Magister Manajemen | Universitas Gadjah Mada

Matakuliah Inti

Business Ethics
Mata kuliah ini berusaha memperkenalkan prinsip-prinsip etika deskriptif, normatif  dan implikasinya terhadap perilaku individu dan lingkungan bisnis. Memahami prinsip-prinsip etika atau norma tersebut akan memberikan wawasan mendalam terhadap perilaku dan sikap yang diterima secara sosial. Walaupun isu-isu mengenai etika meliputi seluruh aspek kehidupan sosial, mata kuliah ini tetap fokus pada etika-etika bisnis dalam perspektif nasional maupun internasional. Oleh karena itu, mata kuliah ini didesain untuk mendiskusikan beragam aspek yang mempengaruhi proses pembuatan kebijakan manajerial yang melibatkan isu-isu etika.
Business Law
Mata kuliah ini didesain untuk memperdalam pemahaman para mahasiwa terhadap area penting di dalam peraturan perundang-undangan tentang bisnis di Indonesia. Mata kuliah ini melingkupi hukum kontrak termasuk CISG (UN Convention on the International Sales of Goods / Hukum internasional yang dikeluarkan oleh PBB terkait penjualan barang-barang), organisasi-organisasi bisnis, investasi asing, hukum perbankan, hukum pasar modal, hukum kekayaan intelektual, dan hukum terkait kebangkrutan.
Business Research Methods
Mata kuliah ini adalah semacam mata kuliah pengantar metodologi penelitian bisnis. Mata kuliah ini didesain untuk mengenalkan kepada para mahasiswa mengenai konsep-konsep dan masalah-masalah dasar dalam melakukan penelitian bisnis secara ilmiah termasuk di dalamnya adalah tipe-tipe data dan pengukuran, sampling, probabilitas, dan desain penelitian. Mata kuliah ini menekankan pada pentingnya dan batasan-batasan dari teori-teori dan metodologi-metodologi dalam penelitian bisnis secara ilmiah maupun dalam tujuan-tujuan terkait penelitian terapan, evaluasi program, analisa kebijakan, dan etika penelitian. Mata kuliah ini juga didesain untuk secara kritis mendiskusikan proposal-proposal penelitian mahasiswa. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi proses penulisan thesis dengan cara memberikan masukan dan kritik untuk menciptakan desain penelitian yang lebih baik. Diskusi-diskusi mengenai isu-isu dan teori-teori terkait konsep dan metodologi menjadi fokus utama dari mata kuliah ini. Setiap pertemuan bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yang berguna untuk meningkatkan kualitas proposal penelitian melalui diskusi kelas. Para mahasiswa bisa melakukan konsultasi awal dengan pembimbing mereka masing-masing; oleh karena itu, para pembimbing akan diumumkan segera sebelum ujian tengah semester dimulai.
Financial Management
Mata kuliah ini berusaha memperkenalkan lebih dalam kepada mahasiswa terkait keuangan khususnya manejemen keuangan pada perusahaan. Pertama, kami akan mereview beberapa konsep dasar dari manajemen keuangan. Kedua, kami akan mendiskusikan kebijakan investasi strategis termasuk besarnya modal, penggunaan modal, dan perkiraan perputaran uang kas. Ketiga, kami akan mendiskusikan kebijakan keuangan strategis termasuk perancanaan keuangan jangka panjang, struktur modal, dan kebijakan pembagian keuntungan. Terakhir, kami akan mendiskusikan sejumlah topik mengenai manajemen keuangan termasuk didalamnya adalah  manajemen resiko, manajemen penjiplakan dan merger (penggabungan). Kami juga akan mendiskusikan beberapa kasus yang berhubungan dengan manajemen keuangan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap teori-teori dan praktek-praktek terkait manajemen keuangan tadi.
General Business Environment
Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memperluas wawasan mahasiswa terhadap dampak dari lingkungan eksternal (nasional dan internasional, dan variable-variabel ekonomi maupun non-ekonomi) dalam proses pembuatan kebijakan manajemen. Topik-topik yang didiskusikan antara lain: dampak ekonomi, teknologi, sosial, budaya, politik, birokrasi, hukum, demografi, dan variabel-variabel lingkungan lain terkait pertumbuhan bisnis. Sistem ekonomi di Indonesia (lingkungan nasional) akan dipandang dari segi ideologi dan praktiknya di lapangan, pendapatan negara, produksi sektor yang detail dan pemanfaatannya, kebijakan pemerintah, jumlah penduduk dan peluang kerja, dan masalah pendistribusian pendapatan. Sementara itu, diskusi mengenai lingkungan bisnis internasional meliputi topik-topik seperti mekanisme, dampak perdagangan internasional dan keuangan pada lingkungan bisnis domestik, dan masalah perlindungan.
Management Control Systems
Management Control System  adalah sebuah mata kuliah yang ditujukan untuk memperkenalkan para mahasiswa terhadap masalah-masalah yang harus dihadapi terkait bagaimana untuk menerapkan strategi-strategi perusahaan. Pada intinya, mata kuliah ini bersinggungan dengan struktur dan proses yang digunakan dan dilaksanakan oleh manajemen tertinggi dalam menjamin para bawahannya untuk melakukan aktivitas secara efisien dan efektif. Mata kuliah ini juga meliputi aspek perilaku manusia dan organisasi di dalam konteks untuk mencapai tujuan-tujuan individu maupun organisasi. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, nantinya diharapkan para mahasiswa akan mempunyai genggaman konsep yang kuat dan kemampuan untuk mendesain, mengevaluasi, dan melaksanakan sistem kontrol manajemen.
Marketing Management
Mata Kuliah ini mendeskripsikan langkah-langkah ataupun cara-cara yang ditempuh oleh sebuah perusahaan dalam usaha mencapai tujuan-tujuan pemasarannya dengan cara menentukan target pasar secara spesifik dan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai target pasar secara sukses. Oleh karena itu, pemasaran adalah sebuah proses berfikir yang teratur and mendalam mengenai rencana-rencana terkait pasar. Usaha-usaha dalam mencapai target tersebut dilakukan dengan cara-cara yang profesional dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Nilai pelanggan merupakan sebuah faktor pengontrol dalam merumuskan serangkaian strategi dan merekayasanya menjadi sebuah kombinasi pemasaran yang detail yaitu produk, harga, tempat atau distribusi dan promosi, dan rencana pemasaran. Perencanaan, evaluasi, dan peningkatan terkait kombinasi pemasaran tersebut membutuhkan kebijakan-kebijakan dari seorang menejer. Dalam menetukan kebijakannya, seorang menejer sangat mungkin terpengaruh oleh faktor-faktor eksternal yang tidak bisa dikontrol seperti faktor politik, ekonomi, sosial dan hukum, teknologi, demografi, dan persaingan.
Operations Management
Mata Kuliah ini didesain untuk memberikan sebuah pemahaman yang komprehensif mengenai manajemen operasi, mentransformasi input-input menjadi output-output yang bermanfaat. Secara khusus, tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan latar belakang pengetahuan kepada mahasiswa tentang bagaimana barang dan jasa diproduksi dan keterampilan-keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk mengorganisir itu semua menjadi sebuah usaha yang menghasilkan.
Organizational Behavior
Mata kuliah ini terdiri dari campuran dari diskusi-diskusi mengenai teori-teori terkait subjek persoalan dan pengalaman real di dunia bisnis. Mata kuliah ini didesain sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan bisnis di masa sekarang. Buku-buku yang dipakai ditujukan sebagai sumber informasi akademik untuk selanjutnya digunakan untuk memahami fenomena-fenomena real yang terjadi dalam dunia bisnis. Ada 6 macam kasus yang akan didiskusikan di dalam kelas. Kasus-kasus tersebut diseleksi berdasarkan relevansinya terhadap konten mata kuliah yang ada.
Strategic Management
Mata kuliah Manajemen Strategis ditujukan untuk menjadi sebuah mata kuliah yang menantang sekaligus menyenangkan sebagai bagian dari kurikulum pendidikan manajemen. Mata kuliah ini adalah yang pertama dan utama terkait dengan mata kuliah “strategi” and “manajemen perumusan strategi dan proses implementasi” khususnya dalam konteks lingkungan bisnis global.  Sebagai sebuah “lukisan besar,” mata kuliah ini juga didesain untuk membantu para mahasiswa dalam mengintegrasikan pengetahuan dan kemampuan yang mereka dapatkan di dalam kurikulum manajemen inti. Masalah-masalah atau isu-isu perumusan strategi, perumusan dan penerapan atau pelaksanaan melingkupi seluruh spektrum dari bisnis dan manajemen. Oleh karena itu, tujuan utama dari mata kuliah ini adalah untuk mempertajam kemampuan mahasiswa untuk berfikir secara strategis, membuat keputusan-keputusan strategis, dan mempertimbangkan hal-hal menggunakan perspektif usaha total. Secara sistem, mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kepada para mahasiwa mengenai pahit manisnya dunia industri dan analisa persaingan, karakter-karakter lingkungan pasar global, dan tugas-tugas menejerial yang bervariasi dan berhubungan dengan penerapan dan pelaksanaan strategi yang telah dipilih.
Systems and Information Technology
Management Information Technology adalah sebuah mata kuliah interdisipliner yang diperuntukkan bari para mahasiwa pasca sarjana untuk memahami teknologi informasi dan komikasi yang dinamis, proses manajemen, dan perubahan-perubahan keorganisasian. Topik-topik yang didiskusikan meliputi evolusi teknologi informasi dan komunikasi di perusahaan, beberapa aspek terkait hardware dan software komputer, sistem informasi strategis, perdagangan elektronik, sistem desain dan analisis, dan sistem informasi global. Fokus utama dari mata kuliah ini adalah untuk membangun sikap-sikap positif dari mahasiswa terhadap peran strategis dari teknologi informasi dan komunikasi khususnya di dalam proses pembuatan kebijakan bisnis.
Business Communication
Mata kuliah ini didesain untuk membekali para mahasiswa dengan kemampuan dan pengetahuan dasar agar bisa mengekspresikan ide-ide mereka dalam tulisan maupun lisan untuk tujuan-tujuan dan fungsi-fungsi bisnis yang bervariasi. Mata kuliah ini membahas mengenai prinsip, peraturan, dan teknik untuk menyusun dan mengatur ide-ide agar menghasilkan komunikasi lisan maupun tulisan secara efektif. Mata kuliah ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan-kemampuan mahasiswa yang dibutuhkan secara alami daripada mengubah mereka sebagai penulis, pembicara, dan presenter yang baik secara instan.
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan para mahasiswa akan mampu untuk:

1. Menggunakan bahasa (Indonesia dan Inggris) dengan sikap yang sesuai untuk komunikasi bisnis yang profesional

2. Mengembangkan kepercayaan diri dan keahlian di dalam menyusun komunikasi bisnis yang efektif

3. Menyusun strategi komunikasi untuk hasil-hasil yang diharapkan

4. Menyusun dokumen-dokumen bisnis dengan menggunakan format yang sesuai dan profesional

5. Menyampaikan pidato singkat untuk beragam fungsi dan kesempatan-kesempatan dalam bisnis

6. Membuat sebuah presentasi lisan yang profesional menggunakan teknologi informasi yang tersedia