Research Methods in Concentration
Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk belajar penelitian bisnis menggunakan metoda kualitatif dan kuantitatif. Penelitian bisnis digunakan oleh organisasi bisnis, konsultan, dan pembuat keputusan bisnis karena mereka berusaha untuk secara sistematis memahami fenomena bisnis berdasarkan pengalaman, pengamatan, dan eksperimen. Penelitian tersebut dilakukan untuk menjawab pertanyaan penelitian untuk tipe analisis Kasus, pengujian teori dan rencana bisnis. Mata kuliah ini mencangkup empat topik yang luas: konsep dan teori penelitan bisnis, desain penelitian, pengumpulan data, dan analisis data. Mahasiswa mendapatkan eksposur terkait topik-topik terkini dari penilitan bisnis pada setiap konsentrasi. Mata kuliah ini memberikan kesempatan untuk belajar secara langsung dalam semua aspek melalui perkuliahan di dalam kelas, praktik di lab komputer, tugas di luar kelas, dan pendekatan analisis kasus sehingga mahawasiswa bisa mendapatkan wawasan tentang topik-topik terbaru untuk dijadikan dasar terhadap tesis mereka.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:
- Menyusun proposal penelitian yang baik berdasarkan bidang konsentrasi;
- Mengidentifikasi celah penelitian dan memformulasikannya dalam rumusan masalah;
- Merumuskan pertanyaan penelitian dan menyajikan kerangka atau model penelitian;
- Mendesain penelitian bisnis yang memberikan kontribusi praktik dan atau teoritik;
- Mengumpulkan data menggunakan berbagai metoda;
- Menganalisis data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan aplikasi komputer yang sesuai;
- Menyajikan hasil penelitian menginterpretasikannya serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil penelitian.
No. | AACSB Learning Goals |
Concerns ***=High **=Medium *=Low |
LG1 | Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner | *** |
LG2 | Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action | ** |
LG3 | Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions | ** |
LG4 | Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas | *** |
LG5 | Students demonstrate the ability to be a strategic business leader | ** |
BUKU TEKS UTAMA
Schindler, P.S. (2019). Business Research Methods, 13th Edition. McGraw-Hill/Irwin, New York, NY. (CS) BUKU TEKS PENDUKUNG
Neumann, W.L. (2006). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, 6th Edition. Pearson Education, Inc. (N)
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.
METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuiah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan meraka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.
METODA PENILAIAN
|
MATERI KULIAH
Mata kuliah Research Methods in Concentration dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.
Sesi | Topik | Bahan Bacaan |
1 | a. Sources of knowledge and style of thinking b. Approach to social science c. Dimensions and Major Type of Research |
S: 3,6 |
2 | a. Aspects of Teory b. Forms of Explanation c. Defining Problems d. Theoritical framework |
CS: 3,5 |
3 | a. Quantitative vs. Qualitative Research b. Quantitative measurement: conceptualization and operationalization c. Inductive and deductive measurement process d. Formative and reflective indicator measurement models |
CS: 7,11, 12 |
4 | a. Validity and reliability of measure b. Commonly used scales |
CS: 11, 12 |
5 | a. Unit of Analysis b. Sampling: accuracy and precision c. Sampling: Probability and non-probability |
CS: 14 |
6. | a. Basic evidence of causality b. Experiment vs. Ex-post facto c. Experimental design |
CS: 9 |
7. | a. The logic of survey research b. Steps in the process of survey research c. Constructing the questionnaire |
CS: 10, 13 |
Ujian Tengah Semester | ||
8. | • Observation Studies • Unobtrusive measure • Content analysis • Existing Statistics and secondary analysis |
CS: 8 |
9. | • Case Study • Hypothesis testing • Data analysis, research fingdings, conclusions, and recommendations |
CS: 7, 17, 18, 19, 20 |
10. | Presentasi proposal penelitian dan diskusi | |
11. | Presentasi proposal penelitian dan diskusi | |
12. | Presentasi proposal penelitian dan diskusi | |
13. | Presentasi proposal penelitian dan diskusi | |
14. | Presentasi proposal penelitian dan diskusi | |
Ujian Akhir Semester |