MMSR: Program Santunan dan Buka Bersama Anak Yatim

Written by Irvan Hanavi on . Posted in News

DSC09411

Master in Management Social Responsibility (MMSR) adalah salah satu program kerja yang mengangkat kepedulian mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) kepada sesama. Program MMSR yang baru pertama kali ini diadakan pada tanggal 26 Mei 2019 ini diinisiasi oleh MMSA dan klub kemahasiswaan MM FEB UGM yakni Forum Keluarga Islam (Forkis) dan didukung pula oleh Program Studi MM FEB UGM, dimana acaranya dikemas dalam bentuk Santunan dan Buka Bersama Anak Yatim di Panti Asuhan Madania, Banguntapan, Bantul.

Dalam persiapannya, kegiatan MMSR ini didahului dengan pengumpulan donasi selama kurang lebih 2 minggu, dengan total donasi yang berhasil dikumpulkan adalah sebesar Rp26.093.000,-. Seluruh dana yang berhasil dihimpun tersebut telah disumbangkan ke beberapa panti asuhan, yakni Panti Asuhan Madania, Panti Asuhan Al-Falah, Panti Asuhan Bintan, dan Panti Asuhan Al-Wahab Sinar Melati dengan besaran masing-masing Rp 5.000.000,-.

Pada acara inti penyaluran donasi di Panti Asuhan Madania, turut hadir 140 orang mahasiswa MM FEB UGM, diawali dengan games bersama yang mengikutsertakan putra putri Panti Asuhan Madania, dilanjutkan dengan tausiyah yang diisi oleh Ustadz Taufiq Hidayat (alumni MM FEB UGM Angkatan 69), buka bersama, shalat maghrib berjamaah dan diakhiri dengan pemberian santunan.

DSC09394

DSC09402

 

Executive Series dari President Director PT. Sarinah (Persero)

Written by Irvan Hanavi on . Posted in News

IMG_7140

Mengambil tema Leadership Innovation: Managing Reborn And Rejuvenation Strategies, Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) kembali menyelenggarakan acara Executive Series pada tanggal 24 Mei 2019. Acara yang diinisiasi oleh Human Resource Club dan didukung oleh Master in Management Student Association (MMSA) selaku induk dari klub kemahasiswaan MM FEB UGM kali ini mengundang President Director PT. Sarinah (Persero), Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa yang juga alumni MM FEB UGM, salah satu alumni hebat yang dengan bangga ingin membagikan ilmunya kepada mahasiswa aktif saat ini.

Acara dibuka dengan sambutan Dr. Eko Suwardi, M.Sc. selaku Dekan FEB UGM yang memberikan sambutannya berkata; “Kita semua mendapat satu kesempatan yang luar biasa, kita semua akan belajar bersama berkaitan dengan pengalaman Bapak Ngurah sebagai President Director PT. Sarinah (Persero) yang mempunyai pengalaman serba lengkap” ujarnya dihadapan mahasiswa yang hadir.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari T. Hani Handoko, M.B.A., Ph.D. selaku Ketua Program Studi MM FEB UGM. Dalam sesi ini, Hani menyampaikan selamat datang kembali ke kampus tercinta kepada Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa sebagai alumni MM FEB UGM angkatan 6, serta menyampaikan tujuan Engagement, Innovation and Impact yang setali tiga uang langsung tercapai dengan adanya acara-acara yang mendatangkan alumni-alumni terhebatnya seperti ini di MM FEB UGM.

Sedangkan pada acara inti, Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa memberikan paparannya mengenai makna dan tindakan seorang leader yang telah dilakukan ketika menjabat sebagai President Director PT. Sarinah (Persero) maupun ketika menjadi pimpinan di PT. Pos Indonesia. Tantangan dan hambatan apa saja yang terjadi di PT. Sarinah (Persero) menjadi topik yang menarik dan dikupas hangat kepada mahasiswa.

Di penghujung acara di Auditorium Sukadji Ranuwihardjo ini, acara diisi dengan sesi tanya jawab dan Ngurah juga mengajak mahasiswa berinteraksi secara aktif dengan berbagai kuis berhadiah produk menarik dari PT. Sarinah (Persero) dan ditutup dengan sesi foto bersama.

IMG_7152

IMG_7162

Sekolah Pasar Modal Mei 2019

Written by Irvan Hanavi on . Posted in News

WhatsApp Image 2019-05-17 at 10.44.18 PM (1)-01-01

Finance Club MM FEB UGM kembali menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal pada tanggal 17 Mei 2019 sebagai kegiatan lanjutan dari yang sebelumnya telah dilaksanakan di bulan Maret 2019 lalu. Mengusung tema “Dare to Invest: Millennials Generation”, kegiatan ini mengajak rekan-rekan mahasiswa belajar lebih mendalam tentang kegiatan berinvestasi khususnya di pasar modal Indonesia. Sekolah pasar modal ini memberikan penjelasan dan kondisi pasar secara umum, langkah-langkah menjadi investor, hingga pembekalan materi analisis emiten baik secara fundamental atau teknikal.
Sesi awal diisi oleh penjelasan Prof. Jogiyanto Hartono, Akt., M.B.A., Ph.D., CMA yang memaparkan gambaran umum pembuatan umum portofolio investasi dan saham, serta praktek secara langsung pembuatan portofolio yang memberikan hasil paling optimal dan rasional bagi para investor.

Acara ditutup dengan sesi trial trading oleh Danareksa, dimana Danareksa memberikan penjelasan singkat dengan mulai mengenalkan istilah-istilah teknis di pasar modal, membaca data, melakukan analisis emiten, serta uji coba perdagangan saham. Kegiatan ini sangat menarik perhatian peserta, dimana peserta diberikan pemahaman yang lebih luas mulai dari pengetahuan bagaimana bertindak selaku investor, membuat kegiatan investasi menjadi cepat & mudah, namun harus tetap menjadi investor yang cermat agar tidak gegabah.

WhatsApp Image 2019-05-17 at 11.15.28 PM-01

WhatsApp Image 2019-05-17 at 10.44.19 PM (1)-01

WhatsApp Image 2019-05-17 at 10.44.18 PM (1)-01-01

 

Sertijab CEO dan Ketua Club MMSA 6.0 ke MMSA 7.0

Written by Irvan Hanavi on . Posted in News

IMG-20190517-WA0064

Serah terima jabatan kepengurusan Master in Management Student Association 6.0 (MMSA 6.0) ke MMSA 7.0 telah dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Mei 2019 di Ruang Faculty Meeting Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Acara ini dibuka Anysa Riska Utomo, mahasiswa Pra-MBA 74 selaku MC dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Bayu Sutikno, Ph.D, selaku pengelola dari MM FEB UGM. Menurut Bayu, berorganisasi memberikan manfaat yang baik salah satunya adalah untuk memberikan pembekalan dini pada saat bekerja, dimana lulusan harus mampu mengelola SDM di organisasinya. Bayu juga mengucapkan terima kasih atas kinerja yang sangat baik pada kepengurusan MMSA sebelumnya selaku induk dari klub kemahasiswaan dan diharapkan nantinya kepengurusan yang baru dapat semakin mengkokohkan tujuan organisasi dengan integrasi yang lebih sempurna seluruh klub akademik maupun non akademik untuk mengelola acara kemahasiswaan di lingkungan Program Studi MM FEB UGM.
Acara selanjutnya adalah evaluasi kegiatan dari MMSA 6.0 yang digawangi oleh FX. Christi Adi Nugroho sebagai CEO MMSA 6.0 dimana kepengurusan MMSA 6.0 telah sukses menjalankan program-programnya, diantaranya adalah membentuk 1 lagi klub baru yakni Operations Club, social media Instagram yang aktif dijalankan, Class Agent yang difungsikan sebagai jembatan informasi dan aspirasi antara MMSA dengan mahasiswa, program Charity untuk bencana banjir Bantul, dan Art Night 2.0. Acara dilanjutkan oleh serah terima jabatan kepengurusan yang ditandai dengan penandatanganan dokumen serah terima jabatan dan bendera MMSA dari CEO MMSA 6.0 kepada CEO MMSA 7.0 Muhammad Fajar Dzil Ikram dan pada saat yang sama dilanjutkan dengan serah terima jabatan dengan klub akademik dan klub non akademik MM FEB UGM.
Sebelum acara ditutup dengan foto bersama dan Buka Puasa Bersama, Bapak Erwanto selaku Koordinator Akademik menyampaikan remarks closing berupa harapannya kepada MMSA 7.0, semoga pada kepengurusan selanjutnya dapat menjalankan program kerjanya dengan lebih baik lagi.

IMG-20190517-WA0060

IMG-20190517-WA0062

IMG-20190517-WA0063

IMG-20190517-WA0065

Opening Ceremony PIM Sri Lanka Angkatan VII

Written by Irvan Hanavi on . Posted in News

IMG_6697

Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) kembali menyelenggarakan pelatihan khusus yang merupakan agenda rutin hasil kerja sama antara Program Studi MM FEB UGM dengan Postgraduate Institute of Management (PIM) University of Sri Jayewardenepura, Sri Lanka. Kerja sama ini pun telah memasuki angkatan ke 7 dalam program pelatihan Management Strategic for Public Sector.

Didahului dengan acara opening ceremony untuk peserta pelatihan dari PIM University of Sri Jayewardenepura, Sri Lanka pada tanggal 6 Mei 2019, Program Studi MM FEB UGM membuat acara khusus untuk menyambut kedatangan peserta PIM yang mengikuti pelatihan selama enam hari, dilaksanakan di dua lokasi yakni empat hari di MM FEB UGM Kampus Yogyakarta yang dilanjutkan dengan kunjungan industri ke Disperindag Sleman dan PT. Mega Andalan Kalasan (MAK) dan dua hari di Jakarta dengan mengunjungi Jakarta Smart City dan BRI Corporate University.

Dihadiri sebanyak 40 peserta dan 2 pendamping, acara opening ceremony dibuka dengan sambutan Direktur Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM), T. Hani Handoko, M.B.A., Ph.D. didampingi oleh Bayu Sutikno, Ph.D. Dalam sambutannya, Hani mengucapkan selamat datang sekaligus ucapan terima kasih atas kedatangan peserta PIM Sri Lanka Angkatan 7 di Program Studi MM FEB UGM dalam rangka kerja sama berkelanjutan di bidang Pendidikan antara Program Studi MM FEB UGM dengan PIM University of Sri Jayewardenepura Sri Lanka.

Dilhan Virendra Goonetilleke selaku Program Coordinator pelatihan dari PIM Sri Lanka mengucapkan terima kasih kepada Direktur beserta staf Program Studi MM FEB UGM atas terselenggaranya program pelatihan yang terus berkelanjutan ini. PIM Sri Lanka memilih UGM sebagai mitra untuk melakukan kerja sama karena UGM merupakan universitas terbaik di Indonesia.

Hal yang sangat menjadi perhatian pada pelatihan ini adalah ketertarikan peserta pelatihan pada pembahasan manajemen strategik dan penerapannya pada perekonomian rakyat, kekaguman peserta pada pembangunan UMKM yang kreatif dan suksesnya pemberdayaan serta peran SDM era milenial yang berbasis pada kemajuan teknologi untuk turut mendukung perekonomian Indonesia lebih baik.

IMG_6647

IMG_6655

IMG_6667

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388 | Hotline: 0811-282-3806
JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1844-9088