BUSINESS PLAN


DESKRIPSI MATAKULIAH
Business Plan adalah rencana tertulis yang menjelaskan tentang bagaimana suatu kegiatan bisnis dilakukan agar tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai. Mata kuliah Business Plan dikembangkan untuk membantu mahasiswa memahami bagaimana formulasi rencana bisnis dan argumentasi yang mendukung mengenai hal tersebut dilakukan.  Fokus kegiatan perkuliahan diarahkan untuk membangun sikap positif mahasiswa terhadap setiap peluang bisnis yang ada dan mengembangkan kepekaan diri terhadap perubahan lingkungan yang terjadi. Untuk maksud tersebut, metode pedagogik yang dipergunakan lebih banyak bertumpu pada kombinasi kuliah klasikal, diskusi, dan berbagi pengalaman praktikal baik yang dilakukan secara individu maupun kelompok.  Topik-topik yang dibahas dalam matakuliah ini antara lain: identifikasi peluang bisnis dan respon strategik, formulasi konsep dan model bisnis, analisis industri dan persaingan, elaborasi ragam fungsi bisnis, dan aspek-aspek terkait dengan keputusan investasi dalam bisnis.

Mata kuliah Business Plan didesain untuk membekali mahasiswa dengan ketrampilan dan pengetahuan (skills and knowledge) dalam memformulasikan rencana bisnis yang inovatif dan komprehensif. Rencana bisnis yang disusun seharusnya mempertimbangkan berbagai faktor micro-macro, internal-external. Anteseden tersebut kemudian disintesiskan dalam rencana bisnis pada level strategic business plan, strategic business tactic dan strategic business action. Mata kuliah membahas 4 pilar atau komponen utama yaitu Business Modeling (9 blok dalam kanvas model bisnis), Business Functional (pemasaran, sumber daya manusia, operasi, keuangan), Business Feasibility (ekonomi, non ekonomi dari aspek hukum, lingkungan dan sosial), dan Business Program (rencana aksi).

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Mengidentifikasi ragam faktor yang dipertimbangkan dalam formulasi rencana bisnis
  2. Memahami “mengapa” dan “kapan” rencana bisnis harus ditulis dan dikembangkan
  3. Memahami keunikan dan tantangan dalam proses formulasi rencana bisnis
  4. Mengembangkan gagasan dan model bisnis strategik secara terintegratif
  5. Menyusun dan mempresentasikan rencana bisnis yang dikembangkan secara lisan dan tertulis

 BUKU TEKS UTAMA

  1. Blackwell, E. (2004), How to Prepare a Business Plan. Kogan Page, London. [BE]
  2. Paley, N. (2004), Successful Business Planning, Thorogood Publication. [PN]
  3. Pearce, L.M. (2008), Business Plans Handbook, Thomson gale. [PL]
  4. Ramsey, D. dan Windhaus, S. (2009). The Everything Business Plan Book. Adams Media, Avon, MA. [RW]

BUKU TEKS PENDUKUNG
Bahan bacaan tambahan akan didistribusikan pada saat perkuliahan.

METODA PEMBELAJARAN
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metoda pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student-Centered Learning-SCL). Dalam pendekatan ini, mahasiswa berperan sebagai peserta didik aktif yang menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Instruktur hanya berfungsi sebagai fasilitator untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal. Waktu di kelas akan dikhususkan untuk membahas konsep, bahan bacaan, dan atau masalah dalam subjek mata kuliah.

METODA PENILAIAN

  1. Ujian Tengah Semester 30%
  2. Ujian Akhir Semester 30%
  3. Presentasi, Diskusi, dan Partisipasi 25%
  4. Tugas 15%

MATERI KULIAH
Mata kuliah Business Plan dengan bobot 3 SKS diselenggarakan dalam 14 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @150 menit untuk kelas regular dan 12 sesi perkuliahan dan 2 sesi ujian @180 menit untuk kelas eksekutif. 

Sesi Topik Bahan Bacaan
1 Penjelasan Silabi
Strategic Business Plan
Misi, Visi, Value, Tujuan, dan Sasaran
PN
2 Strategic Business Plan
SWOT: Analisis Industri, Persaingan dan Tren Bisnis
Tugas: Tiap kelompok mempresentasikan sosok pebisnis sukses yang kreatif dan inovatif (5 slides)
PN
3 Business Model Canvas and Patterns
9 Building blocks dan 5 business patterns
Tugas: Tiap kelompok membuat kanvas model bisnis dari 1 suatu bisnis yang unik (2 slides)
PN
4 Tactical Business Plan
Rencana Pemasaran: Prospecting (potensi pasar)
Tugas: Tiap kelompok melakukan business selection checklist (2 slides)
PN
5 Tactical Business Plan
Rencana Sumber Daya Manusia: People (kebutuhan dan struktur organisasi)
Tugas: Tiap kelompok merancang struktur, kebutuhan jumlah dan kualifikasi SDM untuk Case 3 Retailer business plan (3 slides)
PN
6 Tactical Business Plan
Rencana Operasional: Process (infrastruktur, outlet dan metoda delivery)
Tugas: Tiap kelompok merancang desain proses untuk Case 1 Service provider business plan
PN
7 Tactical Business Plan
Rencana Keuangan: Profiting (keputusan pendanaan/financing atau revenue drivers dan keputusan investing atau cost centers)
Tugas: Tiap kelompok merancang profiting untuk Case 2 Manufacturer business plan
PN
Ujian Tengah Semester
8 Business Feasibility
Kelayakan Non Ekonomi: Hukum, Lingkungan, Sosial
Tugas: Tiap kelompok mempresentasikan kelayakan non ekonomi dari rencana bisnisnya (5 slides)
PN
9 Business Feasibility
Kelayakan Ekonomi: NPV, IRR, PP.
Tugas: Tiap kelompok mempresentasikan kelayakan ekonomi dari rencana bisnisnya (5 slides)
PL
10 Business Feasibility
Analisis Sensitifitas: Revenue factors, Cost factors
Tugas: Tiap kelompok mempresentasikan analisis sensitifitas dari rencana bisnisnya (5 slides)
PL
11 Business Program
Exit strategy dan Matriks program
Tugas: Tiap kelompok mempresentasikan exit strategy dan matriks program dari rencana bisnisnya (5 slides)
PL
12 Workshop: Presentasi Rencana Bisnis
13 Workshop: Presentasi Rencana Bisnis
14 Workshop: Presentasi Rencana Bisnis
Ujian Akhir Semester

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281 | Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388 | Hotline: 0811-282-3806
JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan | Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 | Hotline: 0813-1844-9088