Ketentuan  Penerimaan Mahasiswa Baru
Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Universitas Gadjah Mada

Program Studi MM FEB UGM menyelenggarakan perkuliahan dengan sistem semester. Dengan demikian, satuan kredit yang digunakan adalah Satuan Kredit Semester (SKS). Satu tahun akademik dibagi menjadi dua semester. Satu semester berlangsung selama 6 bulan. Semester pada satu tahun akademik dimulai pada bulan Februari dan Agustus.

  1. Pra MBA (Pra Master of Business Administration)

Program khusus yang ditujukan untuk memberi penyegaran dan menyiapkan calon mahasiswa baru sebelum mengambil program MBA. Program Pra MBA membantu calon mahasiswa menyiapkan diri dengan budaya akademik di lingkungan Program Studi MM FEB UGM dan sekaligus menyelaraskan pengetahuan bisnis para mahasiswa dengan latar belakang kesarjanaan (S1) yang beragam. Setelah lulus program Pra MBA atau lolos tanpa Pra MBA maka mahasiswa memasuki semester 1 di salah satu program yang dipilih, yaitu Program MBA, Program International MBA (IMBA) atau Executive MBA (EMBA).

  1. Program MBA (Master of Business Administration)
  • Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Indonesia.
  • Dapat mengikuti Student Exchange, Field Trip, atau Short Course Program sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Kuliah diselenggarakan terjadwal pada hari Senin sampai Jumat pada pukul 07.00 – 16.00 WIB.
  1. Program IMBA (International MBA)
  • Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Inggris.
  • Diwajibkan mengikuti salah satu program yaitu Dual Degree (Gelar Ganda), Student Exchange (Pertukaran Mahasiswa), Field Trip (Academic International Exposure) atau Short Course Program (Summer Program).
  • Kuliah diselenggarakan terjadwal pada hari Senin sampai Jumat pada pukul 07.00 – 16.00 WIB.
  1. Program EMBA (Executive MBA) – Yogyakarta
  • Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Indonesia.
  • Dapat mengikuti Student Exchange, Field Trip, atau Short Course Program sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Kuliah diselenggarakan setiap hari Sabtu pukul 07.00 – 21.00 WIB.

    Program Executive MBA (EMBA) – Jakarta.

  • Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Indonesia.
  • Kuliah diselenggarakan setiap hari Senin-Jumat pukul 19.00-22.00 WIB (EMBA-A; Pengalaman kerja minimal 1 tahun), dan setiap hari Jumat pukul 19.00-22.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00-18.00 WIB (EMBA-B; Pengalaman kerja minimal 3 tahun).

 

CALON PENDAFTAR PRA MBA

Pendaftaran Program Pra MBA bersifat terbuka, dimana lulusan sarjana S1 dari segala disiplin ilmu dan jurusan dapat mendaftar di Program Studi MM FEB UGM untuk mendapatkan pengetahuan dasar bidang Ekonomika, Manajemen, dan Akuntansi. Sertifìkat kelulusan dan transkrip nilai Pra MBA akan diberikan kepada setiap peserta program ini yang telah dinyatakan lulus.

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  1. Program Studi MM FEB UGM memiliki persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa yang sebagian besar mengacu pada ketentuan di tingkat Universitas Gadjah Mada. Persyaratan pendaftaran dapat di unduh disini.
  2. Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran langsung ke Program Studi MM FEB UGM dengan menyerahkan persyaratan pendaftaran dan melakukan pendaftaran online disini.

TAHAPAN SELEKSI

  1. Tes Tertulis, terdiri dari Tes Potensi Akademik Pascasarjana/Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Academic Proficiency Tes/Tes Bahasa Inggris (TBI) , dan Tes Pengetahuan Dasar (TPD-Bagi yang berlatar belakang  S1 Ekonomi).
  2. Tes Wawancara, calon mahasiswa yang telah lolos atau memenuhi skor nilai TPA dan TBI akan diundang untuk tes wawancara. Program Studi MM FEB UGM mengharapkan melalui tes wawancara ini akan didapatkan calon mahasiswa yang memiliki wawasan dan kepribadian yang baik, motivasi diri, kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris, dan memiliki komitmen yang tinggi sebagai mahasiswa terhadap waktu penyelesaian studi dan pengembangan karir.
  3. Program Pra MBA, adalah bagian dari rangkaian seleksi calon mahasiswa Program Studi MM FEB UGM yang harus diikuti oleh calon mahasiswa yang mempunyai latar belakang pendidikan Program S1 Non Ekonomika dan atau calon mahasiswa yang mempunyai latar belakang pendidikan Program S1 Ekonomika yang tidak lulus Tes Pengetahuan Dasar (TPD).

 

KRITERIA PENILAIAN

  • Diterima Penuh; calon mahasiswa telah lolos tes wawancara dengan syarat nilai TPA, TBI, dan Total terpenuhi.
  • Diterima Bersyarat; calon mahasiswa telah lolos tes wawancara namun nilai TPA, TBI maupun Total belum memenuhi syarat . Perbaikan nilai TPA, TBI, maupun Total diharapkan dapat dipenuhi lebih kurang 1 bulan sebelum perkuliahan Semester 1 dimulai.
  • Ditolak
  • Program Beasiswa; Program MM FEB UGM membuka program beasiswa untuk Program MBA bagi calon mahasiswa setiap semester. Syarat dan ketentuan dapat dilihat disini.

BIAYA PENDIDIKAN

Biaya Pendidikan Kampus Yogyakarta dan Kampus Jakarta memiliki perbedaan untuk masing masing program yang ditawarkan. Biaya Pendidikan menggunakan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) per Semester. Biaya Pendidikan tersebut dapat dilihat disini.

KURIKULUM PRA MBA

Kurikulum Program Pra MBA terdiri atas 4 mata kuliah yang diselenggarakan selama 1 semester sebagai berikut.

No Mata Kuliah Pra MBA BOBOT (SKS)
1 Business and Management 3
2 Accounting and Finance 3
3 Managerial Economics 3
4 Statistic for Business Decision 3
  Total 12