slide
slide
Prev
Next

Strategic Operations Management


DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memperkenalkan konsep utama dari Manajemen Operasi Strategik di kedua sektor perusahaan yaitu manufaktur/barang dan pelayanan/jasa. Mata kuliah ini menjelaskan hubungan antara berbagai tingkat strategi dalam bisnis dengan mempertimbangan faktor penggerak (driver) dan dimensi kinerja yang kompetitif dan berkelanjutan bagi perusahaan.

Dalam beberapa tahun terakhir telah disadari bahwa keberhasilan suatu organisasi (yaitu badan usaha) dapat sangat bergantung pada strategi operasinya. Dalam lingkungan bisnis saat ini yang tergolong VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity), keunggulan kompetitif perusahaan yang berkelanjutan diperoleh dari VUCA Utama (Vision, Understanding, Clarity, Agility) untuk merespon dengan cepat dan efektif untuk permintaan pelanggan yang berubah-ubah. Hal ini telah menciptakan kebutuhan strategi operasi perusahaan untuk menyelaraskan kemampuan dinamis perusahaan dengan kebutuhan pasar. Selanjutnya, keberhasilan dalam menciptakan keseimbangan strategis ini harus berkesinambungan selama jangka waktu yang cukup untuk mempertahankan bisnis yang besar. Strategi operasi juga harus memperhitungkan kebutuhan untuk mengembangkan produk baru (barang dan jasa) untuk menggantikan yang lama karena produk lama telah ketinggalan jaman.

Mata kuliah ini memberikan mahasiswa MBA pemahaman yang baik tentang prinsip-prinsip kunci dan teknik manajemen operasi strategik, termasuk topik-topik seperti manajemen pasokan, manajemen pengetahuan mutu-inovasi, keberlanjutan, operasi ramping (lean operation), teori kendala (TOC), perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), dan peran informasi & teknologi komunikasi (ICT). Mahasiswa juga akan mempelajari bagaimana pengembangan strategi diformulasikan untuk mencapai keberlanjutan (keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, penciptaan nilai berkelanjutan, blue ocean strategy & ekonomi sirkulasi) dan menyimpulkan bahwa dengan mempertimbangkan bagaimana keputusan strategik dapat diimplementasikan secara efektif untuk mendapatkan kesejahteraan masyarakat, kemakmuran, dan kebahagiaan.

Fokus dari mata kuliah ini adalah merangsang pertukaran ide antara mahasiswa dan dosen dengan maksud untuk mengartikulasikan paradigma baru dan mengidentifikasi pengetahuan baru yang diperlukan dan hubungan mereka, dan mengimplementasikan pengetahuan tersebut untuk Manajemen Operasi Strategik.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memahami pendorong (driver) dan dimensi kinerja kompetitif berkelanjutan (dalam kedua perspektif yaitu non-keuangan dan keuangan).
  2. Memahami peran dan pentingnya strategi operasi.
  3. Memahami strategi operasi dan praktek dalam konteks pentingnya mereka untuk keberhasilan sebuah perusahaan di pasar.
  4. Memahami penciptaan nilai dari pengembangan strategi operasi.
  5. Memformulasikan dan mengesekusi keputusan-keputusan bisnis terkait aspek-aspek manajemen operasi strategik.
No. AACSB Learning Goals

Concerns

***=High **=Medium *=Low

LG1 Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner **
LG2 Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action ***
LG3 Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions **
LG4 Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas ***
LG5 Students demonstrate the ability to be a strategic business leader ***

 BUKU TEKS UTAMA

  1. Brown, S., Bessant, , dan Lamming, R. (2013). Strategic Operations Management. 3rd Edition. Routledge, USA. [BBL]
  2. Werbach, A. (2009). Strategy for sustainability: A business manifesto. Harvard Business Press, USA. [W]
  3. Artikel terbaru (Best Practices) yang berkaitan dengan pengembangan Manajemen Operasi di Indonesia.

BUKU TEKS PENDUKUNG
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.

METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.

METODA PENILAIAN

a. Ujian Tengah Semester 25%
b. Presentasi Proposal 25%
c. Partisipasi dan Diskusi 30%
d. Tugas (Makalah, Kuis, dll) 20%

 

MATERI KULIAH
Mata kuliah Strategic Operations Management dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif. 

Sesi Topik Bahan Bacaan
1 Introduction to Operations Management—Strategy for Sustainability Silabus
BBL 1
2 Strategic Operations Management for both business sectors: manufacturing & services BBL 2
3 Supply Management BBL 3
4 Quality, Innovation & Knowledge Management BBL 4
5 Sustainability (SCA, SVC, SDP) BBL 5
6 Human Resource & Strategic Operations Management BBL 6
7 Managing the Transformation Process BBL 7
Ujian Tengah Semester
8 Evaluasi Ujian Tengah Semester
Managing Quality & Investment Policy
BBL 8
9 Enterprise Resources Planning (ERP) BBL 9
10 Capacity & Scheduling Management & Managing Service Operations BBL 10 & 11
11 Presentasi Kelompok & Diskusi 1 & 2
Kasus 1, 2
Modul
12 Presentasi Kelompok & Diskusi 3 & 4
Kasus 3, 4
Modul
13 Presentasi Kelompok & Diskusi 5, 6
Kasus 5, 6
Modul
14 The Future of Operations Management BBL 12
Ujian Akhir Semester

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962 | 0811-283-7919
Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388


JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan
Hotline: 0813-1686-0011
Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 |