Consumer Behavior Analysis
DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah Consumer Behavior Analysis membahas tentang kerangka konseptual perilaku konsumen beserta elemen-elemen yang terkait, termasuk didalamnya penerapan berbagai disiplin ilmu, seperti psikologi, sosiologi, anthropologi, komunikasi, dan ekonomika mikro. Perilaku konsumen dalam hal ini mencakup perilaku dan pengambilan keputusan, baik dalam kaitannya dengan pembelian maupun penggunaan produk barang ataupun jasa. Perilaku konsumen pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal, seperti budaya, sub-budaya, dan kelompok referensi; maupun faktor internal konsumen sendiri seperti motivasi, persepsi, sikap, dan kepribadian yang dimiliki oleh tiap-tiap konsumen. Analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen tersebut sangat penting bagi pemasar untuk dapat mengembangkan strategi pemasaran yang tepat.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:
- Memahami berbagai konsep dan teori perilaku konsumen
- Memiliki wawasan yang luas dan mampu menjelaskan berbagai aspek yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan dan perilaku konsumen yang beragam.
- Memberikan insight dan kemampuan bagi mahasiswa untuk dapat menyikapi dan mengambil keputusan terkait perilaku perilaku konsumen
- Merumuskan strategi pemasaran dengan tepat dan beretika, seperti strategi terkait segmentasi pasar, pemosisian produk, serta komunikasi pemasaran.
No. | AACSB Learning Goals |
Concerns ***=High **=Medium *=Low |
LG1 | Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner | ** |
LG2 | Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action | *** |
LG3 | Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions | ** |
LG4 | Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas | *** |
LG5 | Students demonstrate the ability to be a strategic business leader | ** |
BUKU TEKS UTAMA
Hawkins, D.I., dan Mothersbaugh, D.L. (2013). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy, 12th Edition. McGraw-Hill Irwin, New York. (HM)
BUKU TEKS PENDUKUNG
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.
METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal.Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.
METODA PENILAIAN
|
MATERI KULIAH
Mata kuliah Consumer Behavior Analysis dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.
Sesi | Topik | Bahan Bacaan |
1 | Penjelasan silabus Consumer Behavior and Marketing Strategy |
HM Bab 1 |
2 | Cross-Cultural Variations in Consumer Behavior Diskusi #1 Privacy: A New Facet of American Culture? (SK, p389) How about Indonesian? (Group 1) |
HM Bab 2 |
3 | The Changing American (Indonesian) Society: Values | HM Bab 3 |
4 | The Changing American (Indonesian) Society: Demographics and Social Stratification Diskusi #2: Demographic characteristics of Indonesian population, its social class and their behaviour towards banking (Group 2) |
HM Bab 4 |
5 | The Changing American (Indonesian) Society: Subcultures The American (Indonesian) Society: Families and Households Explain about the classification of generation and its marketing implication Diskusi #3 (Group 4) |
HM Bab 5 HM Bab 6 |
6 | Group Influences on Consumer Behavior Consumer Insight Diskusi # 4: The influence of brand community to consumer behaviour |
HM Bab 7 |
7 | Perception Learning, Memory, and Product Positioning Consumer Insight Diskusi #5: Living in a DVR World (H, p. 275) |
HM Bab 8, Bab 9 |
Ujian Tengah Semester | ||
8 | Motivation, Personality, and Emotion | HM Bab 10 |
9 | Attitudes and Influencing Attitudes Diskusi#6: When consumers wait until the last minute to buy (H, p.364) |
HM Bab 11 |
10 | Self-Concept and Lifestyle Diskusi#7: Fans, Consumer Devotion, and the Extended Self (H, p 423) |
HM Bab 12 |
11 | Situational Influences Consumer Decision Process and Problem Recognition Diskusi#8: Does Shopping with others drive impulsive buying? (H, p 473) |
HM Bab 13 HM Bab 14 |
12 | Information Search Evaluation and Selection Diskusi#9: Lancome luxury skincare line for men get the axe: Ubersexuals and the changing male landscape (H, p 452) |
HM Bab 15, Bab 16, Alternatif |
13 | Outlet Selection and Purchase Post purchase Process, Customer Satisfaction, and Customer Commitment Diskusi#10: Netflix continuous to change the face of In-home Movies around the globe (H p. 648) |
HM Bab 17 HM Bab 18 |
14 | Organizational Buyer Behavior Marketing Regulation and Consumer Behavior |
HM Bab 19 HM Bab 20 |
Ujian Akhir Semester |