Bank Indonesia Hadir dalam Executive Series sebagai Bank Central Digital Terdepan

Program Studi Master of Business Administration Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MBA FEB UGM) Kampus Yogyakarta, sukses menggelar Executive Series pada Jumat, 14 Maret 2025. Kegiatan ini diselenggarakan di Auditorium Sukadji Ranuwihardjo MBA FEB UGM. Acara yang mengangkat tema “Digitalisasi Sistem Pembayaran Indonesia: Peluang, Tantangan, Peran Regulator serta Pelindungan Konsumen” ini menghadirkan Ibrahim selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai pembicara, dengan Jovita Angela, S.Si., M.Sc. sebagai moderator.

Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Ak., CA. selaku Dekan FEB UGM membuka acara ini. Beliau menyampaikan bahwa tema kali ini sangat relevan dengan era digital saat ini. Pada sambutannya beliau berkata, “Saya kira ini topik yang relevan dengan kondisi saat ini, melihat kasus-kasus digitalisasi yang kemudian disalahgunakan, banyak mahasiswa bahkan dosen yang tertipu atau tidak menyadari bahwa transaksi-transaksi yang dilakukan mereka itu adalah scam atau tipuan sehingga banyak kerugian yang diakibatkan,” ujar beliau.

Era modern ini pembayaran digital merupakan pembayaran yang lebih efisien. Proses transaksi menggunakan uang elektronik ini memudahkan penggunanya. Bank Indonesia memberikan pelayanan yang cepat dan aman kepada konsumennya. Ibrahim menjelaskan bagaimana Bank Indonesia melayani konsumen dengan baik di era digital ini. “Kita mengemban visi dan misi, di visi dan misi ini kita menjadi Bank Central Digital terdepan. Karena kita tahu sekarang era digital yang mau tidak mau kita harus pintar terbiasa menggunakan fasilitas digital,” ujar Ibrahim.

Ibrahim juga mengungkapkan bahwa ketatnya persaingan untuk masuk ke Bank Indonesia sehingga adanya acara ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi mahasiswa MBA FEB UGM yang ingin menjadi bagian dari Bank Indonesia. “Persaingan semakin ketat jadi mohon materi-materi ini sebagai bagian dari engagement penambah wawasan terkait dengan fungsi dan tugas Bank Indonesia secara lebih komprehensif,” tambahnya.

Yunia Artandhany Pamungkas selaku analis tim implementasi kebijakan dan pengawasan sistem pembayaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY turut menjelaskan bahwa Bank Indonesia memberikan pelayanan perlindungan konsumen yang terbaik untuk konsumennya. “Bank Indonesia mempunyai tagline untuk perlindungan konsumen ini, kemarin sudah di launching di tahun 2023. Kita ada Geber (Gerakan Bersama Perlindungan Konsumen), bersama dengan OJK dengan tagline PEKA. PEKA adalah singkatan dari Peduli, Kenali dan Adukan,” ujar Yunia.

Sebelum diakhiri, terdapat sesi tanya jawab dari mahasiswa MBA FEB UGM untuk Bank Indonesia. Kemudian, rangkaian acara executive series diakhiri dengan antusias mahasiswa saat sesi quiz berhadiah yang diadakan oleh Bank Indonesia.

Reporter: Fitrianti Rizqi

Dokumentasi: Daniswara Rafi R.
Editor : Ayu Aprilia