Matakuliah Konsentrasi


Matakuliah Manajemen Portofolio/Portfolio Management

Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengapa orang-orang mau berinvestasi dan bagaimana mereka membuat keputusan untuk berinvestasi. Hal ini membutuhkan sejumlah teori dan deskripsi termasuk pertimbangan pasar modal dan keputusan berinvestasi individu. Matakuliah ini juga akan membantu mahasiswa memahami konsep-konsep penilaian dan analisis teknis berinvestasi baik bagi surat surat berharga individu maupun investasi portofolio.

Matakuliah Keuangan Multinasional/Multinational Finance

Matakuliah ini berusaha mengenalkan kepada mahasiswa tentang keuangan internasional termasuk di dalamnya pasar internasional, investasi internasional, dan manajemen keuangan perusahaan internasional. Di dalam matakuliah ini, akan didiskusikan keuangan internasional, penukaran uang asing, pasar derivarif dan mata uang, risiko mata uang, manajemen portofolio internasional, dan manajemen keuangan perusahaan internasional. Juga akan didiskusikan, strategi internasional dan investasi internasional. Selama satu semester penuh para mahasiwa akan berdiskusi mengenai beberapa kasus dan masalah di dalam keuangan internasional untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap teori-teori dan praktik-praktik manajemen keuangan internasional.

Matakuliah Manajemen Risiko Keuangan/Financial Risk Management

Matakuliah ini akan fokus pada bagaimana mengelola keuntungan dan risiko yang dihadapi oleh para manajer di institusi-institusi keuangan modern. Para mahasiswa akan mendiskusikan jenis-jenis dan sumber-sumber risiko yang dihadapi oleh para manajer di institusi keuangan dan metode-metode untuk meningkatkan keuntungan dengan sebuah tingkat risiko yang dikelola untuk mencapai keuntungan yang paling bernilai di dalam risiko. Di dalam matakuliah ini, mahasiswa akan mendiskusikan mengenai para perantara keuangan dan industri pelayanan keuangan, dan sumber-sumber manajemen risiko yang dihadapi.

Matakuliah Analisis Perilaku Konsumen/Consumer Behavior Analysis

Matakuliah Analisis Perilaku Konsumen mendeskripsikan tentang kerangka konsep dari perilaku konsumen dan beragam isu terkait penerapan teori-teori yang spesifik dari ilmu-ilmu psikologi, sosiologi, antropologi, komunikasi, dan mikro ekonomi. Perilaku konsumen yang terfokus pada perilaku pembelian atau proses pembuatan keputusan pembelian banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor ini dapat di klasifikasikan ke dalam: (1) faktor luar, seperti budaya, cabang budaya, kelas sosial, kelompok acuan, dan keluarga dan (2) faktor dalam, seperti sikap, kepribadian, gaya hidup, motivasi, dan persepsi. Menganalisis faktor-faktor tersebut merupakan sebuah dasar yang diperlukan dalam rangka mengembangkan strategi pemasaran seperti kaitannya dengan pengelompokan pasar, penempatan produk, dan komunikasi pemasaran.

Matakuliah: Pemasaran Global/Global Marketing

Matakuliah ini berusaha menjelaskan cara bagaimana sebuah perusahaan multinasional merencanakan, melaksanakan, dan mengontrol kegiatan pemasarannya untuk melayani pasar asing. Lingkungan pemasaran global terdiri atas ekonomi, sosial, budaya, hukum, dan dana moneter yang semuanya dianalisis untuk mengidentifikasi kesempatan-kesempatan dan ancaman-ancaman di dalam pasar target. Merumuskan strategi pemasaran global juga didiskusikan sebagai sebuah usaha untuk melayani bagian-bagian pasar awal dengan memanfaatkan kekuatan dari percampuran pemasaran global yang kompetitif. Dengan kata lain, perusahaan berusaha untuk mencapai tujuan pemasaran globalnya dengan menentukan pasar target yang spesifik dan memanfaatkan sumber daya pemasarannya yang cukup untuk pasar target. Usaha-usaha tersebut dilakukan dengan cara yang jitu dengan memanfaatkan era kemajuan teknologi pada saat ini. Nilai pelanggan merupakan sebuah faktor pengontrol dalam merumuskan serangkaian strategi dan merekayasanya menjadi sebuah kombinasi pemasaran yang rinci yaitu produk, harga, tempat atau distribusi dan promosi, dan rencana pemasaran.

Matakuliah Strategi Pemasaran Lanjut/Advanced Marketing Strategy

Matakuliah ini membahas mengenai strategi pemasaran dengan menggunakan kombinasi dari teks-teks dan materi-materi kasus untuk mengembangkan konsep-konsep yang relevan dan menerapkannya dalam situasi-situasi bisnis. Matakuliah ini mendiskusikan peran dari strategi yang digerakkan oleh pasar di dalam formasi dan pelaksanaan bisnis dan perbaikan strategi-strategi maupun isu-isu tingkat bisnis yang terkait dengan pelanggan dan analisis persaingan baik dalam pasar internasional maupun nasional. Matakuliah ini didesain sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa yang diharapkan bisa memahami bagaimana strategi pemasaran yang cocok untuk seluruh fungsi perencanaan strategis dari sebuah perusahaan. Matakuliah ini juga memberikan kepada para mahasiswa, kerangka analisis yang memungkinkan mereka untuk mengambil pendekatan-pendekatan alternatif terkait masalah-masalah pemasaran dan mengembangkan kriteria untuk mengevaluasi alternatif-alternatif tersebut dalam hubungannya dengan dampak pemasaran pada biaya, harga, volume penjualan, dan loyalitas pelanggan.

Matakuliah Industri dan Analisis Persaingan/Industry and Competitive Analysis

Matakuliah ini adalah sebuah matakuliah lanjut di dalam manajemen strategi. Matakuliah ini didesain untuk membekali para mahasiswa dengan kerangka analisis, industri-industri, dan pesaing-pesaing serta pendekatan-pendekatan untuk mengembangkan strategi persaingan yang berkelanjutan yang dibutuhkan untuk memenangkan sebuah kompetisi. Para mahasiswa akan diberi materi-materi terkait konsep, teknik, dan metode untuk mendapatkan wawasan mengenai teori dasar persaingan industri-industri. Para mahasiswa juga akan diberi pengetahuan mengenai konsep strategi umum, teknis, dan pendekatan-pendekatan untuk membangun keuntungan dalam berkompetisi. Secara khusus, kerangka analisis strategis dan analisis persaingan yang akan didiskusikan mengacu pada teori yang diperkenalkan oleh Michael Porter. Diharapkan setelah mengikuti kuliah ini, para mahasiswa akan mampu menerapkan kerangka ke dalam pengaturan industri yang bervariasi dan mampu mengembangkan sebuah unit strategi bisnis yang sesuai.

Matakuliah Kepemimpinan dan Inovasi/Leadership and Innovation

Matakuliah ini adalah sebuah pengantar dan analisis yang mendalam mengenai konsep-konsep dan teknik-teknik kunci sebuah kepemimpinan. Matakuliah ini juga membahas mengenai latar belakang empiris dan konsepsional dari organisasi pembelajaran sebagai sebuah dasar berinovasi. Isu lain yang didiskusikan adalah manajemen perubahan, bagaimana membuat orang nyaman dengan perubahan itu dan mengesahkan perubahan di dalam organisasi mereka. Matakuliah ini juga menjelaskan bagaimana caranya membuat sebuah budaya berinovasi yang akan membuat sebuah perusahaaan mempunyai performa yang tinggi. Topik-topik lain meliputi penggunaan kekuasaan dan pengaruh secara efektif dan peran dari para pemimpin organisasi-organisasi dalam menciptakan perubahan dan mengembangkan inovasi. Matakuliah ini adalah sebuah kombinasi antara latar belakang teori yang kuat dan telaah dari penggunaan metode mutakhir di dalam topik-topik tersebut sebagaimana kasus-kasus empiris di dalam penerapannya dalam kehidupan nyata.

Matakuliah Perubahan dan Perkembangan Oraganisasi/Organizational Change and Development

Matakuliah ini didesain untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai proses perubahan organisasi. Matakuliah ini juga ditujukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti: mengapa sebuah organisasi harus berubah, kapan perubahan itu harus dilakukan, aspek organisasi apa saja yang harus diubah, bagaimana menerapkan perubahan itu, dan siapa saja yang terlibat dalam perubahan itu.

Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis/Strategic Human Resources Management

Matakuliah ini memperkenalkan aspek-aspek teoritis dan terapan dari manajemen sumber daya manusia dari perspektif bisnis strategis. Matakuliah ini berusaha menjelaskan bagaimana mengelola sumber daya manusia secara efektif di dalam perubahan lingkungan yang sangat dinamis, yang pada saat yang bersamaan sedang menekan organisasi. Matakuliah ini juga mendiskusikan perubahan paradigma pada manajemen sumber daya manusia dimana di dalam paradigma yang baru tersebut, sumber daya manusia diperlakukan sebagai juara atas persaingan keuntungan. Topik-topik yang akan didiskusikan meliputi: perumusan dan penerapan strategi sumber daya manusia, analisis pekerjaan, metode rekrutmen dan seleksi, teknik untuk pelatihan dan pengembangan, penilaian pelaksanaan, kompensasi dan keuntungan, serta evaluasi keefektifan dari sistem manajemen sumber daya. Penekanan dilakukan dengan mengintegrasikan manajemen sumber daya manusia dengan seluruh strategi bisnis.

Matakuliah Strategi Perusahaan/Corporate Strategy

Matakuliah ini didesain untuk memberikan kerangka analisis strategis di tingkat perusahaan. Perhatiannya difokuskan pada seluruh rencana untuk mengelola sebuah perusahaan yang beraneka ragam. Dua tantangan utama yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan yang mengoperasikan lebih dari satu industri adalah: (1) pencapaian posisi yang mempunyai keuntungan yang berkelanjutan dengan cara mengadopsi strategi keanekaragaman; (2) manajemen sebuah “perkumpulan” dari berbagai usaha bisnis. Sebagai sebuah matakuliah yang terdepan dalam manajemen strategi, matakuliah “Strategi Perusahaan” menyajikan studi mendalam mengenai konsep dan teknik dalam hubungannya dengan perumusan dan penerapan strategi perusahaan. Tujuan yang diharapkan dari matakuliah ini adalah untuk memberikan kepada mahasiswa wawasan terhadap dampak dari strategi-strategi yang dipilih, kerjasama dan organisasi, dan untuk memberikan sejumlah konsep dan alat yang digunakan untuk secara kritis mengevaluasi isu-isu tersebut. Di akhir matakuliah, mahasiswa akan dapat menerapkan kerangka analisis strategis terkait persaingan antar perusahaan dalam industri yang majemuk.

Matakuliah Kepemimpinan Strategis/Strategic Leadership

Kepemimpinan strategis didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengantisipasi, merumuskan visi ke depan, mempertahankan fleksibilitas, berpikir secara strategis, dan bekerja sama dengan orang lain untuk memulai perubahan yang akan menciptakan masa depan yang baik bagi organisasi (Irlandia & Hitt, 1999:43). Matakuliah Kepemimpinan Strategis dirancang untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan. Struktur matakuliah ini disusun dengan memperhatikan prinsip-prinsip dan komponen kepemimpinan strategis yang efektif beserta aplikasinya. Dengan membahas banyak pendekatan, diharapkan bahwa matakuliah ini dapat meningkatkan keterampilan strategis kepemimpinan seseorang. Untuk menjadi seorang pemimpin strategis yang efektif diperlukan sebuah observasi dan tindakan yang komprehensif.

Matakuliah Model Bisnis /Business Modeling

Matakuliah ini membahas bagaimana suatu organisasi, yaitu sebuah perusahaan, menentukan model bisnis. Sebuah bisnis pada dasarnya adalah penciptaan nilai yang menghasilkan keuntungan. Model adalah representasi dari realitas. Dengan demikian, model adalah representasi dari logika yang mendasari keberadaan dan pilihan strategis perusahaan untuk menciptakan nilai dalam rantai nilai (Shafer et al., 2005). Matakuliah ini memfokuskan pada lima pilar utama, yaitu mendeskripsikan, menganalisis, dan merancang model bisnis; berbagai pola bisnis yang ada; mengevaluasi, dan menciptakan sebuah model bisnis.

Setelah mengambil matakuliah ini , mahasiswa diharapkan:

  1. Mengetahui bagaimana pentingnya sebuah model bisnis untuk sebuah organisasi.
  2. Mengaplikasikan konsep dasar perancangan model bisnis untuk ide bisnis yang akan dijalankan.

Matakuliah: Kewirausahaan dan Inovasi/Entrepreneurship and Innovation

Kewirausahaan adalah matakuliah yang menggabungkan tiga aspek penting dari pembelajaran, kognitif, afektif dan psikomotorik. Kualitas hasil pembelajaran akan ditentukan oleh keseimbangan aspek-aspek. Berkaitan dengan isu-isu ini, masing-masing topik dalam matakuliah ini akan membahas mengenai sisi konseptual dan praktisnya. Matakuliah ini mencakup topik seperti: konsep dasar pengusaha/kewirausahaan, pola pikir kewirausahaan, sifat dan peran pengusaha /kewirausahaan, proses pengembangan bisnis, kreativitas, inovasi, mengelola inovasi, dan melakukan etika dalam bisnis. Selama periode perkuliahan, mahasiswa akan didorong untuk memiliki pengalaman praktis dalam memulai dan mengelola usaha kecil.

Tujuan matakuliah ini:

  1. Untuk memberikan pemahaman yang lebih luas tentang pengusaha/kewirausahaan dan proses menciptakan dan menumbuhkan usaha baru dari sisi teoritis maupun praktis.
  2. Untuk memberikan kemampuan memulai ide bisnis yang inovatif.
  3. Untuk memberikan pemahaman bagaimana cara mengelola inovasi dalam organisasi.
  4. Untuk memberikan kesempatan untuk mempersiapkan dan mengkomunikasikan konsep bisnis.
  5. Untuk memotivasi mahasiswa agar menjadi seorang pengusaha muda dan sukses.

Matakuliah: Rancangan Bisnis/Business Plan

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan untuk merumuskan rencana bisnis yang inovatif dan komprehensif kepada mahasiswa. Rencana bisnis harus mempertimbangkan berbagai kondisi sehingga harus siap dengan berbagai faktor mikro-makro, faktor internal-eksternal. Berbagai pengalaman/kondisi/kejadian dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam menyusun Rencana Bisnis pada tingkat strategis, taktik bisnis strategis dan tindakan bisnis strategis.

Setelah mengambil matakuliah ini , mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Mengidentifikasi berbagai macam faktor yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat formula Rencana Bisnis.
  2. Mengetahui tentang ” Mengapa” dan ” Kapan” Rencana Bisnis harus dibuat dan dikembangkan.
  3. Memahami keunikan dan tantangan dalam proses pembuatan formula Rencana Bisnis.
  4. Memadukan ide dan mengintegrasikannya dalam strategik Model Bisnis.
  5. Mempresentasikan pengembangan Rencana Bisnis secara tertulis dan lisan.

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388 | Hotline: 0813-288-26-888
JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1844-9088