Magister Manajemen | Universitas Gadjah Mada

Persyaratan Pendaftaran

SYARAT PENDAFTAR  PROGRAM S2 MAGISTER MANAJEMEN:

  1. Mempunyai ijazah S1 atau DIV. 
  2. Mempunyai IPK S1 ≥ 2,75 dalam skala 4, pendaftar adalah lulusan program studi
    terakreditasi B.
    Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan
    dengan surat keterangan dari pimpinan Perguruan Tinggi. Apabila dokumen Akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
  3. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
  4. Mempunyai nilai  Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau  Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat;
  5. Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat. Nilai kemampuan bahasa Inggris beserta sertifikat yang dapat digunakan adalah:

 

PROSEDUR PENDAFTARAN:

  1. Menyerahkan semua berkas pendaftaran pada poin 7 (hardcopy dan softcopy) dilampiri dengan formulir pendaftaran yang sudah diisi (disediakan oleh MM FEB UGM) dan foto berwarna 3x4 sebanyak 4 lembar serta fofokopi KTP sebanyak 1 lembar;
  2. Pendaftar yang belum mempunyai nilai TPA dan TBI membayar biaya pendaftaran Rp. 750.000,- (paling lambat 2 Januari 2015) ke Bank : BNI 46 No. Rek. 9888802071130644  Nama : FEB MM Titipan Pendaftaran Calon Mahasiswa
    Membayar biaya tes PAPS dan AcEPT:
    • Tes PAPS biaya Rp. 125.000,00 dibayarkan ke No. Rek. 98888 0207 416 0003 an. UGM FEB MM PENERIMAAN LAYANAN MM.
    • Tes AcEPT biaya Rp. 125.000,00 dibayarkan secara host to host  dengan Kode Pembayaran: 4141ddmmyyyy (Tgl. Lahir).
  1. Pendaftar yang sudah mempunyai nilai TPA dan TBI membayar biaya pendaftaran Rp. 750.000,- (paling lambat 15 Desember 2014 Pk. 23.59 WIB). Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN dengan kode pembayaran 982. Saudara tidak perlu menggunakan slip setoran, cukup menyebutkan kode pembayaran diikuti dengan tanggal lahir calon pendaftar dengan format ddmmyyyy, misalnya: calon pendaftar  yang tanggal lahirnya 4 Maret 1981, kode pembayarannya 98204031981
  2. Apabila transaksi berhasil dibukukan, teller akan memberikan bukti pembayaran biaya pendaftaran yang memuat password untuk mendaftar secara online (Khusus pendaftar yang sudah mempunyai nilai TPA dan TBI)
  3. Pendaftaran calon mahasiswa program pascasarjana dilakukan secara online di http://um.ugm.ac.id/v.2015/pasca/idx.phppaling lambat 16 Desember 2014 pk. 23.59 WIB (Khusus pendaftar yang sudah mempunyai nilai TPA dan TBI)
  4. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. 
    Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
  5. Siapkan scan dokumen di bawah ini (dalam format .jpeg, ukuran maksimal 200kb; file gambar dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), diunggah pada saat mendaftar secara online :

 

No

Dokumen

1

Pas foto resmi terbaru, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera.

2

Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal

3

Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal

4

Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini) jenjang pendidikan yang terakhir

5

Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPENAS yang masih berlaku

6

Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku. Sertifikat yang diakui adalah:

    • Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM atau;
    • IELTS dari institusi yang diakui oleh IDP atau;
    • TOEFL Internet-Based (IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF atau;
    • TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari institusi yang diakui oleh IIEF

7

Rekomendasi dari 2 (dua) orang atasan/dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik, format dapat diunduh di http://img.akademik.ugm.ac.id/unduh/2013/FORM_KELAYAKAN_AKADEMIK.pdf

8

Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit 

9

Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah form dapat diunduh di http://img.akademik.ugm.ac.id/unduh/2013/FORM_PROYEKSI_KEINGINAN.pdf

10

Surat ijin studi dari instansi bagi yang sudah bekerja, format dapat diunduh di http://img.akademik.ugm.ac.id/unduh/2014/FORM_IZIN_BELAJAR.pdf

  • Pendaftar yang sudah mendaftar online silahkan cetak Bukti Pendaftaran Saudara dan diserahkan ke bagian Admisi  MM FEB UGM paling lambat 16 Desember 2014 dilampiri dengan berkas pendaftaran hardcopy asli dan softcopy (Khusus pendaftar yang sudah mempunyai nilai TPA dan TBI)
  • Pendaftar yang belum mempunyai nilai TPA dan TBI tidak perlu mendaftar secara online, Saudara cukup menyerahkan berkas pendaftaran hardcopy asli dan softcopy ke bagian Admisi MM FEB UGM paling lambat 2 Januari 2015, dan mengikuti seleksi tertulis 9 – 10 Januari 2015.

 

Jadwal Pendaftaran Reguler & Internasional Angk. 66 - Eksekutif B 25 Kampus Yogyakarta

Kegiatan Punya
Nilai TPA & TBI
Belum Punya
Nilai TPA & TBI
Batas Akhir Pendaftaran 16 Desember 2014
(Daftar online)
2 Januari 2015
 (Tidak daftar online)
Seleksi tertulis 9 Jan. 2015 (TPD) 9 – 10 Jan. 2015
Pengumuman Tes Tertulis 21 Januari 2015 21 Januari 2015
Tes Wawancara 27 Januari 2015 27 Januari 2015
Pengumuman Final 29 Januari 2015 29 Januari 2015
Daftar Ulang Mhs. Baru 29 Jan. – 5 Feb. 2015 29 Jan. – 5 Feb. 2015
Orientasi Mhs. Baru &
Kuliah Pra-MBA Angk. 66
13 Februari & 16 Februari 2015
Orientasi Mhs.  Baru &
Kuliah Pra-MBA Angk. 25
13 Februari & 21 Februari 2015

 

MATERI TES SELEKSI

Tes Pengetahuan Dasar
Tes Pengetahuan Dasar diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berlatar belakang S1 Ekonomi. Tes ini mengevaluasi pengetahuan dan kemampuan dasar peserta mengenai manajemen, bisnis, ekonomi, matematika dan statistik. Perta yang dinyatakan lolos tes ini, tidak perlu mengikuti Program Pra-MBA atau matrikulasi.

Materi tes:
1. Introduction to Business: 30 pertanyaan (45 menit)
2. Introductory Economics for Managers: 30 pertanyaan (45 menit)
3. Introduction to Financial Management: 30 pertanyaan (45 menit)
4. Statistics for Business Decision: 30 pertanyaan (45 menit)

Tes Potensi Akademik
Tes Potensi Akademik Program Pascasarjana (PAPS) adalah sebuah tes yang didesain untuk mengukur kemampuan peserta dalam hal pengetahuan umum, logika dan analisis. Peserta tidak diwajibkan menempuh tes ini apabila telah memiliki nilai Tes Potensi Akademik dari lembaga yang direkomendasikan oleh Universitas Gadjah Mada.

Materi tes:
1. Verbal: 40 pertanyaan (25 menit)
2. Quantitative: 40 pertanyaan (40 menit)
3. Logical: 40 pertanyaan (40 menit)

Tes Bahasa Inggris
Academic English Proficiency Test (AcEPT) adalah sebuah tes bahasa Inggris yang didesain untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dalam kaitannya dengan dunia akademik. Tes ini menguji kemampuan membaca (reading comprehension), komposisi (composing skills), kemahiran menyimak (listening comprehension), pengetahuan tatabahasa (structure), dan kosa kata (vocabulary). Hasil tes AcEPT digambarkan dengan menggunakan skor kisaran 61 – 426. Untuk Program S2, skor minimal yang ditetapkan adalah 209 atau setara dengan 450 untuk Tes TOEFL. Peserta tidak diwajibkan menempuh tes ini apabila telah memiliki nilai TOEFL Institusional atau IELTS dari lembaga yang direkomendasikan oleh Universitas Gadjah Mada.

Materi tes:
1. Listening Comprehension: 20 pertanyaan (15 menit)
2. Vocabulary: 30 pertanyaan (10 menit)
3. Grammar and Structure: 40 pertanyaan (30 menit)
4. Reading Comprehension: 40 pertanyaan (40 menit)
5. Composing Skills: 40 pertanyaan (40 menit)

Tes Wawancara
Peserta yang telah menempuh tes tertulis dan berhasil memperoleh nilai sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan oleh MMUGM, selanjutnya akan dipanggil untuk mengikuti tes tahap berikutnya, yaitu tes wawancara. Hasil tes wawancara ini akan memberikan gambaran umum mengenai kepribadian, motivasi dan kemampuan peserta dalam mengikuti Program S2. Aspek penilaian dalam tes wawancara meliputi penampilan dan sikap ketika wawancara, kejernihan pola pikir, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, motivasi menempuh pendidikan, komitmen terhadap proses pembelajaran, pengembangan diri dan karir, serta wawasan tentang bisnis dan ekonomi.

MMUGM memutuskan hasil penerimaan berdasarkan pada hasil tes seleksi tertulis dan tes wawancara. Bentuk keputusannya adalah:

  1. Diterima Penuh di Program Reguler atau Internasional
  2. Diterima Bersyarat, apabila peserta dinyatakan lolos tes wawancara akan tetapi belum memenuhi nilai yang disyaratkan
  3. Tidak Diterima.

 


[Download Application Form] ID

[Download Application Form] EN