Sustainability Outlook 1.0: “Greenpreneurs Lead the Future”

Sustainability Club, salah satu klub di  Master of Business Administration Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada (MBA FEB UGM), menyelenggarakan acara bertajuk “Sustainability Outlook 1.0: Greenpreneurs Lead the Future” pada hari Jumat, 3 Mei 2024 di Faculty Meeting Room gedung MBA FEB UGM. Acara ini mendatangkan para pembicara terkemuka yang memiliki pengalaman luas dalam bidang keberlanjutan dan inovasi hijau.

Para pembicara yang berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka antara lain yaitu Habib Abdillah Fakhri, CEO PT. Dayasurya Teknologi Mandiri, Dr. Rr Tur Nastiti, M.Si., Ph.D., Dosen FEB UGM dan juga Perwakilan ASEAN Network for Green Entrepreneurship and Leadership, serta Rocky Adiguna, SE., M.Sc., Ph.D., Dosen FEB UGM dan juga Perwakilan ASEAN Network for Green Entrepreneurship and Leadership.

Prof. Amin Wibowo, Ph.D., Direktur MBA FEB UGM kampus Yogyakarta, membuka acara dengan sambutan “Di era yang terus berubah ini, penting bagi kita untuk tidak hanya mengikuti perkembangan zaman, tetapi juga menjadi pemimpin dalam inovasi berkelanjutan. Sebagai institusi pendidikan, MBA FEB UGM berkomitmen untuk mendidik dan menginspirasi para pemimpin masa depan yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang tidak hanya cepat, tetapi juga ramah lingkungan. Ini bukan hanya tentang membuat bisnis lebih hijau, tetapi juga tentang memastikan bahwa semua tindakan kita hari ini dapat mendukung keberlanjutan jangka panjang planet kita.” Ucap Amin.

“Greenpreneurs Lead the Future” tidak hanya sebagai wadah edukasi, tetapi juga sebagai platform networking bagi para profesional, akademisi, dan siapa saja yang berkepentingan dalam dunia keberlanjutan. Acara ini terbuka untuk umum dan diharapkan dapat menginspirasi banyak pihak untuk berkontribusi aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Rocky Adiguna, menekankan bahwa Keberlanjutan adalah masalah kompleks yang tidak bisa diselesaikan secara parsial. Oleh karenanya, perlu upaya kolaboratif untuk bersama-sama memberikan solusi. “Melalui ASEAN Network for Green Entrepreneurship and Leadership (ANGEL), saya optimis bahwa kita dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kepedulian dan praktik bisnis yang berorientasi pada keberlanjutan.” Ungkapnya.

Tur Nastiti, mengapresiasi audiens yang hadir, para mahasiswa terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti acara ini, “para ahli, pelaku bisnis, peneliti, mahasiswa, semua hadir di acara ini memberikan insight yang sangat bagus sehingga para peserta dapat menyerap banyak informasi terkait sustainability business” tutur Nastiti, ia pun berharap adanya kegiatan lanjutan dari program ini seperti penelitian bersama, menciptakan sebuah bisnis, dan bahkan hanya sekedar berdiskusi bersama.

Novan Restu Pramono, MBA., HRBP., Human Capital & Finance PT.Telkom Indonesia yang juga merupakan seorang alumni MBA FEB UGM pun hadir dan menyaksikan acara ini. Ia berharap bahwa acara ini dapat berlanjut dan juga dapat lebih terekspos, sehingga dapat bermanfaat bagi banyak orang. (Humas&Dokumentasi:Danis)