slide
slide
Prev
Next

Organizational Change and Development


DESKRIPSI MATA KULIAH
Perubahan lingkungan bisnis yang semakin pesat menyebabkan kapasitas normal organisasional tidak lagi mampu mengimbanginya. Perubahan dan pengembangan organisasional harus dilakukan guna mewujudkan keseimbangan dinamis baru antara lingkungan internal dan eksternal (internal and external fit) organisasi. Namun demikian, konsep keseimbangan antara lingkungan internal dan eksternal organisasi seringkali mengundang perdebatan yang menambah rumitnya pengelolaan perubahan.

Pengelolaan perubahan dan pengembangan organisasional merupakan tugas serius yang secara sadar harus menjadi prioritas pemimpin. Perubahan organisasional yang dipicu oleh faktor internal maupun eksternal, individual maupun kelompok, semakin kompleks dan mencakup berbagai aspek: pola pikir, perilaku, kultur dan sistem. Pendekatan perubahan harus bersifat holistik melalui proses perubahan transformasional yang mendasar. Hasil akhir yang ingin dicapai melalui proses perubahan tersebut adalah kapabilitas organisasi untuk melakukan pembelajaran dan perubahan terus menerus secara lebih efektif.

Secara garis besar mata kuliah ini fokus pada beberapa topik: fondasi perubahan dan pengembangan organisasi, level dan tipe perubahan organisasional, proses dan intervensi pengembangan organisasi.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memiliki pengetahuan mendalam tentang teori dan praktik pengelolaan perubahan dan pengembangan organisasi serta aspek-aspek yang terkait dengannya.
  2. Menguasai ilmu keperilakukan terapan untuk pengelolaan perubahan dan pengembangan organisasi.
  3. Meningkatkan kapabilitas peserta sebagai bekal untuk memimpin perubahan pada berbagai konteks kehidupan, khusunya organisasi secara efektif.
  4. Memahami cara-cara sukses pengelolaan perubahan dan pengembangan organisasi.
  5. Menjadi konsultan perubahan organisasional di kemudian hari.
  6. Menjadi potential champion yang sukses dalam melakukan perubahan dan pengembangan organisasi.
No. AACSB Learning Goals

Concerns

***=High **=Medium *=Low

LG1 Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner **
LG2 Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action ***
LG3 Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions **
LG4 Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas ***
LG5 Students demonstrate the ability to be a strategic business leader ***

BUKU TEKS UTAMA
Cummings, T.G., dan Worley, C.G. (2015). Organization Development and Change, 10th Edition. Thomson, South-Western, Mason, OH. (CW)

BUKU TEKS PENDUKUNG
Anderson, D., dan Anderson, L.A. (2010). Beyond change management: how to achieve breakthrough results through conscious change leadership, 2nd Edition. A Wiley Imprint, San Fransisco, Pfeiffer. (AA)
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.

METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.

METODA PENILAIAN

a. Ujian Tengah Semester 25%
b. Presentasi Proposal 25%
c. Partisipasi dan Diskusi 30%
d. Tugas (Makalah, Kuis, dll) 20%

 MATERI KULIAH
Mata kuliah Organizational Change and Development dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif. 

Sesi Topik Bahan Bacaan
1 Penjelasan Silabus dan overview manajemen perubahan CW: Ch. 1
AA: Ch. 1, 2
2 Konsep Perubahan Terencana
Why Change (Driver for Change)
Business Environment Change
Macro Environment Change (Digital Economy, Knowledge economy)
Micro Environment (Political, social, technology, economic, law, etc.)
Business Paradigm Shift
20thversus 21stCentury Paradigm
Tipe-tipe perubahan organisasional
CW: Ch. 2, 3
AA: Ch.3
3 When (moment to change)
Company Life cycle
First Curve (What happen if it is late)
Second Curve (Rebirth & Keeping momentum)
Diagnosis Organisasi, Kelompok dan Individual
Case #1
CW: Ch. 4; 5; 6
4 What (components of organization to change)
Shared Values, Strategy, Structure, System, Staff, Skill & Style (7S)
Culture Change
Pengumpulan, Penganalisaan dan Pemberian Umpan Balik Informasi Diagnosis
Case #2
CW: Ch. 7, 8
5 Pendesainan Intervensi: Memimpin dan Mengelola Perubahan
Case #3
CW: Ch. 9
6 How – (Planning for change)
Set guiding principles
Assessing objectives (V,M,V)
Identifying gap & culture assessment
Road map for change
Pendekatan kepemimpinan dalam perubahan
Case #4
CW: Ch. 10
AA: Ch. 4
7 Mengevaluasi dan Menginstitusionalisasi Intervensi Pengembangan Organisasi
Case #5
CW: Ch 11
Ujian Tengah Semester
8 Pendekatan Proses Individual, Interpersonal dan Kelompok
Case #6
CW: Ch. 12
9 How -Overcoming Resistance to change
Type of Resistance to change (rational, emotional & personal)
Organizational Resistance (structural inertia, group inertia)
Involving people (Creating guiding coalition)
Co-creating V,M,V
Empowering & assigning responsibility
Creating a sense of progress
Culture change through training & developing people
Pendekatan Proses Organisasi
Case #7
CW: Ch. 13
10 Merestrukturisasi Organisasi
Case #8
CW: Ch. 14
11 Dinamika manusia dari penolakan menuju komitmen
Case #9
CW: Ch. 15
AA: Ch. 6
12 Membangun kapabilitas perubahan organisasional
Case #10
AA: Ch.5
13 How-Anticipating Impacts
What may go wrong & how to prepare for it. (Communication, Implementation, Delay Commitment, Mis-aligment of 7S)
Transformasi Organisasi
Case #11
CW. Ch. 16,17, 20
14 How -Consolidating change
Measuring the Impacts, Re-assessing objectives, Re-aligning priorities, Re-viewing culture
Membangun Organisasi Pembelajaran
Future directions of OD
Presentasi paper individual
CW. Ch. 19, 20, 21
CW. Ch. 25
Ujian Akhir Semester

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962 | 0811-283-7919
Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388


JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan
Hotline: 0813-1686-0011
Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 |