Organizational Change and Development
DESKRIPSI MATA KULIAH
Perubahan lingkungan bisnis yang semakin pesat menyebabkan kapasitas normal organisasional tidak lagi mampu mengimbanginya. Perubahan dan pengembangan organisasional harus dilakukan guna mewujudkan keseimbangan dinamis baru antara lingkungan internal dan eksternal (internal and external fit) organisasi. Namun demikian, konsep keseimbangan antara lingkungan internal dan eksternal organisasi seringkali mengundang perdebatan yang menambah rumitnya pengelolaan perubahan.
Pengelolaan perubahan dan pengembangan organisasional merupakan tugas serius yang secara sadar harus menjadi prioritas pemimpin. Perubahan organisasional yang dipicu oleh faktor internal maupun eksternal, individual maupun kelompok, semakin kompleks dan mencakup berbagai aspek: pola pikir, perilaku, kultur dan sistem. Pendekatan perubahan harus bersifat holistik melalui proses perubahan transformasional yang mendasar. Hasil akhir yang ingin dicapai melalui proses perubahan tersebut adalah kapabilitas organisasi untuk melakukan pembelajaran dan perubahan terus menerus secara lebih efektif.
Secara garis besar mata kuliah ini fokus pada beberapa topik: fondasi perubahan dan pengembangan organisasi, level dan tipe perubahan organisasional, proses dan intervensi pengembangan organisasi.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:
- Memiliki pengetahuan mendalam tentang teori dan praktik pengelolaan perubahan dan pengembangan organisasi serta aspek-aspek yang terkait dengannya.
- Menguasai ilmu keperilakukan terapan untuk pengelolaan perubahan dan pengembangan organisasi.
- Meningkatkan kapabilitas peserta sebagai bekal untuk memimpin perubahan pada berbagai konteks kehidupan, khusunya organisasi secara efektif.
- Memahami cara-cara sukses pengelolaan perubahan dan pengembangan organisasi.
- Menjadi konsultan perubahan organisasional di kemudian hari.
- Menjadi potential champion yang sukses dalam melakukan perubahan dan pengembangan organisasi.
No. | AACSB Learning Goals |
Concerns ***=High **=Medium *=Low |
LG1 | Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner | ** |
LG2 | Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action | *** |
LG3 | Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions | ** |
LG4 | Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas | *** |
LG5 | Students demonstrate the ability to be a strategic business leader | *** |
BUKU TEKS UTAMA
Cummings, T.G., dan Worley, C.G. (2015). Organization Development and Change, 10th Edition. Thomson, South-Western, Mason, OH. (CW)
BUKU TEKS PENDUKUNG
Anderson, D., dan Anderson, L.A. (2010). Beyond change management: how to achieve breakthrough results through conscious change leadership, 2nd Edition. A Wiley Imprint, San Fransisco, Pfeiffer. (AA)
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.
METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.
METODA PENILAIAN
|
MATERI KULIAH
Mata kuliah Organizational Change and Development dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.
Sesi | Topik | Bahan Bacaan |
1 | Penjelasan Silabus dan overview manajemen perubahan | CW: Ch. 1 AA: Ch. 1, 2 |
2 | Konsep Perubahan Terencana Why Change (Driver for Change) Business Environment Change Macro Environment Change (Digital Economy, Knowledge economy) Micro Environment (Political, social, technology, economic, law, etc.) Business Paradigm Shift 20thversus 21stCentury Paradigm Tipe-tipe perubahan organisasional |
CW: Ch. 2, 3 AA: Ch.3 |
3 | When (moment to change) Company Life cycle First Curve (What happen if it is late) Second Curve (Rebirth & Keeping momentum) Diagnosis Organisasi, Kelompok dan Individual Case #1 |
CW: Ch. 4; 5; 6 |
4 | What (components of organization to change) Shared Values, Strategy, Structure, System, Staff, Skill & Style (7S) Culture Change Pengumpulan, Penganalisaan dan Pemberian Umpan Balik Informasi Diagnosis Case #2 |
CW: Ch. 7, 8 |
5 | Pendesainan Intervensi: Memimpin dan Mengelola Perubahan Case #3 |
CW: Ch. 9 |
6 | How – (Planning for change) Set guiding principles Assessing objectives (V,M,V) Identifying gap & culture assessment Road map for change Pendekatan kepemimpinan dalam perubahan Case #4 |
CW: Ch. 10 AA: Ch. 4 |
7 | Mengevaluasi dan Menginstitusionalisasi Intervensi Pengembangan Organisasi Case #5 |
CW: Ch 11 |
Ujian Tengah Semester | ||
8 | Pendekatan Proses Individual, Interpersonal dan Kelompok Case #6 |
CW: Ch. 12 |
9 | How -Overcoming Resistance to change Type of Resistance to change (rational, emotional & personal) Organizational Resistance (structural inertia, group inertia) Involving people (Creating guiding coalition) Co-creating V,M,V Empowering & assigning responsibility Creating a sense of progress Culture change through training & developing people Pendekatan Proses Organisasi Case #7 |
CW: Ch. 13 |
10 | Merestrukturisasi Organisasi Case #8 |
CW: Ch. 14 |
11 | Dinamika manusia dari penolakan menuju komitmen Case #9 |
CW: Ch. 15 AA: Ch. 6 |
12 | Membangun kapabilitas perubahan organisasional Case #10 |
AA: Ch.5 |
13 | How-Anticipating Impacts What may go wrong & how to prepare for it. (Communication, Implementation, Delay Commitment, Mis-aligment of 7S) Transformasi Organisasi Case #11 |
CW. Ch. 16,17, 20 |
14 | How -Consolidating change Measuring the Impacts, Re-assessing objectives, Re-aligning priorities, Re-viewing culture Membangun Organisasi Pembelajaran Future directions of OD Presentasi paper individual |
CW. Ch. 19, 20, 21 CW. Ch. 25 |
Ujian Akhir Semester |