CONSUMER BEHAVIOR ANALYSIS


DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah Consumer Behavior Analysis membahas tentang kerangka konseptual perilaku konsumen beserta elemen-elemen yang terkait, termasuk didalamnya penerapan berbagai disiplin ilmu, seperti psikologi, sosiologi, anthropologi, komunikasi, dan ekonomika mikro. Perilaku konsumen dalam hal ini mencakup perilaku dan pengambilan keputusan, baik dalam kaitannya dengan pembelian maupun penggunaan produk barang ataupun jasa. Perilaku konsumen pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal, seperti budaya, sub-budaya, dan kelompok referensi; maupun faktor internal konsumen sendiri seperti motivasi, persepsi, sikap, dan kepribadian yang dimiliki oleh tiap-tiap konsumen. Analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen tersebut sangat penting bagi pemasar untuk dapat mengembangkan strategi pemasaran yang tepat.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memahami berbagai konsep dan teori perilaku konsumen
  2. Memiliki wawasan yang luas dan mampu menjelaskan berbagai aspek yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan dan perilaku konsumen yang beragam.
  3. Memberikan insight dan kemampuan bagi mahasiswa untuk dapat menyikapi dan mengambil keputusan terkait perilaku perilaku konsumen
  4. Merumuskan strategi pemasaran dengan tepat dan beretika, seperti strategi terkait segmentasi pasar, pemosisian produk, serta komunikasi pemasaran.

 BUKU TEKS UTAMA
Hawkins, D.I., dan Mothersbaugh, D.L. (2013). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy, 12th Edition. McGraw-Hill Irwin, New York. (HM)

BUKU TEKS PENDUKUNG
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.

METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal.Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.

METODA PENILAIAN

  1. Ujian Tengah Semester 30%
  2. Ujian Akhir Semester 30%
  3. Presentasi, Diskusi, dan Partisipasi 25%
  4. Tugas 15%

 MATERI KULIAH
Mata kuliah Consumer Behavior Analysis dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif. 

Sesi Topik Bahan Bacaan
1 Penjelasan silabus
Consumer Behavior and Marketing Strategy
HM Bab 1
2 Cross-Cultural Variations in Consumer Behavior
Diskusi #1
Privacy: A New Facet of American Culture? (SK, p389)
How about Indonesian? (Group 1)
HM Bab 2
3 The Changing American (Indonesian) Society: Values HM Bab 3
4 The Changing American (Indonesian) Society: Demographics and Social Stratification
Diskusi #2: Demographic characteristics of Indonesian population, its social class and their behaviour towards banking (Group 2)
HM Bab 4
5 The Changing American (Indonesian) Society: Subcultures
The American (Indonesian) Society: Families and Households
Explain about the classification of generation and its marketing implication
Diskusi #3 (Group 4)
HM Bab 5
HM Bab 6
6 Group Influences on Consumer Behavior
Consumer Insight
Diskusi # 4: The influence of brand community to consumer behaviour
HM Bab 7
7 Perception
Learning, Memory, and Product Positioning
Consumer Insight
Diskusi #5:  Living in a DVR World (H, p. 275)
HM Bab 8, Bab 9
Ujian Tengah Semester
8 Motivation, Personality, and Emotion HM Bab 10
9 Attitudes and Influencing Attitudes
Diskusi#6: When consumers wait until the last minute to buy (H, p.364)
HM Bab 11
10 Self-Concept and Lifestyle
Diskusi#7: Fans, Consumer Devotion, and the Extended Self (H, p 423)
HM Bab 12
11 Situational Influences
Consumer Decision Process and Problem
Recognition
Diskusi#8: Does Shopping with others drive
impulsive buying? (H, p 473)

HM Bab 13

HM Bab 14

12 Information Search
Evaluation and Selection
Diskusi#9: Lancome luxury skincare line for men get the axe: Ubersexuals and the changing male landscape (H, p 452)
HM Bab 15, Bab 16, Alternatif
13 Outlet Selection and Purchase
Post purchase Process, Customer Satisfaction, and Customer Commitment
Diskusi#10: Netflix continuous to change the face of In-home Movies around the globe (H p. 648)
HM Bab 17
HM Bab 18
14 Organizational Buyer Behavior
Marketing Regulation and Consumer Behavior
HM Bab 19
HM Bab 20
Ujian Akhir Semester

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388 | Hotline: 0811-282-3806
JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1844-9088