Selamat Menyandang Gelar Sebagai Mahasiswa MM FEB UGM

Written by Irvan Hanavi on . Posted in News

ugm

Hari yang sangat membahagiakan bagi 157 mahasiswa pra MBA angkatan 75 yang pada Kamis, 6 Februari 2020 telah sah menyandang status mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) Yogyakarta. Mereka telah berhasil menyelesaikan satu semester matrikulasi sebagai salah satu rangkaian seleksi penerimaan mahasiswa baru di MM FEB UGM dan dinyatakan lulus dan kini mereka memasuki babak baru dalam perkuliahannya, yaitu semester satu.

Para mahasiswa yang dinyatakan lulus ini mengikuti acara Yudisium Pra MBA di Auditorium Sukadji Ranuwiharjo. Acara tersebut dihadiri langsung oleh dua pengelola MM FEB UGM Kampus Yogyakarta yakni, T. Hani Handoko, Ph.D selaku Ketua Program Studi dan Bayu Sutikno, Ph.D selaku Wakil Ketua Program Studi Bidang Akademik.

“Pertama, atas nama Program, kami mengucapkan Selamat, anda telah sukses melalui babak Pra MBA (matrikulasi) dan sekarang menjadi mahasiswa MBA/IMBA maupun EMBA yang seutuhnya di Program Studi MM FEB UGM”. “Saya ingin berpesan, bagi yang belum memperoleh IPK tinggi, tetaplah berusaha, karena kuncinya hanya satu yaitu kerja keras”. “Di MBA nantinya anda perlu belajar lebih keras lagi, tapi tetap harus fun (menyenangkan), sehingga anda harus menemukan sendiri rasa kenikmatan dan kesenangan dalam belajar, banyak diskusi dengan teman-teman, banyak melatih diri karena harus self-driver”. “Jadi program hanya memfasilitasi proses pembelajaran anda, berhasil atau tidak itu nanti terserah anda”. “Selamat sekali lagi”, ucap Hani menutup sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Bayu Sutikno, Ph.D. yang menyebutkan nama-nama mahasiswa MBA angkatan 75 yang memperoleh IPK Cumlaude dalam program Pra MBA. Ada sebanyak 26 mahasiswa Pra MBA berpredikat cumlaude menerima sertifikat. Tercatat juga 4 mahasiswa baru yang bebas Pra MBA dan langsung masuk ke semester 1 yakni, Ayu Diana Ansori, Deandra Novitasari, Dhany Putri Ekasari dan Moch. Ramadhika Azka Wijaya. (Humas MM FEB UGM/Naila; Foto/Irvan)

 IMG_3191

IMG_3280

MM FEB UGM Program: A Memorable Experience for Incoming Students

Written by Irvan Hanavi on . Posted in News

IMG_3181

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) kembali menyambut para mahasiswa asingnya (incoming students) dengan melakukan kegiatan orientasi untuk mempermudah adaptasi sebelum memulai perkuliahan pada Kamis, 6 Februari 2020 bertajuk Welcoming International Student di Meeting Room Kampus MM FEB UGM Yogyakarta.

Acara dibuka langsung oleh T. Hani Handoko, Ph.D dan Bayu Sutikno, Ph.D selaku pengelola MM FEB UGM Kampus Yogyakarta, dimana turut hadir pula dalam orientasi tersebut, staf office of international affairs Universitas Gadjah Mada serta koordinator internal dari bagian Akademik dan Admisi yang terkait langsung dengan keperluan teknis dan administratif selama masa studi di UGM.

Dalam sambutannya Hani mengatakan, “I think this is good for your personal development also, because you will face many challenges not only in the class but also challenges outside the class. We will start your orientation with the program called AcademixCulture where you will learn a little bit about our culture. “Once more, welcome, enjoy exploring Indonesia, exploring Yogyakarta as the city of culture and also exploring our program. Hopefully it will be a memorable experience for you all,” pungkasnya.

Melanjutkan welcoming speech dari Hani, Bayu turut menjelaskan beberapa aturan yang harus dipatuhi selama mereka berkuliah disini. Bayu juga memperlihatkan beberapa fasilitas terbaik yang akan mereka dapatkan dengan banyaknya agenda menarik yang bias mereka ikuti selama berada di Kampus MM FEB UGM. Bahkan Bayu juga memberikan beberapa masukan destinasi wisata di Indonesia yang wajib mereka kunjungi selama mereka berada di Indonesia.

Incoming students periode ini adalah sebanyak 8 peserta wanita, dan mereka berasal dari Toulouse Business School, Hochschule Pforzheim, Hochschule Osnabruck University of Applied Sciences dan Burgundy School of Business. (Humas MM Feb UGM/Naila;Foto/Benny)

IMG_3162

IMG_3181

4 Fondasi, Bekal Menjadi Pemimpin Di Atas Rata-Rata

Written by Irvan Hanavi on . Posted in News

IMG_3117

Pada Selasa malam, 21 Januari 2020 sebanyak 167 calon wisudawan datang ke kampus Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) untuk menghadiri Malam Pelepasan Calon Wisudawan periode Januari 2020 bersama keluarganya. Selain undangan khusus bagi calon wisudawan, Dekan, Kepala Departemen Manajamen FEB UGM, para pengelola MM FEB UGM Kampus Yogyakarta maupun Kampus Jakarta, dosen FEB UGM, serta wakil dari alumni yang tergabung dalam Kafegama MM UGM turut hadir.

Ucapan Selamat Datang serta profil wisudawan periode ini disampaikan oleh T. Hani Handoko, M.B.A., Ph.D. selaku Ketua Program Studi MM FEB UGM dan sambutan juga disampaikan oleh Wakil Alumni MM FEB UGM (Kafegama) yakni R. Mahelan Prabantarikso selaku Direktur Legal, Risk and Compliance Bank BTN periode Maret 2017 – November 2018.

Mahelan berkata, “Dengan 4 fondasi yaitu vision, passion, action dan collaboration yang tepat, maka anda akan berpeluang masuk dalam kelompok yang hidup jauh diatas rata-rata dan menjadi pemimpin di berbagai profesi di negeri ini”. Lanjut Mahelan, “Kalau anda suatu ketika menjadi pemimpin, jadilah pemimpin yang benar-benar memimpin. Keberadaannya bisa dirasakan tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk keluarganya, saudaranya, masyarakat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Tak berbeda dengan malam pelepasan periode sebelumnya, wakil dari wisudawan yang memperoleh predikat lulusan terbaik dan cumlaude juga diperkenankan untuk memberikan sambutannya mewakili teman-teman wisudawan. Dengan memperoleh IPK 3.98, Luluk Triyatmoko menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kedua orang tua, para dosen pengajar, para pengelola dan para tendik MM FEB UGM. “Karena tanpa jasa dan bantuan mereka, saya tidak dapat berdiri di atas mimbar pada malam pelepasan dan mewakili teman-teman seangkatan untuk memberikan sambutan karena menjadi lulusan terbaik periode ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu dan sekaligus menutup acara Malam Pelepasan Wisudawan Periode Januari 2020, segenap jajaran Direksi dan seluruh civitas akademika Program Studi MM FEB UGM berjabat tangan, berfoto bersama dan mengucapkan Selamat atas kelulusan ini dan semoga semakin sukses di masa depan. (Humas MM FEB UGM/Naila; Foto/Irvan)

IMG_3082

IMG_3113

Executive Series: Leadership Innovation and Business Transformation “Sinergi yang kuat, salah satu kunci kinerja korporasi”

Written by Irvan Hanavi on . Posted in News

IMG_2224

Dalam rangka mengoptimalisasi pengetahuan bisnis para mahasiswa MM FEB UGM Kampus Yogyakarta, Master in Management Student Association Universitas Gadjah Mada (MMSA UGM) sebagai induk organisasi kemahasiswaan kembali berinisiasi untuk mendatangkan narasumber sukses pada acara yang rutin digelar di setiap periode perkuliahan yakni Executive Series. Kurang dari 1 minggu dari acara executive series sebelumnya yang mendatangkan Walikota Semarang, tepatnya pada 26 November 2019 lalu MMSA UGM berhasil mendatangkan kembali narasumber lain yang inspiratif yakni Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto.

Acara yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia FEB UGM Kusdhianto, Ph.D. ini dihadiri oleh lebih dari 300 mahasiswa MM FEB UGM Kampus Yogyakarta. Kusdhianto mengatakan bahwa paparan dari tamu istimewa ini akan memberikan wawasan yang mendalam dan berkesan bagi mahasiswa sebagai contoh nyata kepemimpinan di dalam organisasi yang penting, dimana kinerja SKK Migas ini merupakan salah satu indikator utama negeri ini yang sangat baik. “Kita tahu bahwa industri migas ini adalah organisasi besar, sangat komplek dan banyak variabel yang tidak bisa dikendalikan, sehingga agenda siang ini menjadi pelajaran yang sangat relevan dan actual bagi mahasiswa, dimana kita tidak hanya berhadapan dengan resiko, tetapi juga uncertainty dengan probability yang tentunya sangat sulit,” kata Kusdhianto. Kusdhianto kembali menegaskan bahwa Prodi MM sebagai bagian dari FEB UGM, yang merupakan sekolah bisnis pertama di Indonesia terakreditasi AACSB menjadi sangat beruntung mendapatkan pelajaran langsung dari narasumber ini yang pastinya akan bermanfaat bagi masing-masing pribadi dan perjalanan karir dari para mahasiswa, lanjutnya seraya menutup sambutannya pada siang itu.

Bayu selaku salah satu pengelola Prodi MM FEB UGM sekaligus Moderator pada acara ini mengatakan bahwa Dwi Soetjipto ini terpilih sebagai sosok inspiratif dan sangat cocok diundang untuk dapat memberikan paparan topik hari ini yakni Leadership Innovation & Business Transformation. “Dari profil beliau yang cukup panjang ini nantinya akan kita minta tips dan triknya bagaimana menyatukan berbagai kultur perusahaan yang sangat kuat terutama pada industri Semen Indonesia sehingga menjadi salah satu world class company dan juga kiprahnya memimpin SKK Migas, sehingga mahasiswa ikut belajar banyak pada kesempatan ini,” kata Bayu.

Pada acara inti, Dwi Soetjipto selaku narasumber memaparkan berbagai latar belakang meniti karir dan pengalaman dimana pada saat itu euphoria kedaerahan sangat tinggi dan posisi kedekatan perusahaan ke politik, sehingga setelah ditunjuk jadi Direktur Utama, banyak sekali hambatan yang dialami. “Yang saya lakukan adalah melakukan approach yang humanis”. “Dikarenakan situasi persaingan internal begitu keras, maka strategi yang saya lakukan saat itu adalah menjalankan visi yang kuat dan bersinergi,” paparnya. “Langkah saya selanjutnya menentukan prioritas dengan melakukan mapping, me-lead situasi, menciptakan added value, efisiensi dan produktivitas, dikarenakan pada saat itu readiness to change belum ada, sehingga langkah yang saya lakukan ini diharapkan menghasilkan kinerja korporasi yang lebih baik”. “Digitalization juga saya gunakan untuk memantau kondisi kinerja perusahaan di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dengan narasumber. Begitu banyaknya pertanyaan membuktikan antusiasme yang sangat besar dari mahasiswa dan hal ini memberikan harapan besar kedepannya bahwa acara ini menjadi salah satu tonggak lanjutan bagi para mahasiswa MM FEB UGM untuk terus menggali potensi dirinya dan nantinya mempraktekkan keilmuannya dari contoh terbaik pemimpin-pemimpin organisasi. (Humas MM FEB UGM/Naila; Foto/Irvan)

IMG_2109

IMG_2124

IMG_2151

Digital Leadership: Leading in Digital Era

Written by Irvan Hanavi on . Posted in News

3

Career Network Center Club MM FEB UGM bekerjasama dengan MMSA MM FEB UGM kembali menyelenggarakan acara Executive Series dengan bertema “Digital Leadership: Leading in Digital Era”.

Acara langsung dibuka dengan sambutan Dekan FEB UGM, Eko Suwardi, Ph.D. dihadiri ratusan mahasiswa. Eko mengucapkan selamat datang dan menjelaskan tentang acara Executive Series yang secara rutin diselenggarakan dengan mengundang para pemimpin yang sukses dan menginspirasi, salah satunya adalah Walikota Semarang, H. Hendrar Prihadi, S.E., M.M. “Sebagai leader di Semarang pada era digital ini, saya berharap mahasiswa sebagai para calon pemimpin masa depan yang hadir ini untuk memanfaatkan momen yang sangat prestigious ini dengan mengambil ilmu yang akan dibagikan narasumber untuk menjadi referensi untuk bekal masa datang” kata Eko.

Bayu Sutikno, Ph.D. selaku Pengelola MM FEB UGM Kampus Yogyakarta sekaligus moderator kemudian memperkenalkan pembicara Executive Series yang dilaksanakan pada tanggal 22 November 2019, yang merupakan salah satu inspirator yang cukup hits karena banyak membagi informasi hasil kinerjanya di beberapa media sosial dan elektronik.

Di awal pemaparannya, pria yang akrab dipanggil Hendi itu mengatakan kepada mahasiswa yang hadir, “Kalian termasuk orang yang beruntung karena bisa sekolah di UGM, sekolah idaman banyak orang, termasuk saya yang tidak pernah lulus ujian masuk UGM, tetapi saya beruntung serta bangga diberi kesempatan untuk berbicara di depan kalian para mahasiswa MM UGM”.

Hendi melanjutkan bahwa banyak hal yang telah dan terus dilakukan oleh pemerintah kota Semarang, diantaranya adalah membangun dan memperbaiki infrastruktur kota, sarana dan prasarananya secara terintegrasi. “Pemerintah berkomitmen meringankan biaya hidup untuk kategori masyarakat tidak mampu. “Program-program juga telah dimulai semenjak dari fasilitas kelahiran sampai dengan kematian dengan program pemakaman tidak berbayar, program ambulan hebat dan ambulan cepat, gratiskan biaya pengobatan, sampai dengan pembuatan big data untuk menginventarisir jumlah rakyat miskin dan identifikasi kemiskinan”. “Dan saya selalu menyampaikan hal-hal yang terkait dengan integritas dan kerja keras serta hasil yang tercapai adalah yang utama, dan itu yang selalu saya ulangi, yang akhirnya mereka lama-lama bisa menyesuaikan diri,” kata Hendi.

Hal yang menarik yang juga disampaikan oleh Hendi adalah membuka saluran #laporHendi bagi warga untuk menyampaikan keluhan langsung ke Walikota, dan membangun kebanggaan sebagai warga kota dengan tagline #Bergerak Bersama memperbaiki insfrastruktur dan sarana serta arena interaksi warga secara tematik. Hendi juga membangun infrastruktur yang hanya bermodal semangat yang tinggi di era digital ini, yakni menciptakan smart city untuk memfasilitasi seluruh masyarakat dengan baik.

Berbagai pertanyaan yang banyak dan menarik dari mahasiswa, seperti bagaimana visi Semarang dalam menyediakan ruang interaksi publik dan transportasi publik, bagaimana cara membangun smart city untuk masyarakat tradisional dan penduduk mayoritas petani, hingga pertanyaan mengenai bagaimana cara dan atau strategi Hendrar Prihadi memenangkan pilkada walikota Semarang menjadikan pemaparan Executive Series ini membawa antusiasme dan pembelajaran yang sangat positif bagi mahasiswa MM FEB UGM.

1

4

6

2

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962

JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1686-0011