GENERAL BUSINESS ENVIRONMENT


DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini didesain untuk mendiskusikan deskripsi, analisis dan sintesis dari faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi kinerja organisasi bisnis. Faktor-faktor tersebut dibahas dalam rerangka strategik untuk memfasilitasi respon organisasi terhadap kompleksitas dan dinamika lingkungan. Keterkaitan antara faktor-faktor lingkungan, kekuatan industri dan bisnis menjadi sorotan utama agar mahasiswa memiliki perspektif yang lebih lebar dan visi masa depan yang lebih tajam. Mahasiswa dilatih untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor kunci lingkungan, mengantisipasi tren dan arah lingkungan tersebut, memahami keterkaitan yang kompleks dan dinamis antar lingkungan, serta mengantisipasi peluang dan tantangan bisnis sebagai dampak dari perubahan lingkungan.

Mata kuliah ini mengeksplorasi 9 lingkungan yaitu ekonomi, demografi, sosial budaya, politik (domestik dan internasional), teknologi, natural dan pemerintahan. Faktor hukum dan etika sebagai komponen penting dalam lingkungan bisnis tentu saja juga didiskusikan, namun dalam mata kuliah yang berbeda.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah General Business Environment, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mendeskripsikan dan menjelaskan konsep-konsep dasar tentang interaksi antara bisnis dengan lingkungannya.
  2. Mengidentifikasi faktor-faktor penting lingkungan yang berinteraksi dengan organisasi bisnis, menganalisis pola dan tren dari faktor-faktor dan interaksinya dan mentranslasikan pola dan tren tersebut sebagai suatu kesempatan dan tantangan bagi organisasi.
  3. Menganalisis bagaimana faktor-faktor lingkungan mempengaruhi keputusan bisnis dan memahami berbagai implikasi bisnis sebagai dampak dari perubahan lingkungan.
  4. Mengembangkan dan memformulasikan strategi bisnis yang lebih baik.
  5. Menyiapkan mahasiswa agar memiliki perspektif yang lebih lebar, lebih visioner dan lebih sadar terhadap lingkungan sehingga memiliki kebijakan dan putusan manajerial yang lebih baik.

BUKU TEKS UTAMA
Materi pembelajaran dikompilasi dalam dokumen yang terdiri dari bahan bacaan dan studi kasus tiap topik. Mahasiswa sangat didorong untuk mengeksplorasi bahan bacaan sebagai pendukung untuk setiap topik.

METODA PEMBELAJARAN
Pembelajaran dilaksanakan dengan mengkombinasikan perkuliahan, diskusi interaktif, dan penugasan studi kasus dengan isu-isu terkini yang relevan bagi mahasiswa. Setiap sesi perkuliahan terdiri dari diskusi materi pembelajaran dan diskusi interaktif tentang situasi nyata dunia bisnis, serta pembahasan studi kasus yang terkait. Karena mata kuliah ini bersifat multidisipliner, maka mahasiswa dan dosen diharapkan memiliki orientasi visioner dan berwawasan luas dan terbuka. Setiap topik didiskusikan dalam perspektif visioner seorang CEO (Chief Executive Officer).

METODA PENILAIAN

  • Kehadiran dan Partisipasi: mahasiswa diharapkan hadir 100% dalam semua sesi perkuliahan, menyelesaikan semua tugas dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan dan diskusi kelas. Penilaian untuk setiap topik didasarkan pada kontribusi setiap mahasiswa dalam perkuliahan dan diskusi kelas.
  • Tugas Akhir/Makalah: setiap mahasiswa wajib menyelesaikan dan mengumpulkan makalah sebagai tugas akhir dengan menganalisis faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi suatu organisasi bisnis. Sebaiknya mahasiswa memilih industri tertentu lalu memfokuskan analisisnya pada dampak setiap lingkungan terhadap industri dan suatu perusahaan tertentu.

Gaya penulisan makalah mengikuti ketentuan yang diatur oleh Gadjah Mada International Journal of Business. Mahasiswa dilarang keras melakukan tindakan plagiarisma dan semua pelanggaran atau ketidakjujuran akademik. Maka sumber acuan dan referensi harus ditampilkan dengan lengkap dan cermat. Makalah dievaluasi berdasarkan 3 kriteria yaitu kualitas isi (kualitas riset dan analisis, kemanfaatan isi dan kekinian serta kesahihan informasi), kejelasan penyajian (penyajian tabel, gambar secara cermat dan tata bahasa yang baik), dan pengorganisasian makalah. Maka sebaiknya makalah dilengkapi dengan 1 lembar ringkasan eksekutif di bagian awal. Rancangan makalah dipresentasikan dalam sesi 11-14 sesuai pengaturan oleh Dosen Koordinator GBE. Selama presentasi, rancangan makalah memperoleh saran dan kritik dari dosen dan mahasiswa untuk penyempurnaan. Makalah final dikumpulkan sesuai jadwal yang ditetapkan oleh bagian akademik.

  • Komponen Evaluasi:
  1. Partisipasi untuk 9 topik @5% 45%
  2. Presentasi makalah akhir 15%
  3. Tugas akhir berupa makalah 40%

MATERI KULIAH
Mata kuliah Financial Management dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan @180 menit untuk kelas eksekutif.

Sesi Topik Bahan Bacaan
1 Penjelasan mata kuliah
2 Ekonomika Pembangunan dan Regional Modul
3 Kebijakan Moneter dan Fiskal Modul
4 Kebijakan Industri dan Sektoral Modul
5 Lingkungan Demografi Modul
6 Lingkungan Sosial dan Budaya Modul
7 Lingkungan Politik Domestik dan Internasional Modul
8 Lingkungan Teknologi Modul
9 Lingkungan Alami (natural) Modul
10 Lingkungan Pemerintahan Modul
11 Presentasi dan Diskusi Makalah Akhir
12 Presentasi dan Diskusi Makalah Akhir
13 Presentasi dan Diskusi Makalah Akhir
14 Presentasi dan Diskusi Makalah Akhir
 

LINGKUNGAN KUNCI BISNIS DI INDONESIA
Suatu keniscayaan bagi pemimpin bisnis saat ini untuk secara terus menerus dengan sungguh-sungguh memahami dan menyesuaikan diri dengan dinamika perubahan lingkungan yang berdampak pada strategi dan operasi organisasi bisnis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1 Lingkungan Kunci Bisnis di Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2 Pemindaian Tren dan Implikasi Lingkungan Bisnis Eksternal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3 Model Dasar Formulasi Strategi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 4 Kekuatan Lingkungan Sebagai Pendorong Perubahan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 5 Lingkungan Ekonomi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 6 Lingkungan Demografi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 7 Lingkungan Sosial Budaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 8 Lingkungan Politik Domestik dan Internasional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 9 Lingkungan Teknologi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 10 Lingkungan Alami (Natural)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 11 Lingkungan Pemerintahan

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388 | Hotline: 0811-282-3806
JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1844-9088