INTRODUCTORY ECONOMICS FOR MANAGERS


DESKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah Introductory Economics for Managers (IEM) ini merupakan aplikasi teori ekonomi dan ilmu pengambilan keputusan (decision making science) di dalam proses pengambilan keputusan-keputusan manajerial dalam sebuah bisnis/perusahaan, dan pasar dengan kendala-kendala yang dihadapi. Perilaku individual, perusahaan, pasar, dan pemerintah dalam kerangka pengambilan keputusan-keputusan manajerial menjadi kajian utama dalam mata kuliah ini.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan :

  1. Memiliki pengetahuan dasar tentang ekonomika manajerial yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan bisnis.
  2. Mampu mengambil keputusan bisnis yang didasarkan pada konsep dan teori ekonomika manajerial.

BUKU TEKS UTAMA
Baye, M.R. (2014). Managerial Economics and Business Strategy, 8th Edition. McGraw Hill, New York. (BM)

BUKU TEKS PENDUKUNG

  1. Salvatore, D. (2004). Managerial Economics in a Global Economy, 5th Harcourt College Publishers. (SD)
  2. Samuelson, P.A., dan Nordhaus, W.D. (2010). Economics, 19th McGraw Hill. (SW)
  3. Mankiw, N.G. (2012). Principles of Economics, 6th Thomson South Western. (MN)
  4. Arsyad, L. (2008). Ekonomi Manajerial: Ekonomi Mikro Terapan untuk Manajemen Bisnis, Edisi Keempat. PT BPFE. (AL)

METODA PEMBELAJARAAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.

METODA PENILAIAN

  1. Ujian Tengah Semester 30%
  2. Ujian Akhir Semester 30%
  3. Presentasi, Diskusi, Partisipasi 25%
  4. Tugas 15%

MATERI KULIAH
Mata kuliah Introductory Economics for Managers dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.

Sesi Topik Bahan Bacaan
1 The Fundamentals of Managerial Economics SW (Ch. 1 & 2)
MN (Ch. 1)
BM (Ch. 1)
2 Market Forces: Demand and Supply SW (Ch. 1 & 2)
MN (Ch. 1)
BM (Ch. 2)
3 Quantitative Demand Analysis BM (Ch. 3)
4 The Theory of Individual Behavior BM (Ch. 4)
5 The Production Process and Costs BM (Ch. 5)
6 Organization of the Firm BM (Ch. 6)
7 The Nature of Industry BM (Ch. 7)
Ujian Tengah Semester
8 Managing in Competitive, Monopolistic, and Monopolistically Competitive Markets BM (Ch. 8)
9 Basic Oligopoly Models BM (Ch. 9)
10 Game Theory: Inside Oligopoly BM (Ch. 9)
11 Pricing Strategy for Firms with Market Power BM (Ch. 11)
12 The Economics of Information BM (Ch. 12)
13 Advanced Topics in Business Strategy Modul
14 A Manager’s Guide to Government in the Marketplace Modul
Ujian Akhir Semester

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388 | Hotline: 0811-282-3806
JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1844-9088