GENERAL BUSINESS ENVIRONMENT


DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini didesain untuk mendiskusikan deskripsi, analisis dan sintesis dari faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi kinerja organisasi bisnis. Faktor-faktor tersebut dibahas dalam rerangka strategik untuk memfasilitasi respon organisasi terhadap kompleksitas dan dinamika lingkungan.

Keterkaitan antara faktor-faktor lingkungan, kekuatan industri dan bisnis menjadi sorotan utama agar mahasiswa memiliki perspektif yang lebih lebar dan visi masa depan yang lebih tajam. Mahasiswa dilatih untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor kunci lingkungan, mengantisipasi tren dan arah lingkungan tersebut, memahami keterkaitan yang kompleks dan dinamis antar lingkungan, serta mengantisipasi peluang dan tantangan bisnis sebagai dampak dari perubahan lingkungan.

Mata kuliah ini akan mengeksplorasi 9 lingkungan yaitu ekonomi, hukum bisnis Indonesia, hukum bisnis Internasional, demografi, sosial budaya, politik (nasional dan internasional), teknologi, natural dan pemerintahan. Karena mata kuliah ini bersifat multidisipliner, maka mahasiswa dan dosen diharapkan memiliki orientasi visioner dan berwawasan luas dan terbuka. Setiap topik didiskusikan dalam perspektif visioner seorang CEO (Chief Executive Officer).

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah menyelesaikan mata kuliah General Business Environment, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mendeskripsikan dan menjelaskan konsep-konsep dasar tentang interaksi antara bisnis dengan lingkungannya.
  2. Mengidentifikasi faktor-faktor penting lingkungan yang berinteraksi dengan organisasi bisnis, menganalisis pola dan tren dari faktor-faktor beserta interaksinya, mentranslasikan pola dan tren tersebut sebagai suatu kesempatan dan tantangan bagi organisasi.
  3. Menganalisis bagaimana faktor-faktor lingkungan mempengaruhi keputusan bisnis dan memahami berbagai implikasi bisnis sebagai dampak dari perubahan lingkungan.
  4. Mengembangkan dan memformulasikan strategi bisnis yang lebih baik.
  5. Menyiapkan mahasiswa agar memiliki perspektif yang lebih lebar, lebih visioner dan lebih sadar terhadap lingkungan sehingga memiliki kebijakan dan putusan manajerial yang lebih baik.
No. AACSB Learning Goals

Concerns

***=High **=Medium *=Low

LG1 Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner **
LG2 Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action ***
LG3 Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions **
LG4 Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas ***
LG5 Students demonstrate the ability to be a strategic business leader ***

BUKU TEKS UTAMA

Materi pembelajaran dikompilasi dalam dokumen yang terdiri dari bahan bacaan dan studi kasus tiap topik. Mahasiswa sangat didorong untuk mengeksplorasi bahan bacaan sebagai pendukung untuk setiap topik.

METODA PEMBELAJARAN

Pembelajaran dilaksanakan dengan mengkombinasikan perkuliahan, diskusi interaktif, dan penugasan studi kasus dengan isu-isu terkini yang relevan bagi mahasiswa. Setiap sesi perkuliahan terdiri dari diskusi materi pembelajaran dan diskusi interaktif tentang situasi nyata dunia bisnis, serta pembahasan studi kasus yang terkait.

METODE PENILAIAN

Kehadiran dan Partisipasi: mahasiswa diharapkan hadir 100% dalam semua sesi perkuliahan dan jika kehadiran kurang dari 75% maka mahasiswa tidak diperkenankan mengumpulkan tugas akhir. Mahasiswa wajib menyelesaikan semua tugas dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan dan diskusi kelas. Penilaian untuk setiap topik didasarkan pada partisipasi dan kontribusi setiap mahasiswa dalam perkuliahan dan diskusi kelas.

Tugas Akhir/Makalah: setiap mahasiswa wajib menyelesaikan dan mengumpulkan makalah sebagai tugas akhir dengan menganalisis faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi suatu organisasi bisnis. Sebaiknya mahasiswa memilih industri tertentu lalu memfokuskan analisisnya pada dampak setiap lingkungan terhadap industri dan suatu perusahaan tertentu.

Gaya penulisan makalah mengikuti ketentuan yang diatur oleh Gadjah Mada International Journal of Business. Mahasiswa dilarang keras melakukan tindakan plagiarisma dan semua pelanggaran atau ketidakjujuran akademik. Maka sumber acuan dan referensi harus ditampilkan dengan lengkap dan cermat. Makalah dievaluasi berdasarkan 3 kriteria yaitu kualitas isi (kualitas riset dan analisis, kemanfaatan isi dan kekinian serta kesahihan informasi), kejelasan penyajian (penyajian tabel, gambar secara cermat dan tata bahasa yang baik), dan pengorganisasian makalah. Makalah sebaiknya dilengkapi dengan 1 lembar ringkasan eksekutif di bagian awal. Rancangan makalah dipresentasikan dalam sesi 11-14 sesuai pengaturan oleh Dosen Koordinator GBE. Selama presentasi, rancangan makalah memperoleh saran dan kritik dari dosen dan mahasiswa untuk penyempurnaan. Makalah final dikumpulkan sesuai jadwal yang ditetapkan oleh bagian akademik.

Komponen Evaluasi:

a. Partisipasi untuk 9 topik @5% 45%
b. Presentasi makalah akhir 15%
c. Tugas akhir berupa makalah 40%

MATERI KULIAH

Mata kuliah General Business Environment dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan @180 menit untuk kelas eksekutif.

Sesi Topik Bahan Bacaan
1 Penjelasan mata kuliah
2 Ekonomika Pembangunan dan Regional Modul
3 Kebijakan Moneter dan Fiskal Modul
4 Kebijakan Industri dan Sektoral Modul
5 Lingkungan Demografi Modul
6 Lingkungan Sosial dan Budaya Modul
7 Lingkungan Politik Domestik dan Internasional Modul
8 Lingkungan Teknologi Modul
9 Lingkungan Alami (natural) Modul
10 Lingkungan Pemerintahan Modul
11 Presentasi dan Diskusi Makalah Akhir
12 Presentasi dan Diskusi Makalah Akhir
13 Presentasi dan Diskusi Makalah Akhir
14 Presentasi dan Diskusi Makalah Akhir
 

LINGKUNGAN KUNCI BISNIS DI INDONESIA
Suatu keniscayaan bagi pemimpin bisnis saat ini untuk secara terus menerus dengan sungguh-sungguh memahami dan menyesuaikan diri dengan dinamika perubahan lingkungan yang berdampak pada strategi dan operasi organisasi bisnis.

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962

JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1686-0011