slide
slide
Prev
Next

Global Marketing


DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah Global Marketing didesain untuk membekali mahasiswa dengan teori dasar, strategi dan teknik menyampaikan dan menjalankan suatu praktik dan strategi pemasaran global yang mampu memberikan keunggulan kompetitif dan berkelanjutan bagi perusahaan. Mata kuliah ini membantu mahasiswa menjawab apa, mengapa, kapan, dimana dan bagaimana suatu pemasaran global.

Mata kuliah Global Marketing untuk mahasiswa program S2 MM membahas 4 pilar utama yaitu global marketing environments (ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum dan teknologi) dan global marketing strategies (segmentasi, targeting, posisioning, ekspansi, cara masuk dan kemitraan), global marketing tactics (produk dan jasa, harga, distribusi, iklan dan promosi) dan global marketing operations (pemasaran elektronik/terhubung, pengorganisasian, pemantauan dan kepemimpinan).

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memahami konsep, pendekaan dan teori dalam pemasaran global.
  2. Mengidentifikasi, mendeskripsikan komponen lingkungan makro dan mikro, serta menganalisis konsekuensinya pada strategi dan taktik pemasaran global.
  3. Mengambil keputusan-keputusan pemasaran global terhadap masalah yang dihadapi dengan menerapkan teori pemasaran global yang terkait.
  4. Mengevaluasi praktik, kegiatan dan strategi pemasaran global.
  5. Mendesain dan menyusun rencana pemasaran global yang unik, inovatif dan etis.
No. AACSB Learning Goals

Concerns

***=High **=Medium *=Low

LG1 Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner **
LG2 Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action ***
LG3 Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions **
LG4 Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas ***
LG5 Students demonstrate the ability to be a strategic business leader **

 BUKU TEKS UTAMA
Kotabe, M. dan Helsen, K. (2015). Global Marketing Management, 6th Edition. International Edition, John Wiley & Sons Asia Pte Ltd. (KH)

BUKU TEKS PENDUKUNG
Czinkota, M.R. dan Ronkainen, I.A. (2013). International Marketing, 10th Edition. International Edition, South-Western Cengage Learning, US. (CR)
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.

METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.

METODA PENILAIAN

a. Ujian Tengah Semester 25%
b. Presentasi Proposal 25%
c. Partisipasi dan Diskusi 30%
d. Tugas (Makalah, Kuis, dll) 20%

 MATERI KULIAH
Mata kuliah Global Marketing dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif. 

Sesi Topik Bahan Bacaan
1 Penjelasan Sylabi
Global Marketing Environment: Globalization
Surfing di webspace, identifikasilah praktek global marketing yang unik terkait dengan lingkungannya.
KH Bab 1

2

Global Marketing Environment: Economic & Financial environment
Diskusi Kasus: Starbucks in Asia
KH Bab 2-3
3 Global Marketing Environment: Cultural and Political environment
Kasus 1: Toyota Recall
KH Bab 4-5
4 Global Marketing Strategy: Marketing research
Kasus 2: Can Washlet Clean Up the Culture
KH Bab 6
5 Global Marketing Strategy: Segmentation and positioning
Kasus 3: Tata Motors
KH Bab 7
6 Global Marketing Strategy: Strategies
Kasus 4: Honda in Europe
KH Bab 8
7 Global Marketing Strategy: Market entry modes
Workshop 1: Presentasi berbagai contoh entry modes.
KH Bab 9
Ujian Tengah Semester
8 Global Marketing Tactic: Product
Kasus 5: Louis Vuitton in Japan
KH Bab 10
9 Global Marketing Tactic: Pricing
Kasus 6: Red Bull
KH Bab 11
10 Global Marketing Tactic: Place
Kasus 7: Danone in US
KH Bab 14
11 Global Marketing Tactic: Promotion
Kasus 8: Benetton
KH Bab 12
12 Global Marketing Operation: Planning and organizing
Kasus 9: H&M and Human Right
KH Bab 16
13 Global Marketing Operation: Emerging markets
Kasus 10: Lenovo in Brazil
KH Bab 17
14 Global Marketing Operation: Internet Issues
Workshop 2: Presentasi makalah akhir.
KH Bab 18
Ujian Akhir Semester

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962 | 0811-283-7919
Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388


JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan
Hotline: 0813-1686-0011
Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 |