slide
slide
Prev
Next

Business Modeling


DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Business Modeling untuk mahasiswa program S2 MM membahas 5 pilar utama yaitu: business model Canvas (alat untuk mendeskripsikan, menganalisis dan mendesain model-model bisnis); business model Patterns (pola bisnis berdasarkan konsep dari pemikir bisnis terkemuka); business model Techniques (teknik untuk mendesain model-model bisnis); business model Strategy (re-interpretasi strategi berdasarkan lensa model bisnis); dan business model Processs (proses generic untuk mendesain model bisnis yang inovatif berdasarkan konsep dan teknik).

Mata kuliah ini mendiskusikan tentang bagaimana suatu organisasi i.e. perusahaan menentukan model bisnisnya. Model bisnis berasal dari kata “bisnis” dan “model”. Sebuah bisnis pada dasarnya merupakan penciptaan nilai yang menghasilkan keuntungan. Model merupakan representasi dari realitas. Dengan demikian, model adalah representasi dari logika yang mendasari keberadaan dan pilihan strategis perusahaan untuk menciptakan nilai dalam sebuah rantai nilai (Shafer et al., 2005).

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Mengetahui dan memahami arti penting model bisnis bagi suatu organisasi
  2. Menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurial spirit)
  3. Mampu berfikir secara cerdas menciptakan value (to create value), mengembangkan atau mentransformasikan organisasi (to transform organization), dan membangun bisnis baru (to build new business).
  4. Mampu memformulasikan model bisnis baru, mengevaluasi existing business models, mentranformasikan model bisnis, dan mengembangkan model bisnis baru yang inovatif.
No. AACSB Learning Goals

Concerns

***=High **=Medium *=Low

LG1 Students demonstrate the ability to communicate in an effective, persuasive, and professional manner **
LG2 Students demonstrate the ability to translate business knowledge into action ***
LG3 Students demonstrate the ability to make ethical and responsible decisions **
LG4 Students demonstrate the ability to solve practical business problem with creative ideas ***
LG5 Students demonstrate the ability to be a strategic business leader **

 BUKU TEKS UTAMA

  1. Osterwalder, A. dan Pigneur, Y. (2009), Business Model Generation, Self-Published, Modderman Drukwerk, Amsterdan, The Netherlands. [OP]
  2. Tim PPM (2012), Business ModelCanvas: Penerapan di Indonesia. [MS]

BUKU TEKS PENDUKUNG

  1. De Reuver, Mark dan Haaker, T. (2009), Designing viable business models for context-aware mobile services, Telematics and Informatics, 26 (3), 240-248. [DT]
  2. George, Gerard dan Bock, A.J. (2011), The Business Model in Practice and Its Implications for Entrepreneurship Research, Entrepreneurship Theory and Practice, 35 (1), 83-111. [GA]
  3. Giesen, E., Riddleberger, E., Christner, R., dan Bell, R. (2010), When and How to Innovate Your Business Model, Strategy & Leadership, 38 (4), 17-26. [GER]
  4. Heikkila, M., dan Heikkila, J. (2010), Concription of Network Business Models, The IUP Journal of Business Strategy, 7 (4), 7-23. [HMJ]
  5. Kagermann, H., Osterle, H., dan Jordan, J.M. (2011), IT-Driven Business Models Global Case Studies in Transformation. John Wiley & Sons Inc. New Jersey. [MS]
  6. Kindstrom, D. (2010), Towards a service-based business model: Key aspects for future competitive advantage, European Management Journal, 28 (6), 479-490. [KD]
  7. Peng, L., dan Zhang, L. (2010), Study on how business models transformation of online travel services industry, Proceedings in Conference on E-Business and E-Government, IEEE Computer Society. [PLL]
  8. Shafer, S.M., Smith, H.J., dan Linder, J.C. (2005), The power of business models, Business Horizons, 48 (3), 199-207. [SHJ]
  9. Kasus-kasus terkait dengan topik yang akan didiskusikan.

METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.

METODA PENILAIAN

a. Ujian Tengah Semester 25%
b. Presentasi Proposal 25%
c. Partisipasi dan Diskusi 30%
d. Tugas (Makalah, Kuis, dll) 20%

 

MATERI KULIAH
Mata kuliah Business Modeling dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif. 

Sesi. Topik Bahan Bacaan
1 Penjelasan Silabus
Definisi model bisnis
Strategi, model bisnis dan rencana bisnis
OP Hal. 14-44
2 Business Model Canvas OP Hal.44-50
3 Business Model Canvas (latihan) OP Hal.44-50
4 PATTERNS
Unbundling business models;
The long tail; Multi-sided platforms
OP Hal.56-88
5 PATTERNS
FREE as business model;
Open business models.
Group exercise
OP Hal.89-120
6 DESIGN
Ideation; Visual thinking
Customer insights (empathy map)
OP Hal.126-159
7 DESIGN (lanjutan)
Prototyping; Storytelling; Scenarios.Latihan Kelompok
OP Hal.160-199
Ujian Tengah Semester
8 Kuliah oleh Dosen Tamu
9 STRATEGY
Business model environment;
Evaluating business models;
Latihan Kelompok
OP Hal.200-225
10 STRATEGY
Business model perspective on blue ocean
strategy; Managing multiple business models.
Latihan Kelompok
OP Hal.226-243
11 Strategy: Business model design & innovation
12 Kunjungan Perusahaan
13 Presentasi Model Bisnis (Kelompok)
14 Presentasi Model Bisnis (Kelompok)
Ujian Akhir Semester

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962 | 0811-283-7919
Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388


JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan
Hotline: 0813-1686-0011
Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 |