Memantapkan Sinergi dan Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi

Written by Radiani Kusuma on . Posted in News

3

Executive Series selalu menjadi salah satu program unggulan yang menambah wawasan mahasiswa MM FEB UGM tentang dunia bisnis dan pemahaman akan penerapan pengetahuan bidang manajemen ke dalam praktik bisnis diperlukan forum yang melibatkan nara sumber langsung dari kalangan praktisi bisnis.

Bank Indonesia bersama dengan Laboratorium Ilmu Ekonomi FEB UGM dan Executive Series MM FEB UGM Yogyakarta, kali ini hadir membawa Bank Indonesia Mengajar 2022 x SinarKU yang mengangkat topik “Memantapkan Sinergi dan Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi”. Gubernur Bank Indonesia, Dr. Perry Warjiyo sebagai salah satu alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM menjadi pembicara pada kegiatan Jumat siang ini (26/08/2022).

Rektor Universitas Gadjah Mada periode 2022-2027, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., memberikan sambutan sebelum kuliah umum dimulai. “Universitas Gadjah Mada menyambut baik penyelenggaraan program ini sebagai upaya untuk menambah wawasan mahasiswa terkait peran bank sentral dalam perekonomian, update kondisi perekonomian dan juga respon kebijakan Bank Indonesia,” ucapnya. Ova juga menambahkan seiring dengan pesatnya perkembangan ekosistem global, diharapkan bisa menjadi pribadi yang adaptif, kolaboratif, dan inovatif untuk menyongsong setiap perubahan yang telah ada.

Bank Indonesia Mengajar 2022 menjadi salah satu langkah nyata untuk mewujudkan dedikasinya pada pendidikan. Sebelum penyampaian materi, Perry Warjiyo melakukan prosesi penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) secara simbolis kepada Universitas Gadjah Mada yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Prof. Didi Achjari, Ph.D. Bantuan tersebut berupa fasilitas penunjang bantuan pendidikan.

Pemaparan materi kemudian dikawal oleh moderator Muhammad Fawdy Renardi Wahyu, S.E., M.Sc., Dosen FEB/Peneliti Macroeconomics Dashboard, dari Departemen Ilmu Ekonomi FEB UGM. Sesuai dengan tema yang diusung, Perry menjelaskan Peran Bank Indonesia dalam Perekonomian, Kerangka Bauran Kebijakan Nasional & BI, Inovasi Bank Sentral Digital Terdepan, Tantangan Ekonomi Terkini, dan Respons Sinergi Bauran Kebijakan. “Bank Indonesia adalah bank sentral yang didirikan oleh undang-undang dasar sebagai salah satu pilar negara menjaga stabilitas, mendorong pertumbuhan ekonomi, bersinergi dengan pemerintah dan otoritas terkait”, tambahnya.

Executive Series berlangsung dengan meriah, dihadiri kurang lebih 1000 peserta yang bergabung melalui kanal Zoom, dan ditutup dengan sesi tanya jawab. (Humas: Radiani/Foto: Tangkapan Layar Zoom).

1

Capture 7

3

Sports Competition: Virtufest 5.0 MBA SA UGM

Written by Radiani Kusuma on . Posted in News

IMG_1198

Sports Competition Virtufest 5.0 merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh MBA SA 13.0 bersama dengan Badminton Club dan Basketball Club MM FEB UGM yang bertujuan meningkatkan kerja sama dan sinergi untuk mempererat hubungan baik dengan seluruh civitas akademik MM FEB UGM. Acara ini juga bertujuan menyalurkan jiwa kompetitif, sportivitas, menambah imunitas kesehatan, mempererat persaudaraan, dan minat/bakat mahasiswa dan civitas akademik MM FEB UGM terhadap 2 cabang olahraga tersebut.

Diawali dengan pertandingan cabang olahraga bulu tangkis yang dilaksanakan pada Sabtu, 3 September 2022 pukul 09.00 WIB, dibuka secara resmi oleh Amin Wibowo, Ph.D. selaku Ketua Program Studi MM FEB UGM Kampus Yogyakarta. Pertandingan bulu tangkis yang diselenggarakan di Leadership Hall MM FEB UGM ini diikuti oleh 47 pemain dari 5 kategori perlombaan. Hasil pertandingan berdasarkan kategori adalah sebagai berikut: (1) Kategori tunggal putri, juara 1 dimenangkan oleh Kurnia Indah, juara 2 dimenangkan oleh Zepti Ariana, dan juara 3 oleh Rossiani Wulandari; (2) Kategori tunggal putra, juara 1 dimenangkan oleh Dwi Kisworo, juara 2 oleh Ida Bagus Gede HSM, dan juara 3 oleh Muh. Jodi Aprianda F; (3) Kategori ganda putri, juara 1 dimenangkan oleh pasangan Zepti Ariana dan Rossiani Wulandari, juara 2 dimenangkan oleh pasangan Dewantika Furita dan Fatya Hafizha, juara 3 dimenangkan oleh pasangan Farah Auliya Zulfa dan Rizky Farah; (4) Kategori ganda putra, juara 1 dimenangkan oleh Ida Bagus Gede HSM dan IGN Komang, juara 2 dimenangkan oleh pasangan Suyanto dan Bashori, dan juara 3 dimenangkan oleh pasangan Ahmad Faisal dan Rafli Ichwan; dan (5) Kategori ganda campuran, juara 1 dimenangkan oleh pasangan Dwi Kisworo dan Jihan, juara 2 dimenangkan oleh pasangan Miftahudin Nur Ihsan dan Yuliana, juara 3 dimenangkan oleh pasangan Mufti Ramdani dan Veronica Swasti.

Untuk cabang olahraga bola basket dilaksanakan pada Minggu, 4 September 2022 pukul 09.00 WIB di lapangan D’Four. Pertandingan bola basket diikuti oleh 33 pemain dengan 7 tim. Hasil pertandingan adalah sebagai berikut; Juara 1 dimenangkan oleh Tim 77+78, Juara 2 dimenangkan oleh Tim 80B dan juara 3 dimenangkan oleh Tim 80A. Acara diakhiri dengan penyerahan penghargaan hadiah pertandingan.

Acara Sports Competition Virtufest 5.0 berlangsung sangat meriah dan ramai. Sangat terlihat kekompakkan tim yang terdiri dari berbagai angkatan/kelas, yang semakin menambah eratnya hubungan kekeluargaan seluruh civitas akademika MM FEB UGM. (Humas & Foto: Panitia Virtufest 5.0 & Tim Humas MM FEB UGM).

IMG_2051

 

IMG_2063

IMG_2083

IMG_1185

IMG_1216

IMG_1198

KULIAH TAMU DOSEN LUAR NEGERI: “THE MODERN WORLD OF FINANCE”

Written by Hendra Budiarto on . Posted in News

IMG_4485

Kamis, 8 September 2022 Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) Kampus Jakarta mengadakan kegiatan rutin pada setiap periode semester yaitu Guest Lecture bersama Professor Andrea Lu dari Fakultas Bisnis dan Ekonomi The University of Melbourne. Kegiatan ini diadakan secara luring di Ruang Auditorium lt. 9 UGM Kampus Jakarta yang dihadiri 1.000 mahasiswa. Adapun Guest Lecture tersebut dilaksanakan secara daring, melalui Zoom Meeting, dan Youtube streaming dengan tema “The Modern World of Finance.”

Acara dibuka dengan pengantar dari Maxensius Tri Sambodo, Ph.D sebagai moderator pada Guest Lecture kali ini. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dan sharing session yang diberikan oleh Professor Andrea Lu. Dalam pemaparannya, Prof. Andrea Lu memberikan beberapa contoh dan konsep tentang apa itu Finance dan bagaiman cara kerja Finance yang sebenarnya. Prof. Andrea Lu juga menjelaskan tentang pentingnya belajar Finance untuk menciptakan financial market dan memungkinkan adanya perdagangan pada instrument pasar uang. Prof. Andrea Lu menarangkan bahwa setiap individu memiliki tingkat prefensi tingkat yang berbeda untuk setiap pemilihan financial instruments. Prof. Andrea Lu memberikan contoh tentang Modern World of Finance seperti Bitcoin, Crowdfunding, Blockchain-based Stock Exchanges, dan Pay later Mobile Apps sebagai improvisasi dibidang finance. Prof. Andrea Lu juga memberikan pesan bahwa dalam melakukan trading harus dipenuhi kepercayaan dan keamanan.

Di akhir acara, dibuka sesi tanya jawab bersama Prof. Andrea Lu dan peserta baik secara luring maupun daring. Kemudian kegiatan di tutup dengan berfoto bersama Prof. Andrea Lu dan para peserta yang hadir dalam kegiatan Guest Lecture 2022.

 

IMG_4485

IMG_4447

IMG_4468

IMG_4481

IMG_4461

IMG_4445

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962 | 0811-283-7919
Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388


JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan
Hotline: 0813-1686-0011
Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 |