Leadership and Organizational Behavior
Mata kuliah ini merespon dan mengantisipasi dinamika bisnis yang dihadapi oleh seorang pemimpin kaitannya dengan pengelolaan sumberdaya manusia secara efektif dengan memahami dan menerapkan ilmu perilaku organisasional. LOB adalah bidang studi yang membantu seorang pemimpin untuk memahami dampak perilaku individual dan kelompok, serta pengaruh dan proses organisasial dalam rangka meningkatkan efektivitas organisasi. Mahasiswa akan digerakkan dari semula sebagai pemain solo yang mengontribusikan keahlian, kompetensi dan keterampilan individualnya menjadi seorang team player and contributor bagi organisasi.
Mata kuliah ini dirancang khusus bagi mahasiswa pada semester pertama untuk memberikan beberapa aspek dasar dalam mengelola dan memimpin sumberdaya manusia. Aspek pertama adalah pemahaman dan refleksi diri (self awareness) baik sebagai seorang pemimpin ataupun anggota tim sehingga dapat lebih efektif dalam memersepsikan fenomena keperilakuan yang terjadi dalam organisasi. Aspek kedua adalah pemahaman dan kemampuan memengaruhi perilaku individual dan interaksinya untuk mencapai kinerja kelompok. Mata kuliah ini akan memberikan kemampuan kognitif sekaligus mengasah kemampuan memimpin, memotivasi, dan memadukan semua elemen organisasi untuk pencapaian visi dan misi organisasi. Aspek ketiga adalah pemahaman terhadap kondisi imperatif perubahan organisasional yang mengarah pada pencapaian organisasi berkinerja tinggi dan bagaimana hal ini ditunjang dengan kinerja individual dan kelompok yang mumpuni. Aspek terakhir terkait dengan pemahaman dan pengintegrasian semua aspek ke dalam suatu domain berlabel strategic organizational behavior (STROBE). Hal ini menuntut mahasiswa untuk memahami dan menyintesisnya untuk dapat mengambil keputusan yang bersifat strategik bagi masa depan bisnisnya.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:
- Mempunyai pemahaman diri (self awareness) terhadap perilaku individualnya dan bagaimana pemahaman ini memengaruhi cara pandang terhadap individu lain, interaksi dalam kelompok dan dinamika organisasional;
- Memahami dan menerapkan kompetensi sebagai pemimpin (leadership) maupun sebagai anggota tim (followership);
- Menerapkan proses pembelajaran dan persepsi mengenai perilaku individual dan perbedaan dalam organisasi;
- Menerapkan pentingnya kelompok dan proses sosial dalam proses organisasional;
- Mengidentifikasi isu-isu yang berkaitan dengan proses organisasional yang memengaruhi perilaku individual dan kelompok;
- Memahami dan menerapkan integrasi aspek individual, kelompok dan organisasional dalam mengambil keputusan strategik bisnis.
No. | AACSB Learning Goals |
Concerns ***=High **=Medium *=Low |
LG1 | Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner | ** |
LG2 | Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action | *** |
LG3 | Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions | ** |
LG4 | Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas | *** |
LG5 | Students demonstrate the ability to be a strategic business leader | *** |
BAHAN BACAAN
Buku teks utama:
Kinicki, A., dan Fugate, M. (2013). Organizational Behavior, 5th Edition. McGraw-Hill, Boston. (KF)
Yukl, G. (2013). Leadership in Organizations, 8th Edition. Pearson, Essex. (GY)
Bacaan Pelengkap:
Beragam artikel dan studi kasus dari Harvard Business Review (HBR).
METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuiah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL) dan menekankan pada diskusi kelas. Pemahaman teoritis pada buku teks menjadi tugas mahasiswa sebelum sesi perkuliahan dimulai. Kuliah akan berbasis pada diskusi kasus yang disediakan oleh fasilitator.
Mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif dengan beberapa prinsip pembelajaran berikut ini: Critical thinking and lessons learned
Mahasiswa dipaparkan dengan beragam konsep, kajian teoritis dan riset empiris untuk melatih daya pikir kritis dan merangkai secara kognitif aspek-aspek yang dipelajarinya.
Experiential learning
Mahasiswa ditempa untuk dapat memahami diri sendiri (self awareness), refleksi diri dan nantinya akan bertransformasi menjadi pemimpin yang kontributif melalui proses pembelajaran berbasis pengalaman.
Experimentation
Mahasiswa diberi ruang untuk bereksperimen dalam memersepsikan sebuah perilaku, proses dan pengaruh yang terjadi dalam organisasi.
METODA PENILAIAN
- Ujian Tengah Semester 25%
- Ujian Akhir Semester 25%
- Partisipasi dan Diskusi 20%
- Tugas (Kuis, Makalah refleksi individual) 30%
MATERI KULIAH
Mata kuliah Leadership and Organizational Behavior dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.
Sesi | Topik | Bahan Bacaan |
1. | Introduction • Introduction to OB
• People-centered managers & workplaces |
KF 1 |
2. | • Leadership
• Managerial roles & decisions • Leadership behaviors • All the wrong moves |
KF 14 GY 2 GY 3 (HBR Case Study) |
3. | Part I: Managing People
• Cross-cultural leadership & diversity • Organizational Culture • Socialization process and mentoring • From regional star to global leader |
GY 14 KF 2 KF 3 (HBR Case Study) |
4. | Part II: Factors Leading to Individual Behavior in Organizations
• Social perception and diversity • Individual differences, self-concept, personality, ability, attitudes, and emotions • Gen Y in the workforce |
KF 4 KF 5 (HBR Case Study) |
5. | • Empowering leadership
• Understanding motivation • Theories of motivation |
GY 5 KF 6 KF 7 |
6. | • Traits & skills of leaders
• Contingency theories of effective leadership • Organizational performance: Increasing motivation & reinforced motivation • Bonuses in bad times |
GY 6 GY 7 KF 8 (HBR Case Study) |
7. | Part III: Factors leading group behavior in organizations
• Dyadic theories & followership • Team leadership • Effective group and teams • Pioneers, drivers, integrators & guardians |
GY 9 GY 10 KF 9 (HBR reading) |
Ujian Tengah Semester | ||
8. | • Process of making decisions
• Holding fast |
KF 10 (HBR Case Study) |
9. | • Managing conflict & negotiating
• Communication in the digital age • Beating burnout • Noise |
KF 11 KF 12 (HBR reading) (HBR reading) |
10. | Part IV: Managing effectiveness organizational processes
• Power & influence in leadership • Power & politics • Don’t let power corrupt you |
GY 8 KF 13 (HBR reading) |
11. | • Effectiveness of organization designs
• Restructure or reconfigure? |
KF 15 (HBR reading) |
12. | • Change leadership
• Managing change and learning • Big shoes to fill |
GY 4 KF 16 (HBR Case Study) |
13. | Group Project Presentation | |
14. | Group Project Presentation | |
Ujian Akhir Semester |