slide
slide
Prev
Next

Kampus Jakarta


SPESIFIKASI PROGRAM

Program Studi MM FEB UGM Kampus Jakarta memiliki periode penerimaan mahasiswa baru setiap semester yaitu intake Februari dan Agustus. Calon mahasiswa baik jurusan Ekonomi maupun Non Ekonomi Wajib mengikuti Program Pra-MBA (Matrikulasi) selama 1 semester yang merupakan bagian dari seleksi sebelum memasuki program MBA. Untuk calon mahasiswa S1 jurusan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada dan lulus dalam 5 tahun terakhir dengan predikat Cum Laude dapat langsung menempuh semester 1 Program MBA, dengan syarat menunjukan transkrip, Sertifikat Cum Laude, lulus PAPs dan AcEPT serta lulus Tes Wawancara.

PROGRAM PRA MBA (MATRIKULASI)

Program khusus yang ditujukan untuk memberikan penyegaran dan menyiapkan calon mahasiswa baru sebelum mengambil program MBA. Program Pra MBA membantu calon mahasiswa menyiapkan diri dengan budaya akademik di lingkungan Program Studi MM FEB UGM dan sekaligus menyelaraskan pengetahuan bisnis para mahasiswa dengan latar belakang kesarjanaan (S1) yang beragam. Program Pra MBA berlangsung selama 1 semester dan terdiri dari 4 mata kuliah yaitu Business and Management, Managerial Economics, Accounting and Finance, dan Statistics for Business Decisions dengan total 12 SKS. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dari Program Pra MBA memperoleh sertifikat Pra MBA yang berlaku selama 1 tahun sejak memulai Program Pra MBA. Dengan sertifikat tersebut, calon mahasiswa dapat melanjutkan ke Program MBA.

PROGRAM MBA (Master of Business Administration)

Program Studi MM FEB UGM Kampus Jakarta memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk bergabung dalam salahvsatu dari 4 Program MBA yaitu Regular MBA, International Executive MBA, Executive MBA dan Senior Executive MBA.

  1. PROGRAM MBA (REGULAR MBA)
  • Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Indonesia.
  • Dapat mengikuti International Academic Exposure (IAE) dan Student Exchange Program (SEP) sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Kuliah diselenggarakan hari Senin sampai Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB.
  • Calon mahasiswa diutamakan memiliki pengalaman organisasi/kerja/bisnis minimal 1 tahun, dengan skor Tes Bahasa Inggris minimal 475 dan skor Tes Potensi Akademik minimal 500.
  • Masa studi normal adalah 3 semester dengan masa studi maksimal 8 semester.
  1. PROGRAM IEMBA (INTERNATIONAL EXECUTIVE MBA)
  • Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Inggris.
  • Wajib mengikuti salah satu program Internasional yaitu International Academic Exposure (IAE), Student Exchange Program (SEP) dan Dual Degree Program (DDP).
  • Kuliah diselenggarakan hari Senin sampai Jumat pukul 19.00-22.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00-18.00 WIB.
  • Calon mahasiswa diutamakan memiliki pengalaman organisasi/kerja/bisnis minimal 1 tahun, dengan skor Tes Bahasa Inggris minimal 525 dan skor Tes Potensi Akademik minimal 500.
  • Masa studi normal adalah 4 semester untuk IAE dan SEP, 5 semester untuk DDP dengan masa studi maksimal 8 semester.
  1. PROGRAM EMBA (EXECUTIVE MBA)
  • Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Indonesia.
  • Dapat mengikuti International Academic Exposure (IAE) dan Student Exchange Program (SEP) sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Kuliah diselenggarakan setiap hari Senin-Jumat pukul 19.00-22.00 WIB
  • Calon mahasiswa wajib memiliki pengalaman organisasi/kerja/bisnis minimal 1 tahun, dengan skor Tes Bahasa Inggris minimal 475 dan skor Tes Potensi Akademik minimal 500.
  • Masa studi normal adalah 4 semester dengan masa studi maksimal 8 semester.
  1. PROGRAM SEMBA (SENIOR EXECUTIVE MBA)
  • Pengantar materi kuliah, diskusi dan tugas kasus dan ujian serta tesis menggunakan Bahasa Indonesia.
  • Dapat mengikuti International Academic Exposure (IAE) dan Student Exchange Program (SEP) sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Kuliah diselenggarakan setiap hari Jumat pukul 19.00-22.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00-18.00 WIB
  • Calon mahasiswa wajib memiliki pengalaman organisasi/kerja/bisnis minimal 3 tahun, dengan skor Tes Bahasa Inggris minimal 475 dan skor Tes Potensi Akademik minimal 500.
  • Masa studi normal adalah 4 semester dengan masa studi maksimal 8 semester.

BIDANG KONSENTRASI

Program Studi MM FEB UGM Kampus Jakarta menyediakan 6 bidang konsentrasi yang dapat dipilih mahasiswa yaitu:

  1. Entrepreneurship
  2. Finance
  3. Human Resource and Organization
  4. Marketing
  5. Operations Management
  6. Strategic Management
  7. Customized Concentration (in house MBA)
  • Matakuliah konsentrasi akan terbentuk minimal 15 orang

SYARAT PENDAFTARAN

1. Memiliki ijazah asli S1 atau D-IV

2. Memiliki Transkrip Nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang S1 atau yang setara, dengan kriteria sebagai berikut:

  • ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A/Unggul, atau;
  • ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B;
  • ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C;

3. Memiliki sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1/D-IV atau yang setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  • Program Studi yang sedang dalam proses perpanjangan akreditasi, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi dari BAN-PT/LAM-PTKes. Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku.
  • Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI. Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut

1. Bagi calon mahasiswa harus melampirkan hasil tes Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris yang berlaku maksimal 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat dan dari lembaga yang diakui oleh UGM sebagai berikut:

  • Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, atau Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) PLTI dengan skor minimal 500.
  • Melampirkan nilai Tes Bahasa Inggris yang masih berlaku dengan skor minimal 475, yakni setara 243 untuk Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM untuk program Regular MBA, Executive EMBA dan Senior Executive MBA, sedangkan untuk Program International MBA dengan skor minimal ITP TOEFL 525, yakni setara 307 untuk AcEPT; IELTS: 6.0

2. Diutamakan memiliki pengalaman organisasi/bisnis/kerja minimal 1 tahun untuk Program Regular, International & Program Executive MBA dan minimal 3 tahun untuk Program Senior Executive MBA.

  • Memiliki Asuransi Kesehatan.

JADWAL PENDAFTARAN

JADWAL PENDAFTARAN INTAKE FEBRUARI 2023
KELAS MBA & EMBA 54, SEMBA 46 & IEMBA 16
KAMPUS JAKARTA

1

LINK PENDAFTARAN KLIK DISINI

INFORMASI BIAYA PENDIDIKAN (UKT)
INTAKE FEBRUARI 2023 (MBA-EMBA 54, SEMBA 46 & IEMBA 16)

REGULER MBA

EXECUTIVE MBA

SENIOR EXECUTIVE MBA

INTERNATIONAL EXECUTIVE MBAKeterangan

* Estimasi biaya pendidikan selama masa studi normal
* Tidak termasuk biaya buku

Biaya Pendidikan (Non-Refundable)

  1. Bagi calon Mahasiswa yang telah diterima menjadi Mahasiswa Pra MBA, jika mengundurkan diri maka biaya pendidikan yang dibayarkan tidak dapat dikembalikan
  2. Mulai semester 1 dan seterusnya, pengunduran diri yang dilakukan pada saat mahasiswa telah melakukan pembayaran pada setiap termin, maka biaya pendidikan yang dibayarkan pada termin tersebut tidak dapat dikembalikan.

PROSEDUR PENDAFTARAN

Calon mahasiswa yang berminat menempuh pendidikan di Program Studi MM FEB UGM Kampus Jakarta harus mengikuti 2 tahap proses pendaftaran yaitu pedaftaran ke MM FEB Kampus Jakarta, dan pendaftaran daring (online registration) ke Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada (UM UGM).

1.     PENDAFTARAN KE MM FEB UGM KAMPUS JAKARTA

Calon mahasiswa melakukan pendaftran via http://ugm.id/formulirpendaftaranmaba dan menyerahkan persyaratan pendaftaran ke Bagian Admisi MM FEB UGM  Kampus Jakarta setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00-14.00 WIB.

Pelayanan admisi dilakukan secara daring dapat menghubungi pada kontak berikut:

  • Hotline 1 (+62-813-1686-0011)
  • (+62-812-9605-0906)

EMAIL: admissions-mmjkt.feb@ugm.ac.id

Atau dapat langsung datang ke kampus MM FEB UGM Jakarta, yang berada di Jl. Dr. Saharjo No. 83, Tebet, Jakarta Selatan

2.     PENDAFTARAN KE UJIAN MASUK UGM

Calon mahasiswa melakukan pendaftaran seacara online ke sistem Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada (UM UGM) yang dikelola oleh Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM (UM UGM) sesuai jadwal yang ditentukan. Maka mohon calon mahasiswa secara aktif berkomunikasi dengan Bagian Admisi MM Kampus Jakarta dan rutin mengecek website https://um.ugm.ac.id/ secara berkala untuk mengetahui jadwal pendaftaran online UM UGM.

TAHAP SELEKSI

Proses pendaftaran untuk mengikuti pembelajaran di MM FEB UGM Kampus Jakarta mengikuti 3 tahap seleksi yaitu seleksi administrasi, seleksi wawancara dan seleksi via Sistem UM UGM.

1. SELEKSI ADMINISTRASI

Calon mahasiswa wajib memenuhi seluruh dokumen yang disyaratkan, diantaranya adalah memiliki 2 hasil tes yakni Tes Bahasa Inggris, dan Tes Potensi Akademik. Materi Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik merupakan tes yang disyaratkan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris calon mahasiswa dalam kaitannya dengan dunia akademik dan kemampuan calon mahasiswa dalam hal pengetahuan umum, logika dan analisis.

KETENTUAN DAN SYARAT MINIMAL SKOR:

PROGRAM REGULER MBA:

  • Tes Bahasa Inggris minimal 475 setara 243 untuk Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM; atau setara 475 untuk TOEP dari PLTI;
  • Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, atau Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) PLTI dengan skor minimal 500.

PROGRAM INTERNATIONAL EXECUTIVE MBA (IEMBA):

  • Tes Bahasa Inggris minimal 525 setara 307 untuk Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM; atau setara 525 untuk TOEP dari PLTI;
  • Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, atau Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) PLTI dengan skor minimal 500.

PROGRAM EXECUTIVE MBA (EMBA):

  • Tes Bahasa Inggris minimal 475 setara 243 untuk Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM; atau setara 475 untuk TOEP dari PLTI;
  • Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, atau Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) PLTI dengan skor minimal 500.

PROGRAM SENIOR EXECUTIVE MBA (SEMBA):

  • Tes Bahasa Inggris minimal 475 setara 243 untuk Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM; atau setara 475 untuk TOEP dari PLTI;
  • Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, atau Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) PLTI dengan skor minimal 500.

2. SELEKSI WAWANCARA

Calon mahasiswa yang telah lolos seleksi administrasi akan diundang untuk tes wawancara. Pewawancara dari Program Studi MM FEB UGM Kampus Jakarta menggali potensi calon mahasiswa dari aspek potensi kepemimpinan, komitmen terhadap proses pembelajaran, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, kompetensi dan kapabilitas akademik, kepribadian dan motivasi belajar, serta potensi pengembangan karir.

3. SELEKSI VIA SISTEM UM UGM

Calon mahasiswa yang telah lolos seleksi wawancara diwajibkan melakukan pendaftaran secara online ke sistem Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada (UM UGM) yang dikelola oleh Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM (DPP UGM) sesuai jadwal yang ditentukan. Calon mahasiswa secara rutin mengecek website UM UGM  untuk mengetahui jadwal pendaftaran online dan untuk kelancaran prosesnya, calon mahasiswa wajib aktif berkomunikasi dengan Bagian Admisi MM FEB UGM Kampus Jakarta.

Untuk calon mahasiswa baru wajib melakukan prosedur pendaftaran secara online ke UM UGM (dengan terlebih dulu menginformasikan atau berkonsultasi ke Bagian Admisi MM FEB UGM Kampus Jakarta) sebegai berikut:

  1. Siapkan hasil pindai/scanned dokumen dengan ukuran maksimal 800kb dalam format PDF dan pas foto dalam format JPEG untuk diunggah (upload).
  2. gunakan aplikasi yang telah tersedia di internet untuk membantu me-resize ukuran dokumen file atau mengubah gambar menjadi format *.pdf.
  3. mohon menjadi perhatian bahwa panitia UM UGM hanya menverifikasi dokumen yang sesuai dengan ketentuan dan menggungah (upload) sesuai tempatnya. apabila tidak diverifikasi maka peserta dapat mengulang mendaftar dari awal dan membayar lagi biaya pendaftaran jika pendaftaran online masih dibuka.

5

LINK UNDUH DOKUMEN (7,8,9):

Proyeksi Keinginan

Surat Pernyataan Keaslian Dokumen

Surat Izin Studi/Tugas Belajar (jika masih aktif bekerja)

6

HASIL SELEKSI

Calon mahasiswa yang telah mengikuti keseluruhan proses seleksi akan memperoleh status penerimaan sebagai berikut

  • Diterima Penuh di Program Pra MBA (Regular Pra MBA, International Pra MBA dan Senior Executive Pra MBA);
  • Diterima Penuh di Semester 1 (Regular MBA, International MBA, Senior Executive MBA) apabila dinyatakan lolos tes administrasi dan wawancara (Lolos Tanpa Pra MBA), serta telah Lulus Pra MBA; atau
  • Ditolak.

YOGYAKARTA: Jl. Teknika Utara, Yogyakarta, Indonesia 55281
Hotline: 0811-282-3806 | 0811-283-2962 | 0811-283-7919
Telepon: (62) (274) 556912, 515536, 562222, 589384, 511036 | Faksimile: (62) (274) 564388


JAKARTA: Jl. Dr. Saharjo No. 83 Tebet Jakarta Selatan
Hotline: 0813-1686-0011
Telepon: (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340 | Faksimile: (62) (21) 83700372 |