SUMMER PROGRAM 2024 University of Antwerp Belgia dan MBA UGM

Bulan Juli lalu, MBA UGM Jakarta bekerjasama dengan University of Antwerp (UA) Belgia, menyelenggarakan Summer Program 2024 di Yogyakarta dan Jakarta. Pembukaan dimulai tanggal 8 Juli 2024 di MBA FEB UGM Kampus Yogyakarta, yang dibuka dengan welcome speech oleh Wakil Dekan FEB UGM Bayu Sutikno, PhD dan Direktur MBA UGM Jakarta Prof Eduardus Tandelilin, PhD. Sebanyak 36 mahasiswa UA mengikuti kegiatan cultural dan company visit. Kegiatan cultural dimulai dari kota Yogyakarta tanggal 8-12 Juli 2024 dan dilanjutkan kegiatan company visit di kota Jakarta 15-18 Juli 2024.

Kegiatan hari pertama yaitu pemaparan materi tentang International Politics and Economics oleh Djauhari Oratmangun, duta besar Indonesia untuk China dan dilanjutkan materi Cultural Issues di Indonesia oleh Suzie Handajani, PhD. Dihari selanjutnya mahasiswa UA mengunjungi dam melihat proses bisnis di perusahaan Bambu Verde, pabrik Coklat Monggo dan Paradise Batik Safana. Sebagai kota yang kaya akan budaya, para mahasiswa dikenalkan cara membatik, membuat janur dan bermain alat musik tradisional di desa wisata Pancoh.

Setelah dari Yogyakarta, mahasiswa UA melanjutkan kegiatan di Jakarta. Hari pertama mereka mengunjungi Masjid Istiqlal dan bekesempatan untuk berkeliling melihat kemegahan masjid terbesar di Asia Tenggara. Mereka juga berjalan melalui Tolerance Tunnel yang menghubungkan antara Masjid Istiqlal dan Gereja Catedral. Lorong tersebut merupakan cerminan harmoni antar umat beragama di Indonesia. Setelah itu melanjutkan perjalanan ke Kota Tua dan diakhiri berkunjung ke Perusahan NGO Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB). Hari kedua mahasiswa UA berkesempatan untuk mengunjungi perusahaan Astra Honda Motor dan Puratos di Bekasi dan dihari selanjutnya berkunjung di Bursa Efek Indonesia dan Nike untuk sharing session. Kegiatan Summer Program 2024, diakhiri dengan presentasi paper di MBA UGM Kampus Jakarta.

(Pr: Arum, Doc: Alfian & Mukti)