Strategic Management
Mata kuliah manajemen strategik dimaksudkan untuk menjadi mata kuliah yang menantang, menuntut, dan menarik secara keseluruhan di dalam kurikulum pendidikan manajemen. Mata kuliah Ini adalah mata kuliah pertama dan mendasar dari ilmu ’’strategi” dan ’’formulasi mengelola strategi dan proses implementasi,” terutama dalam usaha mengembangkan perusahaan melalui pengembangan berkelanjutan. Sebagai “gambaran besar”, mata kuliah ini juga dirancang untuk membantu mahasiswa dalam mengintegrasikan banyak pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dalam kurikulum inti manajemen. Masalah atau isu-isu formulasi strategi, formasi dan eksekusi mencakup seluruh spektrum bisnis dan manajemen. Tujuan utamanya adalah untuk mempertajam kemampuan mahasiswa untuk berpikir secara strategik, untuk membuat keputusan strategik, dan untuk menimbang hal-hal dari perspektif perusahaan secara menyeluruh. Hal ini berarti secara sistematis mata kuliah ini akan mengekspos mahasiswa untuk memahami kerasnya persaingan industri dan dapat menganalisis kompetisi, dengan karakteristik lingkungan pasar global, dengan hubungan penting antara strategi kompetitif dan isu-isu pengembangan berkelanjutan sebagai bahan penting dari langkah dan rencana strategik perusahaan, dan tugas manajerial yang bervariasi yang berkaitan dengan penerapan dan pelaksanaan strategi yang dipilih oleh perusahaan.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:
- Mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir secara strategik tentang sebuah perusahaan, posisi bisnis, dan bagaimana hal itu dapat memberi keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dan pengembangan berkelanjutan untuk perusahaan.
- Membangun keterampilan mahasiswa dalam melakukan analisis strategik dalam berbagai industri dan situasi kompetitif.
- Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk mengelola proses organisasi dimana strategi dapat dirumuskan, dibentuk, dan dilaksanakan atau dieksekusi.
- Mengintegrasikan dan mensintesis pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari dalam mata kuliah sebelumnya (pemasaran, keuangan, operasi, sumber daya manusia, dan perilaku organisasi).
- Mengintegrasikan isu-isu lingkungan dan sosial ke dalam proses manajemen strategik.
- Mengembangkan kekuatan mahasiswa dalam penilaian manajerial, membantu mahasiswa menjadi akrab dengan masalah manajemen puncak, dan membekali mahasiswa dengan pemahaman yang kuat dari tantangan kompetitif lingkungan bisnis global, aktivitas pemangku kepentingan dan tekanan pada pengembangan berkelanjutan.
- Menerapkan teori dan teknik manajemen strategik untuk situasi bisnis yang sebenarnya dengan memanfaatkan metoda kasus.
No. | AACSB Learning Goals |
Concerns ***=High **=Medium *=Low |
LG1 | Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner | ** |
LG2 | Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action | *** |
LG3 | Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions | ** |
LG4 | Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas | *** |
LG5 | Students demonstrate the ability to be a strategic business leader | *** |
BUKU TEKS UTAMA
Thompson, Jr.,A.A., Peteraf, M.A., Gamble, J.E., dan Strickland III, A. J. (2016). Crafting and executing strategy-The quest for competitive advantage: Concepts and cases, 20th Edition. McGraw-Hill, New York, NY. (TPGS)
BUKU TEKS PENDUKUNG
Porter, M.E. (1980). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. The Free Press, New York. (PM)
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.
METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning -SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.
METODA PENILAIAN
|
MATERI KULIAH
Mata kuliah Strategic Management dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.
Sesi | Topik | Bahan Bacaan |
1 | Introduction to strategic management · Course overview · The concept of strategy · Strategic management process |
TPGS Bab 1 |
2 | Charting a company’s direction · Developing a strategic vision: Mission, vision and values · Setting goals and objectives · Crafting a strategy · Case #1: Whole Foods Market in 2014: Vision, Core Values, and Strategy |
TPGS Bab 2 TPGS Kasus 3 |
3 | External environment analysis · Analyzing political, economic, social-cultural, technological, and ecological environments · Industry Analysis: Porter’s (1980) Five Forces, industry value-chain, and strategic groups · Competitive analysis · SWOT Analysis: Identifying opportunities and threats · Identifying key success factors (KSFs) · Case #2: Competition in Energy Drinks, Sports Drink, and Vitamin-Enhanced Beverages |
TPGS Bab 3 PM: 1, 3, 4, 7, 8 Kasus akan didistribusikan kemudian. |
4 | Internal analysis · SWOT analysis: Identifying strengths and weaknesses · Competitive advantage and core competence concepts – Resource-based view (RBV) · Assessing resources and capabilities as sources of competitive advantage – applying value-chain analysis and VRIO approach · Case #3: Coach Inc. in 2012: Its Strategy in the “Accessible” Luxury Goods Market? |
TPGS Bab 4 PM: 2, 5, 6 Kasus akan didistribusikan kemudian. |
5 | Business-Level Strategy · Formulating business strategy · Porter’s generic strategies · Beyond competitive strategy · Case #4: Apple Inc. In 2012: Can it Sustain its Growth and defend against New Competitive Threats? |
TPGS Bab 5 Kasus akan didistribusikan kemudian. |
6 | Strengthening a company’s competitive position · Strategic moves, timing, and scope of operations to improve a company’s competitive position · Competitive strategies in the fragmented industry · Competitive strategies and industry evolution · Case #5: Sony Music Entertainment and the Evolution of the Music Industry |
TPGS Bab 6 TPGS Kasus 12 |
7 | Strategies for competing in foreign markets · Multi-domestic strategy · Global strategy · Case #6: 7-Eleven in Taiwan: Adaptation of Convinience Stores to New Market Environments |
TPGS Bab 7; PM: 13 Kasus akan didistribusikan kemudian. |
Ujian Tengah Semester | TPGS Bab 1-7 | |
8 | Corporate-level strategy · Formulating corporate strategies – diversification · The concepts of corporate advantage and parenting advantage · Analyzing the strategies of diversified companies – applying growth-share matrices |
TPGS Bab 8 PM: 14, 15, 16 |
9 | Corporate-level strategy (cont…) · Case #7: PepsiCo’s Diversification Strategy in 2014 |
TPGS Kasus 21 |
10 | Corporate-level strategy (cont…) · Case #8: The Walt Disney Company: Its Diversification Strategy in 2014 |
TPGS Kasus22 |
11 | Strategy, Ethics, Social Responsibility, and Environmental Sustainability · Linking strategy with ethics, corporate social responsibility and environmental sustainability · Case #9: Samsung’s Environmental Responsibility: Striking the Right Note for Corporate Survival |
TPGS Bab 9 TPGS Kasus 31 |
12 | Strategy implementation · Creating fits between strategy and organizational factors: The 7S framework · Building organizational capabilities · The “8S integrated” approach – the 7S + Sustainability · Case #10: Starbucks in 2012: Evolving into a Dynamic Global Organization |
TPGS Bab 10 Kasus akan didistribusikan kemudian. |
13 | Strategy implementation (cont…) · Managing internal operations · Case discussion #11: Toyota Motor Company: Losing Its Quality Edge? |
TPGS Bab 12 Kasus akan didistribusikan kemudian. |
14 | Strategic evaluation and control · Corporate culture and leadership · Case #12: Southwest Airlines in 2014: Culture, Values, and Operating Practices |
TPGS Kasus 25 |
Ujian Akhir Semester | TPGS Bab 8-12 |