slide
slide
Prev
Next

WEALTH MANAGEMENT CERTIFICATION PROGRAM


 

CWM PUBLIK

 

PENDAHULUAN

Certified Wealth Management (CWM) adalah program pendidikan yang komprehensif mempelajari tiga pilar pokok Wealth management, dimana seorang wealth management dituntut untuk memahami:

 

Pilar 1: Mengakumulasikan kekayaan melalui berbagai instrument investasi yang aman.

Pilar 2: Memproteksi kekayaan melalui Perencanaan asuransi dan perencanaan pajak dan

Pilar 3: Dapat mendistribusikan kekayaan kepada ahli waris melalui perencanaan waris yang baik

 

MM UGM bekerja sama dengan Ikatan banker Indonesia (IBI) dan Lembaga Sertifikasi Perbankan (LSPP) untuk menyelenggarakan program pelatihan dan sertifikasi di bidang wealth management sesuai dengan SKKNI Kementrian Tenaga Kerja Nomor 17 Tahun 2018.

 

KKNI WEALTH MANAGEMENT

 

Kualifikasi Nasional Indonesia bidang Wealth Management terbagi menjadi 3 (tiga) jenjang yaitu:

Jenjang 5 atau Level I: Associate Wealth Management (AWM);

Jenjang 6 atau Level II: Qualified Wealth Management (QWM); dan

Jenjang 7 atau Level III: Certified Wealth Management (CWM).

 

  1. Level I: Associate Wealth Management (AWM)

 

Daftar Unit Kompetensi WM Level I

Kompetensi Inti
1. K.66WMA00.001.1 Melayani Nasabah sesuai  Kode Etik Wealth Manager
2. K.66WMA00.002.1 Memberikan Layanan Wealth Management dengan Menggunakan Hasil Riset Pasar
3. K.66WMA00.003.2 Menetapkan Profil Risiko Nasabah Berdasarkan Faktor Risiko dan Imbal Hasil
4. K.66WMA00.004.1 Memberikan Konsultasi dalam Mengelola Kas dan Setara Kas
5. K.66WMA00.005.2 Memberikan Konsultasi dalam Mengelola Utang/Pembiayaan dan Likuiditas
Kompetensi Pilihan
1. K.66WMA00.006.2 Memberikan Konsultasi dalam Mengelola Perlindungan Kekayaan Nasabah Melalui Asuransi
2. K.66WMA00.010.2 Memberikan Konsultasi dalam Mengelola Investasi Reksa Dana
3. K.66WMA00.014.2 Memberikan Konsultasi dalam Perencanaan Pajak

 

Persyaratan Peserta Sertifikasi WM Level I – AWM:

  • Pegawai industri keuangan bank yang memiliki pengalaman di bidang pemasaran produk dan jasa keuangan minimal 1 (satu) tahun, atau
  • Pegawai Industri keuangan bank yang menjalankan fungsi konsultasi Wealth Management dan memiliki pengalaman di bidang pemasaran produk dan jasa keuangan minimal 1 (satu) tahun, atau
  • Pegawai di sektor industri keuangan non bank yang memiliki pengalaman kerja di bidangnya minimal 1 (satu) tahun, serta
  • Memiliki latar belakang pendidikan minimal Diploma 3 atau yang sederajat.

 

  1. Level II: Qualified Wealth Management (QWM)

 

Daftar Unit Kompetensi Level II

Kompetensi Inti
1. K.66WMA00.006.1 Memberikan konsultasi dalam mengelola perlindungan Kekayaan nasabah melalui asuransi
2. K.66WMA00.007.2 Memberikan konsultasi dalam mengelola program pensiun
3. K.66WMA00.009.2 Memberikan konsultasi dalam mengelola investasi obligasi
4. K.66WMA00.010.2 Memberikan konsultasi dalam mengelola investasi reksa dana
5. K.66WMA00.012.2 Memberikan konsultasi dalam mengelola investasi tresuri
6. K.66WMA00.014.2 Memberikan konsultasi dalam Perencanaan pajak
7. K.66WMA00.015.2 Memberikan konsultasi dalam mengelola warisan
Kompetensi Pilihan
1. K.66WMA00.001.2 Melayani nasabah sesuai kode etik wealth manager
2. K.66WMA00.002.2 Memberikan layanan wealth management dengan menggunakan hasil riset pasar
3. K.66WMA00.003.2 Menetapkan profil risiko nasabah berdasarkan faktor risiko dan imbal hasil
4. K.66WMA00.004.2 Memberikan konsultasi dalam mengelola kas dan setara kas
5. K.66WMA00.005.2 Memberikan konsultasi dalam mengelola utang/pembiayaan dan likuiditas

 

Persyaratan Peserta Sertifikasi WM Level II – QWM:

  • Pegawai Industri Keuangan Bank pada jabatan Kepala Bagian dan/atau Kepala Departemen yang membawahi bidang pemasaran produk dan jasa keuangan yang memiliki pengalaman di bidang pemasaran produk dan jasa keuangan minimum 1 (satu) tahun, atau
  • Pegawai Industri Keuangan Non Bank yang menjalankan fungsi konsultasi wealth management dan memiliki pengalaman di bidang pemasaran produk dan jasa keuangan minimum 3 (tiga) tahun dalam memberikan konsultasi wealth management kepada nasabah/calon nasabah dan memantau pelaksanaan pengelolaan kekayaan nasabah, dan
  • Telah memiliki sertifikat kompetensi Wealth Management level Associate Wealth Manager Kualifikasi 5 KKNI (AWM) yang diterbitkan oleh LSPP.

 

  1. Level III: Certified Wealth Management (CWM)

 

Daftar Unit Kompetensi Level III

Kompetensi Inti
1. K.66WMA00.006.2 Memberikan Konsultasi dalam Mengelola Perlindungan Kekayaan Nasabah Melalui Asuransi
2. K.66WMA00.007.2 Memberikan Konsultasi dalam Mengelola Program Pensiun
3. K.66WMA00.008.2 Memberikan Konsultasi dalam Mengelola Investasi Saham
4. K.66WMA00.009.2 Memberikan Konsultasi dalam Mengelola Investasi Obligasi
5. K.66WMA00.010.2 Memberikan Konsultasi dalam Mengelola Investasi Reksa Dana
6. K.66WAM00.011.2 Memberikan Konsultasi dalam Mengelola Produk Derivatif dan Investasi Alternatif
7. K.66WMA00.012.2 Memberikan Konsultasi dalam Mengelola Investasi Tresuri
8. K.66WMA00.013.2 Memberikan Konsultasi dalam Mengelola Investasi Luar Negeri
9. K.66WMA00.014.2 Memberikan Konsultasi dalam Perencanaan Pajak
10. K.66WMA00.015.2 Memberikan Konsultasi dalam Mengelola Warisan
Kompetensi Pilihan
11. K.66WMA00.001.2 Melayani nasabah sesuai kode etik wealth manager
12. K.66WMA00.002.2 Memberikan layanan wealth management dengan menggunakan hasil riset pasar
13. K.66WMA00.003.2 Menetapkan profil risiko nasabah berdasarkan faktor risiko dan imbal hasil
14. K.66WMA00.004.2 Memberikan konsultasi dalam mengelola kas dan setara kas
15. K.66WMA00.005.2 Memberikan konsultasi dalam mengelola utang/pembiayaan dan likuiditas

 

Persyaratan Peserta Sertifikasi WM Level III:

  • Pegawai industry perbankan pada jabatan : Wakil Kepala Divisi (Setara), atau Kepala Divisi (Setara) atau Kepala Kantor Wilayah (Setara) dan atau Direktur (Direktur) yang membawahi bidang pemasaran produk dan jasa kauangan.
  • Pegawai industry keuangan non bank yang menjalankan fungsi konsultasi Wealth Management disektor jasa keuangan minimal 3 (tiga) tahun dalam mengambil keputusan dan memantau pelaksanaan fungsi konsultasi dan rekomendasi Wealth management.
  • Pegawai inndustri keuangan baik bank maupun non bank yang telah memiliki sertifikasi kompetensi Wealth Management level II – Qualified Wealth Manager (QWM)

 

  1. Level III: Certified Wealth Management (CWM) FAST TRACK

 

Daftar Unit Kompetensi Level I – III

Persyaratan Peserta Sertifikasi WM Level III-CWM:

  • Pegawai industry perbankan pada jabatan : Wakil Kepala Divisi (Setara), atau Kepala Divisi (Setara) atau Kepala Kantor Wilayah (Setara) dan atau Direktur (Direktur) yang membawahi bidang pemasaran produk dan jasa kauangan.
  • Pegawai industry keuangan non bank yang menjalankan fungsi konsultasi Wealth Management disektor jasa keuangan minimal 3 (tiga) tahun dalam mengambil keputusan dan memantau pelaksanaan fungsi konsultasi dan rekomendasi Wealth management.
  • Belum pernah mengikuti ujian WM Level I & II LSPP

 

MANFAAT

  1. Mendapatkan sertifikat pendidikan dari MM FEB UGM
  2. Memperoleh gelar profesi yang bergengsi dari IBI yaitu Certified Wealth Manager (CWM).
  3. Memperoleh sertifikat kompetensi bidang Wealth Management Level III dari LSPP dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
  4. Konsumsi selama proses pendidikan

 

JADWAL PROGRAM WM TAHUN 2020

 

AWM Program (WM level I), Hari: Selasa – Jumat, Jam 08.00 – 17.00

Batch 1: 21 – 25 April 2020

Batch 2: 21 – 25 Juli 2020

Batch 3: 11 – 15 Agustus 2020

Batch 4: 20 – 24 Oktober 2020

Investasi Rp 10.000.000,-*

 

QWM Program (WM level II), Hari: Selasa – Jumat, Jam 08.00 – 17.00

Batch 1: 25 – 29 Agustus 2020

Batch 2: 22 – 26 September 2020

Batch 3: 20 – 24 Oktober 2020

Investasi Rp 10.000.000,-*

 

CWM Program Fast Track (WM Level III), Hari: Jumat & Sabtu, Jam 08.00 – 17.00

6 November – 12 Desember 2020 Investasi Rp. 30.000.000,-*

 

*) Harga tersebut sudah termasuk Biaya Ujian Kompetensi LSPP-IBI

 

Formulir  Pendaftaran: http://ugm.id/formcwmpublik

 

SYARAT DAN KETENTUAN PENDAFTARAN

 

Catatan Penting Untuk Peserta

Dengan  melengkapi  formulir  aplikasi, berarti Bapak/Ibu  telah  membaca  dan  menyetujui syarat  dan  ketentuan  yang  telah ditetapkan (Mengisi dan menyerahkan berkas data diri untuk administrasi pendaftaran ujian)

 

Cara Pembayaran

Pembayaran biaya program dilakukan paling  lambat  5  (lima)  hari  setelah invoice  diterbitkan, atau maksimal 5 hari sebelum program dimulai.

 

INFORMASI & KONTAK

Office Of Admission, OIA and Execitive Development Program

MM FEB UGM Jakarta Campus

Jl. Dr. Saharjo no 83, Tebet, Jakarta Selatan 12850

Phone   :               +62 21 83700333, 83700339

Fax.        :               +62 21 83700372, 83700374

Contact person:

Mia        :               0818261224, mia@ugm.ac.id

Imron    :               085213371661, imron.alamin@ugm.ac.id

 

SEKRETARIAT IKATAN BANKIR INDONESIA

IBI Tower 2nd Floor

Jl. Fatmawati No. 2-4

Jakarta 12430

Phone: (+62) 21 75901547 ext 203,

Contact person :

Dewi     :      0852 2512 5771

Email: katri.dewi@ikatanbankir.or.id

 

LSPP

IBI Tower 2nd Floor

Jl. Fatmawati No. 2-4

Jakarta 12430

Phone: (+62) 21 75901547

Contact person :

Mei     :      0818 0551 5253

Email: mei@lspp.or.id

 

TENTANG MM FEB UGM:

Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) menawarkan pendidikan MBA dan eksekutif yang berkualitas tinggi sesuai dengan standar internasional, dibuktikan dengan kuatnya kolaborasi dengan banyak sekolah bisnis prestisius di dunia. MM FEB UGM sebagai bagian dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM telah berhasil memperoleh akreditasi international AACSB. Hal ini memberikan kemudahan dan akses kepada para mahasiswa untuk mengikuti student exchange dan double degree programs di berbagai bidang spesialisasi. Jaringan international ini memberikan kesempatan luas bagi civitas akademika untuk melakukan joint research dan faculty exchange programs dengan universitas mitra. MM FEB UGM mengaplikasikan 4 pilar model pendidikan professional yang secara unik mengkombinasikan ilmu pengetahuan, keahlian, bakat dan jiwa dalam kurikulumnya. Kami menyakini hal tersebut sangat diperlukan untuk menjadi pemimpin professional dimasa mendatang. Bergabunglah dan temukan potensi kepemimpinan Anda dengan mengikuti program unggulan di MM FEB UGM.

 

TENTANG IBI (IKATAN BANKIR INDONESIA)

 

Ikatan Bankir Indonesia atau IBI secara resmi berdiri pada 12 Desember 2005 sebagai hasil dari penggabungan antara Institut Bankir Indonesia dan Bankers Club  Indonesia  pada  28  Juli  2005.

Pendirian tersebut disaksikan Gubernur Bank  Sentral  dan  Menteri Keuangan Republik Indonesia. Visi IBI adalah menjadi asosiasi profesi bankir di Indonesia dan memberikan manfaat bagi para anggotanya dalam bidang pengembangan profesi, praktik perbankan yang sehat, dan penerapan tata kelola yang baik untuk membantu pemerintah mengembangkan ekonomi nasional yang kuat melalui 6 kegiatan utama:

  1. menyatukan bankir  dari  seluruh bank yang beroperasi di Indonesia,
  2. meningkatkan profesionalisme dan integritas bankir, membantu para anggota,
  3. menyediakan sertifikasi kompetensi profesi bagi para anggota,
  4. menjadi mitra  profesional bagi  otoritas  perbankan  dan pemerintah  untuk  mewujudkan sistem perbankan yang sehat,
  5. mewujudkan anggota yang disiplin melalui Kode Etik Bankir Indonesia.

 

TENTANG LSPP (LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI PERBANKAN)

 

LSPP  merupakan  kepanjangan  dari Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan dan  didirikan  oleh  IBI  termasuk Perbanas, Himbara, Asbisindo, Asbanda dan  Perbarindo. LSPP  didirikan pada  2006  dibawah  lisensi  Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan menyediakan sertifikasi bankir dalam 9 bidang yaitu Manajemen Risiko, Audit Internal,  General  Banking,  Treasury Dealer,  Compliance,  Funding  and Services, Operations, Kredit and Wealth Management. Sertifikasi  kompetensi yang  dikelola  oleh  LSPP  meliputi  3 aspek  yang  ditentukan  oleh  BNSP (Badan  Nasional  Sertifikasi  Profesi) yaitu  Pengetahuan,  Keahlian  dan Perilaku untuk menghadapi tantangan industri modern perbankan. Sejak 2008 sampai dengan 2018 LSPP telah mensertifikasi 161.495 bankir dari seluruh bank di Indonesia.

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962 | 0811-283-7919
Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388


JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan
Hotline: 0813-1686-0011
Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 |