Business and Management
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas konsep – konsep dasar manajemen untuk bisnis. Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah pengenalan terhadap lingkungan bisnis, definisi manajemen untuk bisnis, fungsi bisnis internal dan berbagai aspek yang terkait dengan manajemen strategik bisnis.
Mata kuliah ini juga akan menekankan pada berbagai teori utama dalam manajemen, konsep, teknik dan praktik manajemen dalam konteks dunia bisnis yang dinamis dan global. Diskusi akan mencakup seluruh fungsi manajemen termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:
- Memahami dan mampu menjelaskan berbagai definisi dan komponen bisnis, bisnis global, usaha kecil dan kewirausahaan.
- Memahami dampak perubahan lingkungan bisnis dan upaya manajemen untuk mengelolanya
- Memahami dan mampu mengambil keputusan bisnis di bidang manajemen operasi, sumber daya manusia, pemasaran dan keuangan
- Melakukan seluruh fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengen- dalian)
- Memahami dan mampu mengelola berbagai pengaruh dan proses dalam organisasi, termasuk budaya, struktur, kepemimpinan, perilaku organisasi, komunikasi dan kekuasaan untuk mencapai kinerja yang terbaik
No. | AACSB Learning Goals |
Concerns ***=High **=Medium *=Low |
LG1 | Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner | *** |
LG2 | Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action | *** |
LG3 | Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions | ** |
LG4 | Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas | *** |
LG5 | Students demonstrate the ability to be a strategic business leader | ** |
BUKU TEKS UTAMA
Ferrell, O.C., Hirt, G. dan Ferrell, L. (2016). Business: A Changing World. 10th Edition, McGraw-Hill, New York. (FHF)
Jones, G.R., dan George, J.M. (2016). Contemporary Management. 9th Edition, McGraw-Hill, New York. (JG)
BUKU TEKS PENDUKUNG
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.
METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning -SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.
METODA PENILAIAN
a. | Ujian Tengah Semester | 20% |
b. | Ujian Akhir Semester | 20% |
c. | Partisipasi dan Diskusi | 30% |
d. | Tugas (Makalah, Kuis, dll) | 30% |
MATERI KULIAH
Mata kuliah Business and Management dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.
Sesi | Topik | Sumber Bacaan |
1 | Overview The Dynamic of Business and Economics |
Silabus FHF (Ch. 1) |
2 | Business Ethics and Social Responsibility | FHF (Ch. 2) |
3 | Business in a Borderless World | FHF (Ch. 3) |
Managing in the Global Environment | JG (Ch. 6) | |
4 | Options for Organizing Business Small Business, Enterpreneurship and Franchising |
FHF (Ch. 4) FHF (Ch. 5) |
5 | Managing Service and Manufacturing Operations | FHF (Ch. 8) |
6 | Managing Human Resource Managing Diverse Employee |
FHF (Ch. 10) JG (Ch. 5) |
7 | Customer Driven Marketing Dimensions of Marketing Strategy |
FHF (Ch. 11) FHF (Ch. 12) |
Ujian Tengah Semester | ||
8 | Managers and Their Roles The Evolutions of Management Thought |
JG (Ch. 1) JG (Ch. 2) |
9 | Managers as a Planner and Strategist | JG (Ch. 8) |
10 | Decision Making, Learning and Creativity | JG (Ch. 7) |
11 | Managing Organization Structure and Culture Organization: Control and Change |
JG (Ch. 10) JG (Ch. 11) |
12 | Motivation and Performance Leadership |
JG (Ch. 13) JG (Ch. 14) |
13 | Effective Groups and Teams Promoting Effective Communication |
JG (Ch. 15) JG (Ch. 16) |
14 | Managing Conflict, Politics and Negotiation Using Advanced Information to Increase Performance |
JG (Ch. 17) JG (Ch. 18) |
Ujian Akhir Semester |