Pererat Jalinan Kebersamaan dan Tingkatkan Kesehatan Warga Sekitar, UGM Selenggarakan Bakti Sosial Pemeriksaan dan Edukasi Kesehatan

Sebanyak 162 orang warga masyarakat mengikuti pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan dalam rangkaian acara bakti sosial UGM. UGM melalui Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM) bersama Direktorat Perencanaan menyelenggarakan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan kesehatan gigi bagi warga lansia dan kader kesehatan wilayah sekitar UGM yang dilaksanakan di Kampus Magister Manajemen UGM (13/12). Wilayah sekitar UGM ini meliputi Desa Sinduadi dan Caturtunggal, Kapanewon Depok yang terdiri dari padukuhan Kocoran, Barek, Sendowo, dan Pogung Kidul yang sering disebut sebagai “pager mangkok”. Acara ini diselenggarakan kembali oleh UGM sebagai wujud kepedulian dan apresiasi atas kerjasama yang baik bagi warga masyarakat selama pelaksanaan pembangunan Rumah Susun (Rusun) bagi pegawai UGM dan dalam rangka menyambut Dies Natalis UGM ke-74.

Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Dr. dr. Rustamaji.,M.Kes dalam rangkaian acara tersebut menyampaikan  bahwa “Kegiatan yang terselenggara ini tidak hanya menjadi bagian agenda UGM, akan tetapi juga bentuk kontribusi nyata pengabdian kepada masyarakat di sekitar kampus, termasuk kegiatan KIBAR (Komunitas Belajar dan Pemberdayaan dengan masyarakat sekitar UGM),” terangnya. Kegiatan ini juga didukung oleh tenaga medis dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan,  Fakultas Kedokteran Gigi, Rumah Sakit Akademik, dan unit yang lain juga memberikan edukasi kesehatan mengenai pola hidup sehat dalam rangkaian bakti sosial ini.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Dr. Arie Sujito, S.Sos.,M.Si dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa “Acara seperti ini merupakan bagian dari  komitmen UGM untuk bersama-sama mengembangkan tradisi “pager mangkok” dimana selain UGM melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat seperti KKN yang hampir menjangkau wilayah Indonesia, namun tetap juga melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi warga sekitar agar tetap berdaya,” tandasnya. Agenda ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan bisa menjadi sarana untuk mempererat jalinan komunikasi bersama warga sekitar UGM yang telah terbangun sejak lama. Kegiatan ini dapat menarik keterlibatan masyarakat dalam kegiatan positif dan juga tetap mendukung UGM untuk terus menjadi institusi pendidikan tinggi yang maju dan menebar banyak manfaat.

Kegiatan positif yang dilaksanakan UGM ini mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat, selaku Jawatan Sosial Kapanewon Depok, Bapak Subaryono mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai bentuk sinergitas, kebersamaan, kolaborasi dan perhatian dari UGM.  Ia berharap kegiatan ini bisa berkesinambungan memberikan manfaat bagi warga kapanewon Depok yang bisa hadir pada kesempatan hari ini. Selain itu, ditemui pada saat jeda rangkaian pemeriksaan dan edukasi kesehatan, Bapak Dayat sebagai salah satu peserta menyampaikan kesan positifnya “Rangkaian ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terlebih tidak sekedar mendapat pemeriksaan kesehatan gratis, akan tetapi juga memperoleh obat yang disarankan, serta bisa berinteraksi secara langsung dengan dokter saat edukasi penyuluhan kesehatan. Semoga kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan oleh UGM,” pungkasnya.

(Sumber: pengabdian.ugm.ac.id)