Managerial Economics
Mata kuliah Managerial Economics (ME) ini merupakan aplikasi teori ekonomi dan ilmu pengambilan keputusan (decision making science) didalam proses pengambilan keputusan-keputusan manajerial dalam sebuah bisnis/perusahaan dan pasar dengan kendala-kendala yang dihadapi. Perilaku individual, perusahaan, pasar, dan pemerintah dalam kerangka pengambilan keputusan-keputusan manajerial menjadi kajian utama dalam mata kuliah ini.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan :
- Memiliki pengetahuan dasar tentang ekonomika manajerial yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan bisnis.
- Mampu mengambil keputusan bisnis yang didasarkan pada konsep dan teori ekonomika manajerial.
No. | AACSB Learning Goals |
Concerns ***=High **=Medium *=Low |
LG1 | Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner | ** |
LG2 | Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action | ** |
LG3 | Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions | ** |
LG4 | Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas | *** |
LG5 | Students demonstrate the ability to be a strategic business leader | ** |
BUKU TEKS UTAMA
Baye, M., dan Prince, J. (2017). Managerial Economics and Business Strategy, 9th Edition. McGraw Hill, New York. (BP)
BUKU TEKS PENDUKUNG
- Samuelson, P.A., dan Nordhaus, W.D. (2010). Economics, 19th McGraw Hill. (SN)
- Mankiw, N.G. (2012). Principles of Economics, 6th Thomson South Western. (MN)
METODA PEMBELAJARAAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.
METODA PENILAIAN
a. | Ujian Tengah Semester | 20% |
b. | Ujian Akhir Semester | 20% |
c. | Partisipasi dan Diskusi | 30% |
d. | Tugas (Makalah, Kuis, dll) | 30% |
MATERI KULIAH
Mata kuliah Managerial Economics (ME) dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.
Sesi | Topik | Sumber Bacaan |
1 | The Fundamentals of Managerial Economics | SN (Ch. 1 & 2); MN (Ch. 1); BP (Ch. 1) |
2 | Market Forces: Demand and Supply | SN (Ch. 1 & 2); MN (Ch. 1); BP (Ch. 2) |
3 | Quantitative Demand Analysis | BP (Ch. 3) |
4 | The Theory of Individual Behavior | BP (Ch. 4) |
5 | The Production Process and Costs | BP (Ch. 5) |
6 | Organization of the Firm | BP (Ch. 6) |
7 | The Nature of Industry | BP (Ch. 7) |
Ujian Tengah Semester | ||
8 | Managing in Competitive, Monopolistic, and Monopolistically Competitive Markets | BP (Ch. 8) |
9 | Basic Oligopoly Models | BP (Ch. 9) |
10 | Game Theory: Inside Oligopoly | BP (Ch. 10) |
11 | Pricing Strategy for Firms with Market Power | BP (Ch. 11) |
12 | The Economics of Information | BP (Ch. 12) |
13 | Advanced Topics in Business Strategy | BP (Ch. 13) |
14 | A Manager’s Guide to Government in the Marketplace | BP (Ch. 14) |
Ujian Akhir Semester |