slide
slide
Prev
Next

WORKSHOP IMPLEMENTASI STRATEGI PELAYANAN PRIMA

Written by Irvan Hanavi on . Posted in News


Pada tanggal 16-18 Oktober 2015, Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) Kampus Yogyakarta menyelenggarakan “Workshop Implementasi Strategi Pelayanan Prima” bagi seluruh karyawan. Acara dilaksanakan di gedung Kampus Yogyakarta. Tujuan yang ingin dicapai adalah menyatukan pemahaman tentang memberikan pelayanan berkelas internasional, memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk berperilaku dan berkomunikasi yang baik, mengidentifikasi alternatif standar pelayanan prima yang akan diterapkan, dan menentukan standar baku pelayanan prima sebagai acuan bagi Pengelola dan Karyawan Prodi MM FEB UGM.

wks1

Rangkaian acara dibuka pada hari Jumat, 16 Oktober 2015 pukul 13.30 WIB di ruang FMR dengan sambutan singkat Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta selaku Ketua Pengelola Program. Selanjutnya, Dr. Ratminto selaku Direktur Direktorat SDM UGM menyampaikan berbagai materi dan teori dengan mengangkat tema “Strategi untuk Membangun Budaya Pelayanan Prima di UGM”. Selama kurang lebih 60 menit Ratminto menegaskan kembali beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memberikan pelayanan maksimal bagi konsumen baik dari segi sumber daya manusia maupun fasilitas. Kemudian mengulas tentang “Implementasi Pelayanan Prima di FEB UGM”, Agus Ridwan, S.P., M.M. selaku Kepala Kantor Administrasi FEB UGM hadir mengisi sesi akhir acara pada hari tersebut. Beberapa contoh kasus dari praktek yang telah terselenggara sengaja dibahas untuk menarik kesimpulan dalam menerapkan pelayanan prima. Tak hanya itu, Agus Ridwan juga mengulas pencapaiana Prodi MM FEB UGM Kampus Yogyakarta per September 2015 sebagai cermin sejauh mana keberhasilan dan apa saja yang perlu ditingkatkan di masa mendatang. Agenda hari tersebut diakhiri pada pukul 17.00 WIB.

Keesokan harinya, acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan Focus Group Discussion mengenai “Identifikasi Berbagai Standar Layanan Prima”. Sesi ini diisi oleh Ferry Anggara yang berprofesi sebagai trainer, MC, dan presenter TVRI Jogja. Ferry mendorong karyawan untuk selalu menerapkan Reliability (keandalan), Assurance (jaminan), Tangible (kasat mata), Empathy (komunikasi) dan Responsiveness (cepat tanggap) dalam memberikan pelayanan prima. Dengan menerapkan kelima elemen tersebut, Ferry percaya bahwa tidak hanya memuaskan, tapi karyawan juga dapat melampaui harapan konsumen. Setelah jeda coffee break, sesi berlanjut pada “Penentuan Standar Pelayanan Prima Prodi MM FEB UGM”. Ferry menunjukkan beberapa ketentuan pemerintah mengenai standar pelayanan pada sebuah institusi diikuti dengan refleksi pelaksanaan yang ada di MM FEB UGM. Pada sesi ini, Ferry bersama karyawan merumuskan beberapa prosedur teknis pelayanan prima untuk diterapkan pada lingkungan kerja. Kedua sesi ini berakhir dengan tanya jawab pada pukul 11.30 WIB.

Sesi workshop berlanjut dengan pemaparan “Arah Pengembangan Standar Pelayanan Prima di MM FEB UGM” oleh Prof. Basu Swastha Dharmmesta. Basu mengajak seluruh karyawan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen meliputi penampilan fisik hingga kemampuan dan pengetahuan dalam pelayanan termasuk dalam hal menangani keluhan. Mahasiswa dan calon mahasiswa yang merupakan konsumen utama diharapkan terpenuhi keinginannya. Dengan demikian konsumen akan kembali menggunakan jasa dan menjadi agen marketing lewat word of mouth. Beranjak ke bahasan “Demanding Customers”, Prof. Jogiyanto Hartono menjabarkan beberapa macam tipe konsumen dan cara penanganannya. Sebuah studi kasus mengenai tipe konsumen dan cara menanganinya ditampilkan di akhir presentasi, sesi ini kembali ditutup dengan tanya jawab.

wks2

Trackback from your site.

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962 | 0811-283-7919
Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388


JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan
Hotline: 0813-1686-0011
Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 |