MARKETING MANAGEMENT


DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini menggambarkan cara perusahaan mencapai tujuan pemasarannya dengan menentukan target pasar tertentu dan menggunakan sumber-sumber pemasaran yang cukup untuk melayani target pasar dengan baik. Oleh karena itu, pemasaran merupakan proses yang teratur dan mendalam untuk perencanaan pasar perusahaan. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan cara yang unggul guna menghadapi pesatnya kemajuan teknologi. Nilai pelanggan dianggap sebagai faktor penting untuk merumuskan strategi yang luas dan menyempurnakannya menjadi bauran pemasaran yang terperinci, termasuk di dalamnya produk, harga, tempat atau distribusi dan promosi, dan rencana implementasi. Perencanaan, evaluasi dan perbaikan yang berkaitan dengan bauran pemasaran perlu keputusan pemasaran oleh seorang manajer. Keputusan termasuk mendefiniskan siapa yang perusahaan inginkan sebagai pelanggan, faktor apa yang perlu untuk dipuaskan, apa produk dan jasa yang akan ditawarkan, apa harga yang sesuai, apa komunikasi untuk mengirim dan menerima, apa saluran distribusi yang akan digunakan, dan apa kemitraan yang akan digunakan untuk mengembangkan bisnis. Dalam membuat keputusan-keputusan tersebut, manajer akan dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang tidak dapat dikendalikan seperti politik, ekonomi, sosial, hukum, teknologi, faktor demografi dan kompetisi.

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk menyampaikan elemen utama dari pemasaran dan pentingnya elemen tersebut untuk organisasi. Baik mengapa dan bagaimana kegiatan pemasaran dibahas, dengan penekanan pada mengapa. Mata kuliah ini mengintegrasikan pemasaran dengan bidang fungsional lainnya. Bila memungkinkan, konsep akan dikuantifikasikan.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memahami konsep dan teori yang memberikan dasar untuk mata kuliah lebih lanjut dalam pemasaran dan area lain dari kegiatan usaha.
  2. Mengembangkan pemahaman faktor-faktor penting dari persaingan pasar;
  3. Meningkatkan keterampilan untuk menganalisis tren persaingan pasar, mengidentifikasi ancaman dan peluang, dan untuk memantau kegiatan persaingan pasar dan menilai keunggulan kompetitif suatu perusahaan;
  4. Memahami nilai konsep pemasaran sebagai panduan untuk menangani masalah manajemen;
  5. Memahami peran fungsi pemasaran dalam proses bisnis lintas fungsional untuk menciptakan dan memberikan nilai pelanggan yang unggul;
  6. Mengembangkan pendekatan disiplin untuk analisis masalah pemasaran;
  7. Mengembangkan kesadaran terhadap faktor-faktor utama dari masalah pemasaran yang dihadapi oleh organisasi, dengan penekanan pada pendekatan analisis yang tepat untuk keputusan yang efektif.
  8. Membuat keputusan dalam pemasaran seperti yang dilakukan oleh manajer pemasaran.
No. AACSB Learning Goals

Concerns

***=High **=Medium *=Low

LG1 Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner ***
LG2 Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action ***
LG3 Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions **
LG4 Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas ***
LG5 Students demonstrate the ability to be a strategic business leader **

 

BUKU TEKS UTAMA

Kotler, P. dan Keller, K. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, N.J. (KK)

BUKU TEKS PENDUKUNG

Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.

METODA PEMBELAJARAN

Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning – SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.

METODA PENILAIAN

a. Ujian Tengah Semester 25%
b. Ujian Akhir Semester 25%
c. Partisipasi dan Diskusi 30%
d. Tugas (Makalah, Kuis, dll) 20%

MATERI KULIAH

Mata kuliah Marketing Management dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.

Sesi Topik Sumber Bacaan
1 Defining Marketing for the new realities

Developing Marketing Strategies and Plans

KK (Ch. 1)

KK (Ch. 2)

2 Collecting information and Forecasting Demands

Conducting Marketing Research

KK (Ch. 3)

KK (Ch. 4)

3 Creating Long-term Loyalty Relationships KK (Ch. 5)
4 Analyzing Consumer Markets KK (Ch. 6)
5 Analyzing Business Markets

Identifying Market Segments and Targets

KK (Ch. 7)

KK (Ch. 9)

6 Crafting the Brand Equity

Creating Brand Positioning

KK (Ch. 10)

KK (Ch. 11)

7 Addressing competition and grivity growth KK (Ch. 12)
Ujian Tengah Semester
8 Setting Product Strategy

Designing and Managing Services

KK (Ch. 13)

KK (Ch. 14)

9 Developing Pricing Strategies and Programs KK (Ch. 16)
10 Designing and Managing Integrated Marketing Channels

Managing Retailing, Wholesaling, and Logistics

KK (Ch. 17)

KK (Ch. 18)

11 Designing and Managing Integrated Marketing

Communications Managing Mass Communications

KK (Ch. 19)

KK (Ch. 20)

12 Managing Digital Communications

Managing Personal Communications

KK (Ch. 21)

KK (Ch. 22)

13 Introducing New Market Offerings

Tapping into Global markets

KK (Ch. 15)

KK (Ch. 8)

14 Managing a Holistic Marketing Organization for the Long Run KK (Ch. 23)
Ujian Tengah Semester

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962

JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1686-0011