Global Marketing
DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah Global Marketing didesain untuk membekali mahasiswa dengan teori dasar, strategi dan teknik menyampaikan dan menjalankan suatu praktik dan strategi pemasaran global yang mampu memberikan keunggulan kompetitif dan berkelanjutan bagi perusahaan. Mata kuliah ini membantu mahasiswa menjawab apa, mengapa, kapan, dimana dan bagaimana suatu pemasaran global.
Mata kuliah Global Marketing untuk mahasiswa program S2 MM membahas 4 pilar utama yaitu global marketing environments (ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum dan teknologi) dan global marketing strategies (segmentasi, targeting, posisioning, ekspansi, cara masuk dan kemitraan), global marketing tactics (produk dan jasa, harga, distribusi, iklan dan promosi) dan global marketing operations (pemasaran elektronik/terhubung, pengorganisasian, pemantauan dan kepemimpinan).
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:
- Memahami konsep, pendekaan dan teori dalam pemasaran global.
- Mengidentifikasi, mendeskripsikan komponen lingkungan makro dan mikro, serta menganalisis konsekuensinya pada strategi dan taktik pemasaran global.
- Mengambil keputusan-keputusan pemasaran global terhadap masalah yang dihadapi dengan menerapkan teori pemasaran global yang terkait.
- Mengevaluasi praktik, kegiatan dan strategi pemasaran global.
- Mendesain dan menyusun rencana pemasaran global yang unik, inovatif dan etis.
No. | AACSB Learning Goals |
Concerns ***=High **=Medium *=Low |
LG1 | Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner | ** |
LG2 | Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action | *** |
LG3 | Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions | ** |
LG4 | Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas | *** |
LG5 | Students demonstrate the ability to be a strategic business leader | ** |
BUKU TEKS UTAMA
Kotabe, M. dan Helsen, K. (2015). Global Marketing Management, 6th Edition. International Edition, John Wiley & Sons Asia Pte Ltd. (KH)
BUKU TEKS PENDUKUNG
Czinkota, M.R. dan Ronkainen, I.A. (2013). International Marketing, 10th Edition. International Edition, South-Western Cengage Learning, US. (CR)
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.
METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.
METODA PENILAIAN
|
MATERI KULIAH
Mata kuliah Global Marketing dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.
Sesi | Topik | Bahan Bacaan |
1 | Penjelasan Sylabi Global Marketing Environment: Globalization Surfing di webspace, identifikasilah praktek global marketing yang unik terkait dengan lingkungannya. |
KH Bab 1 |
2
|
Global Marketing Environment: Economic & Financial environment Diskusi Kasus: Starbucks in Asia |
KH Bab 2-3 |
3 | Global Marketing Environment: Cultural and Political environment Kasus 1: Toyota Recall |
KH Bab 4-5 |
4 | Global Marketing Strategy: Marketing research Kasus 2: Can Washlet Clean Up the Culture |
KH Bab 6 |
5 | Global Marketing Strategy: Segmentation and positioning Kasus 3: Tata Motors |
KH Bab 7 |
6 | Global Marketing Strategy: Strategies Kasus 4: Honda in Europe |
KH Bab 8 |
7 | Global Marketing Strategy: Market entry modes Workshop 1: Presentasi berbagai contoh entry modes. |
KH Bab 9 |
Ujian Tengah Semester | ||
8 | Global Marketing Tactic: Product Kasus 5: Louis Vuitton in Japan |
KH Bab 10 |
9 | Global Marketing Tactic: Pricing Kasus 6: Red Bull |
KH Bab 11 |
10 | Global Marketing Tactic: Place Kasus 7: Danone in US |
KH Bab 14 |
11 | Global Marketing Tactic: Promotion Kasus 8: Benetton |
KH Bab 12 |
12 | Global Marketing Operation: Planning and organizing Kasus 9: H&M and Human Right |
KH Bab 16 |
13 | Global Marketing Operation: Emerging markets Kasus 10: Lenovo in Brazil |
KH Bab 17 |
14 | Global Marketing Operation: Internet Issues Workshop 2: Presentasi makalah akhir. |
KH Bab 18 |
Ujian Akhir Semester |