BUSINESS RESEARCH METHODS


DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk belajar penelitian bisnis menggunakan metoda kualitatif dan kuantitatif. Penelitian bisnis digunakan oleh organisasi bisnis, konsultan, dan pembuat keputusan bisnis karena mereka berusaha untuk secara sistematis memahami fenomena bisnis berdasarkan pengalaman, pengamatan, dan eksperimen. Penelitian tersebut dilakukan untuk menjawab pertanyaan penelitian untuk tipe analisis Kasus, pengujian teori dan rencana bisnis. Mata kuliah ini mencakup empat topik yang luas: konsep dan teori penelitian bisnis, desain penelitian, pengumpulan data, dan analisis data. Mahasiswa mendapatkan eksposur terkait topik – topik terkini dari penelitian bisnis pada setiap konsentrasi. Mata kuliah ini memberikan kesempatan untuk belajar secara langsug dalam semua aspek melalui perkuliahann di dalam kelas, praktik di lab komputer, tugas di luar kelas, dan pendekatan analisis kasus sehingga mahasiswa bisa mendapatkan wawasan tentang topik-topik terbaru untuk dijadikan dasar terhadap tesis mereka.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Menyusun proposal penelitian yang baik berdasarkan bidang konsentrasi;
  2. Mengidentifikasi celah penelitian dan memformulasikannya dalam rumusan masalah;
  3. Merumuskan pertanyaan penelitian dan menyajikan kerangka atau model peneitian;
  4. Mendesain penelitian bisnis yang memberikan kontribusi praktik dan atau teoritik;
  5. Mengumpulkan data menggunakan berbagai metoda;
  6. Menganalisis data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan aplikasi komputer yang sesuai;
  7. Menyajikan hasil penelitian menginterpretasikannya serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil penelitian.

 BUKU TEKS UTAMA
Cooper, D.R. dan Schindler, P.S. (2014). Business Research Methods, 12th Edition. McGraw-Hill/Irwin, New York, NY. (CS)

BUKU TEKS PENDUKUNG
Neumann, W.L. (2006). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, 6th Edition. Pearson Education, Inc. (N)
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.

METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.

METODA PENILAIAN

  1. Ujian Tengah Semester 30%
  2. Ujian Akhir Semester 30%
  3. Presentasi, Diskusi, dan Partisipasi 25%
  4. Tugas dan Kuis 15%

 MATERI KULIAH
Mata kuliah Business Research Methods dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif. 

Sesi Topik Sumber Bacaan
Sesi 1 a.       Sources of knowledge and style of thinking
b.      Approach to social science
c.       Dimensions and Major Type of Research
CS: 3, 6
Sesi 2 a.       Aspects of Theory
b.      Forms of Explanation
c.       Defining Problems
d.      Theoretical framework
CS: 3, 5
Sesi 3 a.       Quantitative vs. Qualitative Research
b.      Quantitative measurement: conceptualization and operationalization
c.       Inductive and deductive measurement process
d.      Formative and reflective indicator measurement models
CS: 7, 11, 12
Sesi 4 a.       Validity and reliability of measure
b.      Commonly used scales
CS: 11, 12
Sesi 5 a.       Unit of Analysis
b.      Sampling: accuracy and precision
c.       Sampling: Probability and non-probability
CS: 14
Sesi 6 a.       Basic evidence of causality
b.      Experiment vs. Ex-post facto
c.       Experimental design
CS: 9
Sesi 7 a.       The logic of survey research
b.      Steps in the process of survey research
c.       Constructing the questionnaire
CS: 10, 13
Ujian Tengah Semester
Sesi 8 a.       Observation Studies
b.      Unobtrusive measures
c.       Content analysis
d.      Existing Statistics and secondary analysis
CS: 8
Sesi 10 a.       Case Study
b.      Hypothesis testing
c.       Data analysis, research findings, conclusions, and recommendations
CS: 7, 17, 18, 19, 20
Sesi 11 Presentasi proposal penelitian dan diskusi
Sesi 12 Presentasi proposal penelitian dan diskusi
Sesi 13 Presentasi proposal penelitian dan diskusi
Sesi 14 Presentasi proposal penelitian dan diskusi
Ujian Akhir Semester

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388 | Hotline: 0811-282-3806
JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1844-9088