BUSINESS CREATIVITY AND INNOVATION


DESKRIPSI MATAKULIAH
Kreatifitas dan Inovasi adalah 2 kata kunci yang menjadi resep dari pengembangan maupun ideasi usaha yang pada ujungnya mengarah pada perilaku kewirausahaan. Kewirausahaan adalah subjek yang menggabungkan tiga aspek penting dari pembelajaran; kognitif, afektif dan psikomotorik. Kualitas hasil pembelajaran akan ditentukan oleh keseimbangan aspek-aspek ini. Dalam hal ini, masing-masing topik dalam mata kuliah ini akan dipaparkan baik dari sisi konseptual maupun praktis. Mata kuliah ini mencakup topik seperti: konsep dasar entrepreneur/kewirausahaan, proses pengembangan bisnis, kreativitas, inovasi, mengelola inovasi, dan etika bisnis. Selama masa pembelajaran, mahasiswa akan didorong untuk memiliki pengalaman praktis dalam mengembangkan dan mengelola usaha.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memahami lebih komprehensif mengenai pengusaha/kewirausahaan dan proses menciptakan dan menumbuhkan usaha baru dari sisi teoritis maupun praktis.
  2. Memahami bagaimana mengelola inovasi dalam organisasi.
  3. Mengembangkan kemampuan untuk memulai ide bisnis yang inovatif.
  4. Memberikan kesempatan untuk mempersiapkan dan mengkomunikasikan konsep bisnis inovatif.
  5. Meiliki memotivasi yang kuat untuk menjadi pengusaha muda dan sukses.
  6. Mengimplementasikan ide bisnis yang inovatif.
No. AACSB Learning Goals

Concerns

***=High **=Medium *=Low

LG1 Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner **
LG2 Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action ***
LG3 Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions **
LG4 Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas ***
LG5 Students demonstrate the ability to be a strategic business leader **

 BUKU TEKS UTAMA

  1. Hisrich, R.D., Peters, M.P., dan Shepherd, D.A. (2013). Entrepreneurship, 9th McGraw-Hill, New York. [HPS]
  2. Tidd, J. dan Bessant, J. (2015). Innovation and Entrepreneurship.John Wiley & Sons Ltd., England. [TB 2015]

BUKU TEKS PENDUKUNG

  1. Barriner, B.R. dan Ireland, R.D. (2013). Entrepreneurship: Successfully Launching New Ventures, 4thPearson Education Limited, England. [BI]
  2. Drucker, P.F. (1993). Innovation and Entrepreneurship.HarperCollins Publishers, Inc., US[D]
  3. Maital, S. dan Seshadri, D.V.R. (2007). Innovation Management: Strategies, Concepts and Tools for Growth and Profit.Response Books, New Delhi. [MS]
  4. Tidd, J. dan Bessant, J. (2009). Managing Innovation: Integrating Technological, Market and Organizational Change. John Wiley & Sons Ltd., England. [TB 2009]

METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.

METODA PENILAIAN

a. Ujian Tengah Semester 25%
b. Presentasi Proposal 25%
c. Partisipasi dan Diskusi 30%
d. Tugas (Makalah, Kuis, dll) 20%

 

MATERI KULIAH
Mata kuliah Business Creativity and Innovation dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif. 

Sesi Topik Bahan Bacaan
1 Penjelasan Perkuliahan
Pembagian Tugas Individu dab Kelompok
The Innovation Imperative
Social Innovation
Bab 1,2 (TB 2015)
2 Innovation, Globalization and Development
Sustainability-Ied Innovation
Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 1,2,3,4)
Bab 3,4 (TB 2015)
3 Entrepreneurship Creativity
Sources of Innovation
Bab 5,6 (TB 2015)
4 Search Strategies for Innovation
Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 5,6,7)
Bab 7 (TB 2015)
5 Building the Case
Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 8)
Bab 8 (TB 2015)
6 Leadership and Teams Bab 9,10 (TB 2015)
7 Exploiting Networks
Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 9,10)
Bab 10 (TB 2015)
Ujian Tengah Semester
8 Developing New Products and Services Bab 11,12 (TB 2015)
9 Creating New Ventures
Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 11,12)
Bab 11,12 (TB 2015)
10 Developing Business and Talent Through Corporate Venturing
Growing the Enterprise
Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 13,14)
Bab 13,14 (TB 2015)
11 Exploiting Knowledge and Intellectual Property
Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 15)
Bab 15 (TB 2015)
12 Business Model and Capturing Value Bab 16,17 (TB 2015)
13 Learning to Manage Innovation and Entrepreneurship
Tugas Kelompok dan Diskusi (Bab 16,17)
Bab 16,17 (TB 2015)
14 Presentasi dan Penyerahan Makalah Pribadi (Tugas akan diberikan Dosen Pengampu)
Ujian Akhir Semester

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962

JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1686-0011