BUSINESS ETHICS


DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah ini memperkenalkan prinsip-prinsip etika secara deskriptif dan normatif dan aplikasinya terhadap perilaku individu dan lingkungan bisnis. Mata kuliah ini dirancang untuk membahas berbagai faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan manajerial yang melibatkan isu-isu etis. Mata kuliah ini juga memberi bekal terhadap mahasiswa untuk memahami prinsip-prinsip etika atau norma-norma dan memberikan wawasan untuk perilaku yang dapat diterima secara sosial.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Menemukan berbagai kebijaksanaan hidup dalam sistem globalisasi dunia sehingga bisa mendasari sikap mahasiswa untuk bertoleransi, menghormati, dan rendah hati, dan karenanya, mahasiswa tidak akan mudah mengambil kesalahan (yang tidak pantas) bertindak dan memiliki intuisi yang untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan etika dan norma yang berlaku.
  2. Meningkatkan pengetahuan tentang etika dan moral yang berkaitan dengan etika bisnis dan profesi,
  3. Mengidentifikasi masalah etika dan moral dalam bisnis, serta standar etika dan moral
  4. Menerapkan kesadaran etis dalam pengambilan keputusan dan tindakan yang berarti untuk mengembangkan masyarakat dan profesi sekitarnya.

BUKU TEKS UTAMA

  1. Velasquez, M.G. (2014). Business Ethics: Concepts and Cases, 7th Prentice Hall. (V).
  2. Fritzsche, D.J. (2004). Business Ethics: A Global and Managerial Perspective, 2nd McGraw-Hill, Boston. (F).

BUKU TEKS PENDUKUNG
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saatperkuliahan.

METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning -SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal.Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.

METODA PENILAIAN

  1. Ujian Tengah Semester 30%
  2. Ujian Akhir Semester 30%
  3. Presentasi, Diskusi, dan Partisipasi 25%
  4. Tugas 15%

 MATERI KULIAH
Mata kuliah Business Ethics dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.

Sesi Topik Bahan Bacaan
1 Syllabus, class management, and Introduction to business ethics
2 Ethics and Business
Ethical principles in business
Kasus: Trados Bank
V1
V2
3 The Business System and Corporate Ethical
Kasus: Accolade versus Sega
V3
4 Ethics in the Marketplace
Kasus: Archer Daniels Midland
V4
5 Ethics and the Environment
Kasus: The Ok Tedi Copper
V5
6 Ethics of Consumer, Production, Marketing
Kasus: Becton Dickinson
V6
7 The Ethics of Job Discrimination
Kasus: Wal-Mart’s Women
V7
Ujian Tengah Semester
8 Ethics and the Employee
Kasus: Death at Massey
V8
9 Managing Ethical Risks & Opportunities
Kasus: WorldCom’s creative acc.
HO
10 Good Corporate Governance
Kasus: American Therapeutics
F
11 Corporate Social Responsibility
Kasus: Baring PLC
F
12 Diskusi kasus: Chrysler Disconnected F
13 Diskusi kasus: Kader Industrial F
14 Diskusi kasus: Pepsi-Cola Products F
Ujian Akhir Semester

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388 | Hotline: 0811-282-3806
JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1844-9088