Tes Pengetahuan Dasar

Tes Pengetahuan Dasar diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berlatar belakang S1 Ekonomi. Tes ini mengevaluasi pengetahuan dan kemampuan dasar peserta mengenai manajemen, bisnis, ekonomi, matematika dan statistik. Perta yang dinyatakan lolos tes ini, tidak perlu mengikuti Program Pra-MBA atau matrikulasi.

Materi tes:

  1. Business and Management: 40 pertanyaan (45 menit)
  2. Managerial Economics: 40 pertanyaan (45 menit)
  3. Statistics for Business Decision: 30 pertanyaan (45 menit)
  4. Accounting and Finance: 30 pertanyaan (45 menit)

Tes Potensi Akademik

Tes Potensi Akademik Program Pascasarjana (PAPS) adalah sebuah tes yang didesain untuk mengukur kemampuan peserta dalam hal pengetahuan umum, logika dan analisis. Peserta tidak diwajibkan menempuh tes ini apabila telah memiliki nilai Tes Potensi Akademik dari lembaga yang direkomendasikan oleh Universitas Gadjah Mada.

Materi tes:

  1. Verbal: 50 pertanyaan (30 menit)
  2. Quantitative: 50 pertanyaan (40 menit)
  3. Logical: 50 pertanyaan (30 menit)

Tes Bahasa Inggris

Academic English Proficiency Test (AcEPT) adalah sebuah tes bahasa Inggris yang didesain untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dalam kaitannya dengan dunia akademik. Tes ini menguji kemampuan membaca (reading comprehension), komposisi (composing skills), kemahiran menyimak (listening comprehension), pengetahuan tatabahasa (structure), dan kosa kata (vocabulary). Hasil tes AcEPT digambarkan dengan menggunakan skor kisaran 61 – 426. Untuk Program S2, skor minimal yang ditetapkan adalah 209 atau setara dengan 450 untuk Tes TOEFL. Peserta tidak diwajibkan menempuh tes ini apabila telah memiliki nilai TOEFL Institusional atau IELTS dari lembaga yang direkomendasikan oleh Universitas Gadjah Mada.

Materi tes:

  1. Listening Comprehension: 20 pertanyaan (15 menit)
  2. Vocabulary: 30 pertanyaan (10 menit)
  3. Grammar and Structure: 40 pertanyaan (30 menit)
  4. Reading Comprehension: 40 pertanyaan (40 menit)
  5. Composing Skills: 40 pertanyaan (40 menit)

Tes Wawancara

Peserta yang telah menempuh tes tertulis dan berhasil memperoleh nilai sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan oleh MM FEB UGM, selanjutnya akan dipanggil untuk mengikuti tes tahap berikutnya, yaitu tes wawancara. Hasil tes wawancara ini akan memberikan gambaran umum mengenai kepribadian, motivasi dan kemampuan peserta dalam mengikuti Program S2. Aspek penilaian dalam tes wawancara meliputi penampilan dan sikap ketika wawancara, kejernihan pola pikir, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, motivasi menempuh pendidikan, komitmen terhadap proses pembelajaran, pengembangan diri dan karir, serta wawasan tentang bisnis dan ekonomi.

MM FEB UGM memutuskan hasil penerimaan berdasarkan pada hasil tes seleksi tertulis dan tes wawancara. Bentuk keputusannya adalah:

  1. Diterima Penuh di Program Reguler atau Internasional
  2. Diterima Bersyarat, apabila peserta dinyatakan lolos tes wawancara akan tetapi belum memenuhi nilai yang disyaratkan
  3. Tidak Diterima.