Leadership Communication
Mata kuliah ini adalah panduan bagi mahasiswa sebagai pemimpin saat ini dan di masa depan dalam mengembangkan kemampuan komunikasi yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin transformasional. Para pemimpin transformasional adalah pemimpin yang memiliki kualitas seperti mampu mempengaruhi ke arah positif, memotivasi dan menginspirasi, menstimulasi intelektual, dan memberi perhatian secara individual. Para pemimpin ini memerlukan keterampilan komunikasi inti yang baik seperti menganalisis audiens, mengembangkan strategi komunikasi, berbicara, menulis, menggunakan dan menampilkan kecerdasan emosional, dan berinteraksi dan berkomunikasi dengan beragam audiens. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan para mahasiswa pandangan yang komprehensif tentang komunikasi, ruang lingkup dan pentingnya komunikasi dalam bisnis, program komunikasi internal yang efektif, serta peran komunikasi dalam membangun situasi yang menguntungkan di luar lingkungan perusahaan.
Mata kuliah ini mencakup berbagai jenis media komunikasi bisnis dan penggunaannya dalam negosiasi, serta mengembangkan kesadaran tentang pentingnya ekspresi tertulis yang ringkas untuk komunikasi bisnis modern. Hal ini juga mencakup kebutuhan kelompok dan kemampuan komunikasi organisasi seperti mengelola tim global, melakukan pertemuan yang produktif, memimpin dan bekerja dengan sukses dalam konteks organisasi, menciptakan dan mengkomunikasikan visi, menginisiasi perubahan, dan membina hubungan eksternal yang baik.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:
- Menunjukkan pemahaman tentang dasar-dasar komunikasi antarbudaya, hukum dan isu-isu etis yang dihadapi komunikator bisnis dan negosiator terutama di lingkungan organisasi maupun tim global,
- Menunjukkan kompetensi dalam dasar-dasar komunikasi bisnis seperti menulis, pelaporan, penelitian serta laporan informal sebagai pemimpin transformasional saat ini dan di masa depan,
- Menunjukkan kompetensi dalamberkomunikasi secara lisan dan interpersonal termasuk dalam komunikasi-kelompok kecil, presentasi publik, dan penggunaan media sosial,
- Menggunakan teknologi dalam konteks komunikasi bisnis secara profesional,
- Menggunakan metoda komunikasi yang baik dalam konteks organisasi secara internal dan eksternal (termasuk kepada para pemangku kepentingan yang terkait).
No. | AACSB Learning Goals |
Concerns ***=High **=Medium *=Low |
LG1 | Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner | *** |
LG2 | Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action | ** |
LG3 | Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions | ** |
LG4 | Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas | ** |
LG5 | Students demonstrate the ability to be a strategic business leader | ** |
BUKU TEKS UTAMA
- Barrett, D.J. (2014). Leadership Communication, 4th Mc Graw Hill International Edition. (B)
- Locker, K., dan Kaczmarek, S. (2012). Business Communication, 6th Mc Graw Hill. (LK)
BUKU TEKS PENDUKUNG
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.
METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning -SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.
METODA PENILAIAN
|
MATERI KULIAH
Mata kuliah Leadership Communication dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.
Sesi | Topik | Bahan Bacaan |
1 | Leadership Communication | B Ch.1, LK Ch. 1 |
2 | Leadership Communication Purpose, Strategy, and Structure | B Ch.2 LK Ch. 2 |
3 | The Language of Leaders and the Use of Social Media | B (Ch.3, Ch.4) LK (Ch. 10, 11, 12) |
4 | Leadership Documents | B Ch.5 LK (Ch. 9, 13) |
5 | Leadership Presentations | B (Ch.6, Ch.7) LK (Ch. 5, Ch. 20) |
6 | Emotional Intelligence and Interpersonal Skills for Leaders | B Ch.8 LK Ch. 17 |
7 | Diversity and Intercultural Communication | B Ch.9; LK Ch. 3 |
Ujian Tengah Semester | ||
8 | High-Performing Team Leadership | B Ch.10 LK Ch. 18 |
9 | Leadership and Productivity | B Ch.11 |
10 | Leadership Communication in an Organizational Context | B Ch.12 |
11 | Transformational Leadership Through Effective Internal Communication | B Ch.13 |
12 | Transformational Leadership Through Effective External Communication | B Ch.14 |
13 | Group Project Presentation and discussion | |
14 | Group Project Presentation and discussion | |
Ujian Akhir Semester |