ADVANCED MARKETING STRATEGIC


DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah ini menjelaskan cara bagaimana sebuah perusahaan yang disetir oleh pasar (market-driven company) mengidentifikasi isu-isu kunci dan faktor-faktor penting untuk memilih strategi yang tepat dalam situasi pasar dan persaingan yang semakin hebat. Perencanaan pemasaran strategik merupakan pendekatan yang dipakai dalam mata kuliah ini dengan menekankan pada cara bagaimana melakukan analisis pemasaran dan perencanaan strategik. Mata kuliah ini juga menjelaskan bahwa semakin pentingnya nilai pelanggan superior (superior customer value), pengungkitan kapabilitas yang menonjol (leveraging distinctive capabilities), penanggapan terhadap keanekaragaman di tempat-pasar (responding to diversity in the marketplace), pengembangan produk baru (developing new products), dan pengenalan tantangan-tantangan bisnis global (recognizing global business challenges) yang memerlukan strategi pemasaran yang efektif untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan posisi yang kompetitif. Mata kuliah ini juga menguji konsep-konsep dan proses yang terkait dengan strategi yang disetir pasar (market-driven strategy).

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Menguasai dengan baik dan menyempurnakan kapabilitas analitis tentang pemasaran holistik dan aktivitas-aktivitas pemasaran integrative pada jenjang strategik, manajerial dan operasional.
  2. Menyempurnakan keterampilan pengambilan keputusan sebagai seorang pemasar strategik (pembuat rencana) atau sebagai seorang pemasar operasional (praktisi).

 BUKU TEKS UTAMA

Cravens, D.W. dan Piercy, N.F. (2013). Strategic Marketing, 10th Edition. McGraw-Hill, New York. (CP)

BUKU TEKS PENDUKUNG
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.

METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.

METODA PENILAIAN

  1. Ujian Tengah Semester 30%
  2. Ujian Akhir Semester 30%
  3. Presentasi, Diskusi, dan Partisipasi 25%
  4. Tugas 15%

 MATERI KULIAH

Mata kuliah Advanced Marketing Strategic dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif. 

Sesi Topik Bahan Bacaan
1 Pendahuluan, kerangka konseptual strategi pemasaran lanjut:
New Challenges for market-driven strategy
CP Ch. 1
2 Markets and competitive space CP Ch. 2
3 Strategic market segmentation CP Ch. 3
4 Strategic customer management: Systems, ethics, and social responsibility CP Ch. 4
5 Capabilities for learning about customers and markets CP Ch. 5
6 Market targeting and strategic positioning oleh
Kelompok 1
CP Ch. 6
7 Strategic relationship oleh Kelompok 2 CP Ch. 7
Ujian Tengah Semester
8 Innovation and new product strategy oleh Kelompok 3 CP Ch. 1
9 Strategic brand management oleh Kelompok 4 CP Ch. 2
10 Value-chain strategy oleh Kelompok 5 CP Ch. 3
11 Pricing strategy oleh Kelompok 6 CP Ch. 4
12 Promotion, advertising, and sales promotion strategies oleh Kelompok 7 CP Ch. 5
13 Diskusi Kasus
Case 6-1 Facebook oleh semua kelompok
14 Diskusi Kasus:
Case 6-2 Wentworth Industrial Cleaning Supplies oleh semua kelompok
Ujian Akhir Semester

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388 | Hotline: 0811-282-3806
JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1844-9088