Statistics for Business Decision
Dipicu oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi, metoda statistik telah muncul dalam beberapa tahun terakhir sebagai salahsatu alat fundamental untuk mendukung, membuat dan menilai keputusan bisnis, dalam konteks ilmu manajemen modern. Karena sifat dari fenomena ekonomi dan bisnis yang tidak dapat diprediksi dengan pasti maka kebutuhan untuk pendekatan ilmiah menjadi lebih diperlukan. Analisis statistik kini telah menjadi bagian integral dari setiap aspek teoritis dan penelitian terapan dalam bisnis.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan :
- Memiliki pengetahuan dasar tentang berbagai metoda statistik yang digunakan dalam pengambilan keputusan bisnis.
- Mampu mengambil keputusan bisnis yang didasarkan pada metoda statistik yang paling sesuai.
- Mampu memilih dan menggunakan metoda statistik yang paling sesuai dalam melakukan penelitian bisnis untuk pengambilan keputusan maupun untuk penulisan tesis.
No. | AACSB Learning Goals |
Concerns ***=High **=Medium *=Low |
LG1 | Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner | ** |
LG2 | Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action | ** |
LG3 | Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions | ** |
LG4 | Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas | *** |
LG5 | Students demonstrate the ability to be a strategic business leader | ** |
BUKU TEKS UTAMA
Lind, D.A., Marchal, W.G., dan Wathen, S.A. (2018). Statistical Techniques in Business and Economics, 17th Edition. McGraw-Hill Companies Inc., New York. (LMW)
BUKU TEKS PENDUKUNG
Artikel dan kasus – kasus bisnis terkait.
METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah. Mahasiswa disarankan untuk melakukan praktikum di laboratorium komputer setidaknya 3 kali dalam 1 semester dengan tutor yang ditugaskan untuk mata kuliah ini.
METODA PENILAIAN
a. | Ujian Tengah Semester | 20% |
b. | Ujian Akhir Semester | 20% |
c. | Partisipasi dan Diskusi | 30% |
d. | Tugas (Makalah, Kuis, dll) | 30% |
PIRANTI LUNAK
Penguasaan teori dan konsep statistika tidak cukup bagi mahasiswa untuk belajar mengambil keputusan bisnis maupun ekonomi. Oleh karena itu, instruktur menganjurkan mahasiswa mempelajari, menggunakan, dan menguasai piranti lunak untuk pembelajaran mata kuliah ini. Piranti lunak yang dianjurkan dan akan digunakan di kelas oleh instruktur adalah R. Mahasiswa dianjurkan untuk instal software R dan R-Studio dengan mengikuti petunjuk di https://www.rstudio.com. Instruktur akan mengunggah data yang akan digunakan untuk demonstrasi R di kelas di Sintesis satu hari sebelum kelas.
MATERI KULIAH
Mata kuliah Statistics for Business Decision dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.
Sesi | Topik | Sumber Bacaan |
1 | Review of statistical concepts | LMW (Ch. 1, Ch. 2) |
2 | Descriptive statistics and index number | LMW (Ch. 3, Ch. 4, Ch.17) |
3 | Probability Concept | LMW (Ch. 5) |
4 | Probability distribution 1: Discrete Probability Distribution | LMW (Ch. 6) |
5 | Probability distribution 2: Continuous Probability Distribution | LMW (Ch. 7) |
6 | Sampling and Estimation | LMW (Ch. 8, Ch. 9) |
7 | One-sample hypothesis testing | LMW (Ch. 10) |
Ujian Tengah Semester | ||
8 | Two-sample hypothesis testing | LMW (Ch. 11) |
9 | Analysis of variance and Chi-Square Test | LMW (Ch. 12, Ch. 15) |
10 | Correlation and Simple linear regression | LMW (Ch. 13) |
11 | Multiple regression | LMW (Ch. 14) |
12 | Nonparametric statistics | LMW (Ch. 16) |
13 | Time series analysis | LMW (Ch. 18) |
14 | Fundamental of business forecasting | LMW (Ch. 18) |
Ujian Akhir Semester |