Business Creativity and Innovation
DESKRIPSI MATAKULIAH
Kreatifitas dan Inovasi adalah 2 kata kunci yang menjadi resep dari pengembangan maupun ideasi usaha yang pada ujungnya mengarah pada perilaku kewirausahaan. Kewirausahaan adalah subjek yang menggabungkan tiga aspek penting dari pembelajaran; kognitif, afektif dan psikomotorik. Kualitas hasil pembelajaran akan ditentukan oleh keseimbangan aspek-aspek ini. Dalam hal ini, masing-masing topik dalam mata kuliah ini akan dipaparkan baik dari sisi konseptual maupun praktis. Mata kuliah ini mencakup topik seperti: konsep dasar entrepreneur/kewirausahaan, proses pengembangan bisnis, kreativitas, inovasi, mengelola inovasi, dan etika bisnis. Selama masa pembelajaran, mahasiswa akan didorong untuk memiliki pengalaman praktis dalam mengembangkan dan mengelola usaha.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:
- Memahami lebih komprehensif mengenai pengusaha/kewirausahaan dan proses menciptakan dan menumbuhkan usaha baru dari sisi teoritis maupun praktis.
- Memahami bagaimana mengelola inovasi dalam organisasi.
- Mengembangkan kemampuan untuk memulai ide bisnis yang inovatif.
- Memberikan kesempatan untuk mempersiapkan dan mengkomunikasikan konsep bisnis inovatif.
- Meiliki memotivasi yang kuat untuk menjadi pengusaha muda dan sukses.
- Mengimplementasikan ide bisnis yang inovatif.
No. | AACSB Learning Goals |
Concerns ***=High **=Medium *=Low |
LG1 | Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner | ** |
LG2 | Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action | *** |
LG3 | Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions | ** |
LG4 | Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas | *** |
LG5 | Students demonstrate the ability to be a strategic business leader | ** |
BUKU TEKS UTAMA
- Hisrich, R.D., Peters, M.P., dan Shepherd, D.A. (2013). Entrepreneurship, 9th McGraw-Hill, New York. [HPS]
- Tidd, J. dan Bessant, J. (2015). Innovation and Entrepreneurship.John Wiley & Sons Ltd., England. [TB 2015]
BUKU TEKS PENDUKUNG
- Barriner, B.R. dan Ireland, R.D. (2013). Entrepreneurship: Successfully Launching New Ventures, 4thPearson Education Limited, England. [BI]
- Drucker, P.F. (1993). Innovation and Entrepreneurship.HarperCollins Publishers, Inc., US[D]
- Maital, S. dan Seshadri, D.V.R. (2007). Innovation Management: Strategies, Concepts and Tools for Growth and Profit.Response Books, New Delhi. [MS]
- Tidd, J. dan Bessant, J. (2009). Managing Innovation: Integrating Technological, Market and Organizational Change. John Wiley & Sons Ltd., England. [TB 2009]
METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.
METODA PENILAIAN
|
MATERI KULIAH
Mata kuliah Business Creativity and Innovation dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif.
Sesi | Topik | Bahan Bacaan |
1 | Penjelasan Perkuliahan Pembagian Tugas Individu dab Kelompok The Innovation Imperative Social Innovation |
Bab 1,2 (TB 2015) |
2 | Innovation, Globalization and Development Sustainability-Ied Innovation Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 1,2,3,4) |
Bab 3,4 (TB 2015) |
3 | Entrepreneurship Creativity Sources of Innovation |
Bab 5,6 (TB 2015) |
4 | Search Strategies for Innovation Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 5,6,7) |
Bab 7 (TB 2015) |
5 | Building the Case Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 8) |
Bab 8 (TB 2015) |
6 | Leadership and Teams | Bab 9,10 (TB 2015) |
7 | Exploiting Networks Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 9,10) |
Bab 10 (TB 2015) |
Ujian Tengah Semester | ||
8 | Developing New Products and Services | Bab 11,12 (TB 2015) |
9 | Creating New Ventures Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 11,12) |
Bab 11,12 (TB 2015) |
10 | Developing Business and Talent Through Corporate Venturing Growing the Enterprise Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 13,14) |
Bab 13,14 (TB 2015) |
11 | Exploiting Knowledge and Intellectual Property Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 15) |
Bab 15 (TB 2015) |
12 | Business Model and Capturing Value | Bab 16,17 (TB 2015) |
13 | Learning to Manage Innovation and Entrepreneurship Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 16,17) |
Bab 16,17 (TB 2015) |
14 | Presentasi dan Penyerahan Makalah Pribadi (Tugas akan diberikan Dosen Pengampu) | |
Ujian Akhir Semester |