Executive Series: Peran dan Perkembangan Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia

Written by Hendra Budiarto on . Posted in Article, News

IMG_0416

Selain wajib menempuh 44 SKS, mahasiswa MM FEB UGM diwajibkan untuk mengikuti serangkaian mata kuliah non kredit yang dikemas dalam Program Percepatan dan Peningkatan Kepemimpinan “LEAP” (Leadership Enhancement & Acceleration Program). Program ini dijadwalkan sejak mahasiswa menempuh perkuliahan pada semester 0 (Pra MBA) sampai dengan semester akhir. Untuk semester kali ini, Executive Series kembali diselenggarakan melalui bagian Akademik, Alumni dan Kemahasiswaan. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 5 Oktober 2019, bertempat di Auditorium UGM Lantai 9, Gedung B UGM Kampus Jakarta. Dengan mengambil tema “Peran dan Perkembangan Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia”.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.30 ini menghadirkan Bapak Taswin Zakaria selaku Presiden Direktur Maybank Indonesia sebagai pembicara. Sedangkan moderator oleh Bapak Wakhid Slamet Ciptono, M.B.A., M.P.M., Ph.D. yang merupakan dosen MM FEB UGM. Kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak 280 mahasiswa yang memadati ruangan Auditorium, yang berasal dari mahasiswa kelas Eksekutif B Angkatan 39 ABCDE dan Internasional 9, kelas Ekskutif B Angkatan 38 ABC dan Internasional 7. Acara dibuka dengan sambutan  oleh Prof. Dr. Eduardus Tandelilin, MBA selaku Direktur Program Studi MM FEB UGM Kampus Jakarta, yang didampingi oleh Deputi Direktur Bidang Keuangan, SDM dan Fasilitas Bapak Rusdi Akbar, Ph.D., sebelumnya semua peserta diminta berdiri untuk menyanyikan lagi kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Gadjah Mada yang dipimpin oleh MC.

Tepat pukul 08.40, Wakhid selaku moderator membacakan biografi Taswin Zakaria, yang kemudian dilanjutkan sesi pemaparan kuliah umum. Dalam paparannya, Taswin menjelaskan sepak terjangnya sampai beliau berhasil menduduki jabatan sebagai presiden direktur di Maybank Indonesia. Perkuliahan terasa mengalir aktif karena sejak awal Taswin menegaskan kuliah ini bersifat diskusi, jadi jangan ragu untuk bertanya atau memberikan masukan ditengah kuliah. Terlihat beberapa mahasiswa aktif tanya jawab kepada beliau untuk lebih menegaskan materi yang dibawakan oleh Taswin. Ini merupakan kali pertama beliau mengisi dosen tamu di Program MM FEB UGM. Kegiatan diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Program MM FEB UGM kepada Taswin Zakaria, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama. (Humas MMUGM/Ryan)

IMG_0416

IMG_7435

Certified Financial Planner (CFP) Publik Jakarta Angkatan ke-12

Written by Hendra Budiarto on . Posted in Article, News

IMG_6782

Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) Kampus Jakarta, kembali menyelenggarakan program sertifikasi Certified Financial Planner (CFP) bekerja sama dengan Financial Planner Standards Board (FPSB) Indonesia. Hal ini merupakan upaya MM FEB UGM untuk mengembangkan kompetensi profesional di industri keuangan.

CFP adalah program internasional dari FPSB USA dengan jaringan internasional lebih dari 20 negara maju di seluruh dunia. Program sertifikasi CFP di Indonesia mempunyai kualifikasi tertinggi dan mampu bersaing dengan penyelenggara CFP di dunia. Saat ini pemegang setifikasi CFP sudah mencapai 200.000 di seluruh dunia dan lebih dari 1.500 di Indonesia.

“Kelas CFP Jakarta angkatan ke-12 dimulai pada hari Sabtu, 20 Juli 2019-6 Oktober 2019,” tutur Prof. Dr. Eduardus Tandelilin, M.B.A. Direktur MM FEB UGM Kampus Jakarta yang memberikan kata sambutan pada pembukaan CFP publik ke-12. Acara yang dilaksanakan di lantai 6 gedung B MM FEB UGM Jakarta, Ted menjelaskan kepada peserta yang hadir yang berasal dari beragam latar profesi berbeda, bahwa program pendidikan CFP ini ditujukan bagi para profesional keuangan dan perbankan agar dapat melayani klien keuangan secara lebih profesional dan berkualitas, berskala internasional serta beorientasi kepada kepercayaan dan transparansi dalam melayani nasabah.

Ted juga memberikan alasan penting mengikuti pendidikan CFP di MM FEB UGM, yaitu dikelola oleh manajemen yang berpengalaman dalam pendidikan, tenaga pengajar terbaik dan berpengalaman, modul dan materi yang lengkap dan aktual, pendekatan praktek dan studi kasus perencana keuangan, memiliki jaringan alumni, profesi dan bisnis di industri keuangan yang luas, lokasi belajar yang strategis dan fasilitas lengkap, serta lulusan CFP MM FEB UGM akan mendapatkan jaringan CFP MM FEB UGM Club. (Humas MMUGM/Ryan).

IMG_6768

IMG_6782

Strategic Human Resources Business Partner (HRBP) Program Angkatan 3

Written by Hendra Budiarto on . Posted in Article, News

IMG_8282

Program pelatihan yang bertujuan untuk mempersiapkan Profesional SDM menjadi seorang Strategic Business Partner yang kompeten dalam mendukung pemimpin bisnis dalam pencapaian sasaran strategik perusahaan, melalui peningkatan kapasitas Manajemen Talenta dan peningkatan Kapabilitas Organisasional, berhasil diselenggarakan untuk ketiga kalinya.

Acara yang dilaksanakan tanggal 7 September 2019, dibuka dengan sambutan pertama dari Direktur Program MM FEB UGM Kampus Jakarta, Prof. Dr. Eduardus Tandelilin, M.B.A. Dalam kata sambutannya, program pelatihan ini adalah untuk melatih personel HR leader untuk dapat terlibat dalam kebijakan management dan pengambilan keputusan yang penting. Melalui percakapan dengan para General Manager dalam bidang HR dan diskusi dengan peserta lainnya, diharapkan peserta dapat mempelajari strategic perspective dalam menemukan strategi SDM dan organisasi yang tepat, untuk mengantarkan perusahaan menuju kesuksesan.

Pelatihan ini merupakan gebrakan baru bagi Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) Kampus Jakarta, dengan melebarkan sayapnya menyelenggarakan pelatihan dibidang Human Resources. Kali ini merupakan angkatan 3 untuk kelas publik yang diselenggarakan di lantai 6 Gedung B UGM Kampus Jakarta pada periode 7 September – 12 Oktober 2019.  Program ini terselenggara atas kerjasama antara MM FEB UGM dengan Cicom Brains Indonesia, sebuah perusahaan pengembangan sumber daya manusia yang berbasis di Jepang yang telah menjalin kerjasama yang baik dengan MM FEB UGM selama lebih dari lima tahun.

Acara juga dihadiri oleh Nugraheni Niki Lintang Pertiwi selaku Country Manager dari Cicom Brains Indonesia. Program pelatihan pada hari pertama diampu oleh Matheus Dwi Sekardianto, Head of Industrial and Employee Relations, PT HM Sampoerna Tbk. Program pelatihan ini diikuti sebanyak 17 peserta yang berasal dari berbagai perusahaan di Jakarta diantaranya: PT.Darya – Varia Laboratoria, Tbk, PT. Federal Karyatama, PT. Pigeon Indonesia, PT. Pupuk Indonesia Logistik, PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri, PT. Novo Nordisk Indonesia, PT. Mulia Industrindo, PT Bank Bukopin, Tbk, dan PT Adhi Karya Tbk. (Humas MMUGM/Ryan).

IMG_8282

IMG_8299

Selamat dan Sukses Peserta LMDP Bank Bukopin

Written by Hendra Budiarto on . Posted in Article, News

Setelah melalui serangkaian panjang pelatihan di Kampus MM FEB UGM Jakarta, seluruh peserta Leadership Management Development Program (LMDP) Bank Bukopin, akhirnya dapat bernafas lega. Karena pada rabu, 4 September 2019, bertempat dilantai 6, ruang 616-619 sebanyak 40 orang telah dinyatakan lulus dalam mengikuti pelatihan LMDP yang diselenggarakan oleh MM FEB UGM Kampus Jakarta.

Pelatihan yang dilaksanakan dalam waktu 1 bulan ini, telah memasuki tahap akhir yaitu penutupan kegiatan LMDP Bank Bukopin. Acara penutupan, diawali sambutan oleh Direktur Program Studi MM FEB UGM Kampus Jakarta, Prof. Dr. Eduardus Tandelilin, M.B.A., yang didampingi oleh Deputy Direktur bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Bowo Setiyono, M.Com., Ph.D. dan Dosen mentor dari FEB UGM yaitu I Wayan Nuka Lantara, Ph.D. Pada kesempatan itu, Ted menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta pelatihan yang telah selesai dalam mengemban tugas belajar dan pelatihan selama satu bula di Kampus MM FEB UGM Jakarta. Ini merupakan bekal penting kedepannya untuk bisa menjadi seorang leader yang cakap dan berwawasan luas. Dalam sambutannya Ted juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada PT Bank Bukopin, yang telah berkenan bekerjasama dengan MM FEB UGM untuk bersama-sama mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Turut hadir juga beberapa jajaran pejabat dari Bank Bukopin, diantaranya Dery Januar, General Manager Analis Kredit yang memberikan sambutan perwakilan dari Bank Bukopin. Didampingi oleh Titis Savitri General Manager Operasional, Betarto Fitriaji, Kepala Divisi Penagihan Kredit Retail, Agustinus Iwan Christanto, Kepala Divisi Perencanaan Strategis Perusahaan. Sebelumnya, peserta pelatihan yang talah terbagi dalam 8 kelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang peserta, harus mempresentasikan karya tulisnya dengan menganalisa permasalahan yang terjadi selama ini di Bank Bukopin tentang problem solving.

Pada acara tersebut, diumumkan 3 peserta terbaik yang jatuh kepada terbaik 1 atas nama Dedy Friyanto, terbaik 2 atas nama Messak Neskens Panannaran dan terbaik 3 jatuh kepada Deby Pramana. Setelah diberikan sertifikat dan transkip nilai pelatihan secara simbolis kepada 3 peserta terbaik, acara dilanjutkan dengan berfoto bersama seluruh peserta pelatihan. Tepat pukul 17.00 acara selesai diselenggarakan dan riuh gelak tawa seluruh peserta semakin menjadikan semangat bagi MM FEB UGM untuk dapat bekerjasama kembali menyelenggarakan kegiatan yang sama atau kegiatan lain yang kerjasama dengan Bank Bukopin atau kerjasama dengan perusahaan lain. Sekali lagi, selamat dan sukses kami ucapkan kepada seluruh peserta pelatihan. (Humas MMUGM/Ryan).

 IMG_0071

IMG_0128

Leadership Management Development Program Bank Bukopin

Written by Hendra Budiarto on . Posted in Article, News

IMG_6362

Selamat datang di Kampus Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Jakarta kepada 40 peserta terpilih PT Bank Bukopin untuk mengikuti acara pembukaan “Leadership Management Development Program PT Bank Bukopin angkatan II” pada Senin, 29 Juli 2019. Peserta pelatihan ini diseleksi melalui proses rekrutmen internal dan tahapan seleksi yang ketat bagi staf internal PT Bank Bukopin yang berminat untuk menjadi calon pimpinan masa depan di PT Bank Bukopin.

Demi terwujudnya sumber daya manusia yang unggul, PT Bank Bukopin merealisasikan komitmennya dengan mempercayakan kepada MM FEB UGM untuk menyelenggarakan Pelatihan Leadership Management Development Program Bank Bukopin dengan total durasi pelaksanaan pelatihan selama satu bulan yang diisi dengan berbagai kegiatan yang didesain sesuai dengan kebutuhan organisasi PT Bank Bukopin. Pelatihan ini didukung tenaga pengajar dari kalangan akademisi yang berlatar belakang pendidikan mayoritas merupakan Guru Besar dan S3 (Strata-3) yang berkompetensi tidak hanya dalam bidang akademis namun juga memiliki pengalaman di bidang praktik dan praktisi perbankan berpengalaman dalam praktik riil perbankan baik perbankan pemeritah maupun bank swasta besar di Indonesia. Dalam pelatihan ini menggunakan beberapa metode pembelajaran, yaitu: kuliah klasikal, diskusi kasus, praktikum, on the job training (OJT), debrief,  dan penyusunan dan presentasi makalah dalam kelompok.

Pelatihan yang didesain khusus bagi para karyawan PT Bank Bukopin dengan harapan para peserta mempunyai pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill) di bidang operasional dan managerial perbankan, sehingga mampu melaksanakan pekerjaan serta tanggung jawab dan menunjukkan sikap (attitude) sebagai seorang calon kader pemimpin Bank Bukopin di masa depan. Secara spesifik pelatihan ini diarahkan untuk menyiapkan sumber daya manusia calon pimpinan masa mendatang PT Bank Bukopin yang memiliki kemampuan yang kompetitif, adaptif, kreatif dan inovatif menjawab tantangan persaingan industri perbankan Indonesia. Pelatihan yang diadakan di MM FEB UGM Kampus Jakarta, Jl. Dr. Saharjo No.83 Tebet Jakarta Selatan ini diawali dengan sambutan oleh Prof. Dr. Eduardus Tandelilin, M.B.A. selaku Direktur Program MM FEB UGM Kampus Jakarta. Ditandai dengan penyerahan training kits secara simbolis kepada peserta training.

IMG_6357

IMG_6386

IMG_6362

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962

JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1686-0011