slide
slide
Prev
Next

Business and Management


DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas konsep – konsep dasar manajemen untuk bisnis. Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah pengenalan terhadap lingkungan bisnis, definisi manajemen untuk bisnis, fungsi bisnis internal dan berbagai aspek yang terkait dengan manajemen strategik bisnis.

Mata kuliah ini juga akan menekankan pada berbagai teori utama dalam manajemen, konsep, teknik dan praktik manajemen dalam konteks dunia bisnis yang dinamis dan global. Diskusi akan mencakup seluruh fungsi manajemen termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memahami dan mampu menjelaskan berbagai definisi dan komponen bisnis, bisnis global, usaha kecil dan kewirausahaan.
  2. Memahami dampak perubahan lingkungan bisnis dan upaya manajemen untuk mengelolanya
  3. Memahami dan mampu mengambil keputusan bisnis di bidang manajemen operasi, sumber daya manusia, pemasaran dan keuangan
  4. Melakukan seluruh fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengen- dalian)
  5. Memahami dan mampu mengelola berbagai pengaruh dan proses dalam organisasi, termasuk budaya, struktur, kepemimpinan, perilaku organisasi, komunikasi dan kekuasaan untuk mencapai kinerja yang terbaik
No. AACSB Learning Goals

Concerns

***=High **=Medium *=Low

LG1 Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner ***
LG2 Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action ***
LG3 Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions **
LG4 Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas ***
LG5 Students demonstrate the ability to be a strategic business leader **

 

BUKU TEKS UTAMA

Ferrell, O.C., Hirt, G. dan Ferrell, L. (2016). Business: A Changing World. 10th Edition, McGraw-Hill, New York. (FHF)

Jones, G.R., dan George, J.M. (2016). Contemporary Management. 9th Edition, McGraw-Hill, New York. (JG)

BUKU TEKS PENDUKUNG

Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.

METODA PEMBELAJARAN

Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning -SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.

METODA PENILAIAN

a. Ujian Tengah Semester 20%
b. Ujian Akhir Semester 20%
c. Partisipasi dan Diskusi 30%
d. Tugas (Makalah, Kuis, dll) 30%

MATERI KULIAH

Mata kuliah Business and Management dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.

Sesi Topik Sumber Bacaan
1 Overview
The Dynamic of Business and Economics
Silabus
FHF (Ch. 1)
2 Business Ethics and Social Responsibility FHF (Ch. 2)
3 Business in a Borderless World FHF (Ch. 3)
Managing in the Global Environment JG (Ch. 6)
4 Options for Organizing Business
Small Business, Enterpreneurship and Franchising
FHF (Ch. 4)
FHF (Ch. 5)
5 Managing Service and Manufacturing Operations FHF (Ch. 8)
6 Managing Human Resource
Managing Diverse Employee
FHF (Ch. 10)
JG (Ch. 5)
7 Customer Driven Marketing
Dimensions of Marketing Strategy
FHF (Ch. 11)
FHF (Ch. 12)
Ujian Tengah Semester
8 Managers and Their Roles
The Evolutions of Management Thought
JG (Ch. 1)
JG (Ch. 2)
9 Managers as a Planner and Strategist JG (Ch. 8)
10 Decision Making, Learning and Creativity JG (Ch. 7)
11 Managing Organization Structure and Culture
Organization: Control and Change
JG (Ch. 10)
JG (Ch. 11)
12 Motivation and Performance
Leadership
JG (Ch. 13)
JG (Ch. 14)
13 Effective Groups and Teams
Promoting Effective Communication
JG (Ch. 15)
JG (Ch. 16)
14 Managing Conflict, Politics and Negotiation
Using Advanced Information to Increase Performance
JG (Ch. 17)
JG (Ch. 18)
Ujian Akhir Semester

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962 | 0811-283-7919
Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388


JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan
Hotline: 0813-1686-0011
Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 |