Business Ethics
Mata kuliah ini memperkenalkan prinsip-prinsip etika secara deskriptif dan normatif dan aplikasinya terhadap perilaku individu dan lingkungan bisnis. Mata kuliah ini dirancang untuk membahas berbagai faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan manajerial yang melibatkan isu-isu etis. Mata kuliah ini juga memberi bekal terhadap mahasiswa untuk memahami prinsip-prinsip etika atau norma-norma dan memberikan wawasan untuk perilaku yang dapat diterima secara sosial.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:
- Menemukan berbagai kebijaksanaan hidup dalam sistem globalisasi dunia sehingga bisa mendasari sikap mahasiswa untuk bertoleransi, menghormati, dan rendah hati, dan karenanya, mahasiswa tidak akan mudah mengambil kesalahan (yang tidak pantas) bertindak dan memiliki intuisi yang untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan etika dan norma yang berlaku.
- Meningkatkan pengetahuan tentang etika dan moral yang berkaitan dengan etika bisnis dan profesi,
- Mengidentifikasi masalah etika dan moral dalam bisnis, serta standar etika dan moral
- Menerapkan kesadaran etis dalam pengambilan keputusan dan tindakan yang berarti untuk mengembangkan masyarakat dan profesi sekitarnya.
No. | AACSB Learning Goals |
Concerns ***=High **=Medium *=Low |
LG1 | Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner | ** |
LG2 | Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action | ** |
LG3 | Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions | *** |
LG4 | Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas | *** |
LG5 | Students demonstrate the ability to be a strategic business leader | ** |
BUKU TEKS UTAMA
- Velasquez, M.G. (2014). Business Ethics: Concepts and Cases, 7th Prentice Hall. (V)
- Fritzsche, D.J. (2004). Business Ethics: A Global and Managerial Perspective, 2nd McGraw-Hill, Boston. (F)
BUKU TEKS PENDUKUNG
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.
METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning -SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal.Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.
METODA PENILAIAN
Ujian Tengah Semester | 25% |
Ujian Akhir Semester | 25% |
Partisipasi dan Diskusi | 30% |
Tugas (Makalah, Kuis, dll) | 20% |
MATERI KULIAH
Mata kuliah Business Ethics dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.
Sesi | Topik | Sumber Bacaan |
1 | Syllabus, class management, and Introduction to business ethics | |
2 | Ethics and Business | V (Ch. 1) |
3 | Ethical principles in business | V (Ch. 2) |
4 | The Business System and Corporate Ethical | V (Ch. 3) |
5 | Ethics in the Marketplace | V (Ch. 4) |
6 | Ethics and the Environment | V (Ch. 5) |
7 | Ethics of Consumer, Production, Marketing | V (Ch. 6) |
Ujian Tengah Semester | ||
8 | The Ethics of Job Discrimination | V (Ch. 7) |
9 | Ethics and the Employee | V 2012 : Ch. 8 |
10 | Good Corporate Governance | Modul |
11 | Corporate Social Responsibility | Modul |
12 | Case Discussion | F |
13 | Case Discussion | F |
14 | Case Discussion | F |
Ujian Akhir Semester |