Marketing Management
Mata kuliah ini menggambarkan cara perusahaan mencapai tujuan pemasarannya dengan menentukan target pasar tertentu dan menggunakan sumber-sumber pemasaran yang cukup untuk melayani target pasar dengan baik. Oleh karena itu, pemasaran merupakan proses yang teratur dan mendalam untuk perencanaan pasar perusahaan. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan cara yang unggul guna menghadapi pesatnya kemajuan teknologi. Nilai pelanggan dianggap sebagai faktor penting untuk merumuskan strategi yang luas dan menyempurnakannya menjadi bauran pemasaran yang terperinci, termasuk di dalamnya produk, harga, tempat atau distribusi dan promosi, dan rencana implementasi. Perencanaan, evaluasi dan perbaikan yang berkaitan dengan bauran pemasaran perlu keputusan pemasaran oleh seorang manajer. Keputusan termasuk mendefiniskan siapa yang perusahaan inginkan sebagai pelanggan, faktor apa yang perlu untuk dipuaskan, apa produk dan jasa yang akan ditawarkan, apa harga yang sesuai, apa komunikasi untuk mengirim dan menerima, apa saluran distribusi yang akan digunakan, dan apa kemitraan yang akan digunakan untuk mengembangkan bisnis. Dalam membuat keputusan-keputusan tersebut, manajer akan dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang tidak dapat dikendalikan seperti politik, ekonomi, sosial, hukum, teknologi, faktor demografi dan kompetisi.
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk menyampaikan elemen utama dari pemasaran dan pentingnya elemen tersebut untuk organisasi. Baik mengapa dan bagaimana kegiatan pemasaran dibahas, dengan penekanan pada mengapa. Mata kuliah ini mengintegrasikan pemasaran dengan bidang fungsional lainnya. Bila memungkinkan, konsep akan dikuantifikasikan.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:
- Memahami konsep dan teori yang memberikan dasar untuk mata kuliah lebih lanjut dalam pemasaran dan area lain dari kegiatan usaha.
- Mengembangkan pemahaman faktor-faktor penting dari persaingan pasar;
- Meningkatkan keterampilan untuk menganalisis tren persaingan pasar, mengidentifikasi ancaman dan peluang, dan untuk memantau kegiatan persaingan pasar dan menilai keunggulan kompetitif suatu perusahaan;
- Memahami nilai konsep pemasaran sebagai panduan untuk menangani masalah manajemen;
- Memahami peran fungsi pemasaran dalam proses bisnis lintas fungsional untuk menciptakan dan memberikan nilai pelanggan yang unggul;
- Mengembangkan pendekatan disiplin untuk analisis masalah pemasaran;
- Mengembangkan kesadaran terhadap faktor-faktor utama dari masalah pemasaran yang dihadapi oleh organisasi, dengan penekanan pada pendekatan analisis yang tepat untuk keputusan yang efektif.
- Membuat keputusan dalam pemasaran seperti yang dilakukan oleh manajer pemasaran.
No. | AACSB Learning Goals |
Concerns ***=High **=Medium *=Low |
LG1 | Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner | *** |
LG2 | Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action | *** |
LG3 | Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions | ** |
LG4 | Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas | *** |
LG5 | Students demonstrate the ability to be a strategic business leader | ** |
BUKU TEKS UTAMA
Kotler, P. dan Keller, K. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, N.J. (KK)
BUKU TEKS PENDUKUNG
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.
METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning – SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.
METODA PENILAIAN
a. | Ujian Tengah Semester | 25% |
b. | Ujian Akhir Semester | 25% |
c. | Partisipasi dan Diskusi | 30% |
d. | Tugas (Makalah, Kuis, dll) | 20% |
MATERI KULIAH
Mata kuliah Marketing Management dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.
Sesi | Topik | Sumber Bacaan |
1 | Defining Marketing for the new realities
Developing Marketing Strategies and Plans |
KK (Ch. 1) KK (Ch. 2) |
2 | Collecting information and Forecasting Demands
Conducting Marketing Research |
KK (Ch. 3) KK (Ch. 4) |
3 | Creating Long-term Loyalty Relationships | KK (Ch. 5) |
4 | Analyzing Consumer Markets | KK (Ch. 6) |
5 | Analyzing Business Markets
Identifying Market Segments and Targets |
KK (Ch. 7) KK (Ch. 9) |
6 | Crafting the Brand Equity
Creating Brand Positioning |
KK (Ch. 10) KK (Ch. 11) |
7 | Addressing competition and grivity growth | KK (Ch. 12) |
Ujian Tengah Semester | ||
8 | Setting Product Strategy
Designing and Managing Services |
KK (Ch. 13) KK (Ch. 14) |
9 | Developing Pricing Strategies and Programs | KK (Ch. 16) |
10 | Designing and Managing Integrated Marketing Channels
Managing Retailing, Wholesaling, and Logistics |
KK (Ch. 17) KK (Ch. 18) |
11 | Designing and Managing Integrated Marketing
Communications Managing Mass Communications |
KK (Ch. 19) KK (Ch. 20) |
12 | Managing Digital Communications
Managing Personal Communications |
KK (Ch. 21) KK (Ch. 22) |
13 | Introducing New Market Offerings
Tapping into Global markets |
KK (Ch. 15) KK (Ch. 8) |
14 | Managing a Holistic Marketing Organization for the Long Run | KK (Ch. 23) |
Ujian Tengah Semester |